Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Pir : Buah Rendah Kalori

Manfaat Buah Pir : Buah Rendah Kalori

gambar manfaat buah pir  bagi kesehatan
gambar manfaat buah pir bagi kesehatan image

Buah pir adalah satu dari jenis buah yang banyak dibudidayakan di berbagai negara di dunia. Rasanya yang manis dan sedikit asam, dengan kandungan air yang cukup banyak sehingga membuat buah pir sering dikonsumsi untuk melepas dahaga sebagai pengganti air minum.

Ternyata manfaat buah pir tidak hanya sebagai pelepas dahaga. Kandungan buah pir yang tidak kalah banyak dengan buah – buahan lainnya membuat buah pir juga memiliki berbagai khasiat yang dapat menyembuhkan maupun mencegah berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh Anda.

Sekilas jika dilihat, bentuk buah pir mirip dengan buah alpukat yaitu berbentuk elips seperti botol cairan kimia di dalam dunia penelitian, dengan bagian atas lebih kecil daripada bagian bawahnya. Namun demikian jika alpukat berwarna hijau, maka buah pir matang berwarna kuning dan ada sedikit bintik – bintik kecil berwarna coklat di sekujur kulit buahnya.

Manfaat buah pir bagi vitalitas dan kesehatan tubuh Anda tidak lepas dari kandungan berbagai macam mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Diantara kandungan buah pir yang sudah diketahui oleh para ahli gizi antara l;ain mengandung kalium, vitamin K, vitamin C, asam folat, asam felonik, fiber, magnesium, mangan, tembaga, hingga vitamin B komplek.

Dengan kandungan gizi yang lengkap tersebut, tidak ada salahnya memang untuk mengkonsumsi secara teratur. Manfaat buah pir sebagai pemenuhan vitamin dan mineral bagi tubuh Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut 5 manfaat buah pir bagi kesehatan dan vitalitas tubuh Anda :

1. Manfaat Buah Pir untuk Pencernaan
Khasiat buah pir bagi pencernaan Anda dikarenakan buah pir mengandung banyak sekali serat alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan Anda.

Bahkan satu manfaat buah pir mampu memenuhi 19% akan kebutuhan serat atau fiber tubuh Anda. Serat yang terkandung di dalam buah pir adalah jenis serat yang tak larut, dimana serat tersebut sangat berguna untuk pengumpul di dalam usus.

Pengumpul tersebut berfungsi mengikat sisa – sisa makanan yang sudah diambil nutrisinya oleh tubuh untuk kemudian lebih mudah melewati usus dan dibuang sebagai bentuk feses. Manfaat buah pir juga dapat mengoptimalkan sekresi organ lambung dan cairan di dalam sistem pencernaan yang menjadikan makanan lebih lembut dan mudah dicerna.

Manfaat buah pir pada akhirnya mampu memudahkan pembuangan feses sehingga menghindarkan Anda dari gejala penyakit akibat gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.

Sifat serat buah pir yang seperti pasir juga mampu meluruhkan radikal bebas sebagai awal terbentuknya penyakit kanker yang dapat berbahaya di dalam organ usus Anda.

2. Manfaat Buah Pir Rendah Kalori
Manfaat buah pir lainnya adalah dapat dijadikan sebagai makanan diet untuk Anda yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

Kandungan seratnya yang cukup besar mampu memberikan efek kenyang namun dengan kandungan kalori yang sangat rendah sehingga aman bagi tubuh Anda dari kelebihan kalori sebagai awal timbulnya obesitas di tubuh Anda.

3. Manfaat buah Pir Sebagai Antioksidan
Buah pir mengandung banyak senyawa antioksidan seperti Vitamin A, Vitamn C, lutein, betakaroten, zea xantin, dan beberapa senyawa flavonoid lainnya yang dapat membersihkan dan mencegah racun berbahaya maupun radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh Anda.

Manfaat buah pir ini dapat menangkal radikal bebas dari banyaknya zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam makanan modern atau junkfood yang Anda makan dalam jangka waktu yang lama akan mengendap di dalam tubuh Anda yang pada perkembangannya dapat tumbuh menjadi sel kanker yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Manfaat buah pir yang kaya akan antioksidan penting dapat menghambat timbulnya sel kanker tersebut.

4. Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tulang
Buah pir kaya akan kandungan mineral penting bagi nutrisi tulang seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, hingga fosfor. Manfaat buah pir dengan kandungan mineral nutrisi tulang tersebut dapat mencegah Anda dari kondisi pengeroposan tulang atau sering di dalam dunia medis disebut sebagai penyakit ostoeporosis.

5. Manfaat Buah Pir Untuk Nutrisi Organ Mata dan Kulit Anda
Kandungan penting lainnya yang ada di dalam buah pir bagi nutrisi asupan gizi Anda adalah kaya akan vitamin A. Vitamin A dan beberapa senyawa penting lainnya seperti lutein serta zea xantin berperan ampuh untuk menghambat penuaan dini pada jaringan kulit, mencegah pengeriputan dan timbulnya bintik hitam yang kerap timbul di permukaan kulit sebagai akibat dari bertambahnya usia.

Manfaat buah pir dengan berbagai kandungan Vitamin A dan senyawa pendukungnya diatas juga berperan penting bagi kesehatan organ mata Anda. Dengan mengkonsumsi buah pir secara teratur, dapat mencegah Anda dari gangguan organ mata seperti penyakit katarak, degenarasi makula, rabun jauh, dan berbagai gangguan mata lainnya.

Dengan banyaknya manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh Anda, maka tidak ada salahnya memang untuk rutin mengkonsumsi buah segar tersebut untuk menjaga Anda dari kebutuhan asupan nutrisi yang mampu menjaga vitalitas tubuh Anda.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *