Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Kurma | Rahasia Dibalik Kandungan Kurma

Manfaat Buah Kurma | Rahasia Dibalik Kandungan Kurma

Anda pasti semua sudah mengenal yang namanya buah kurma bukan? Buah yang rasanya sangat manis yang berasal dari jazirah arab merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, terutama jika musim haji apalagi pada bulan ramadhan bagi umat muslim.

Inilah pohon kurma yang sedang berbuah image
Inilah pohon kurma yang sedang berbuah

Manfaat buah kurma sudah diketahui sejak dulu sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Sejak zaman dulu kala, masyarakat mesir kuno juga memanfaatkan batang pohon dari buyah kurma sebagai pondasi tempat tinggal mereka. Sedangkan daun dari buah kurma dimanfaatkan sebagai alas tikar serta atap dari rumah tersebut.

Buah kurma awalnya berasal dari teluk Persia (sekarang wilayah Iran) , serta sudah mulai dibudidayakan sejak 400 tahun sebelum masehi. Mengetahui manfaat buah kurma yang sangat baik bagi kesehatan, maka hingga kini buah kurma telah ditanam bahkan hingga Benua Eropa dan juga Amerika. Uniknya dari pohon buah kurma adalah semakin tandus lahan yang digunakan, maka pohon kurma akan berbuah semakin subur dan kurma yang dihasilkan semakin manis.

Manfaat buah kurma pada zaman dahulu oleh bangsa arab digunakan untuk menemani para kafilah musafir pada saat mereka melakukan pengembaraannya menyusuri padang pasir. Buah kurma mampu bertahan lama serta tidak mempengaruhi khasiat buah kurma itu sendiri meskipun telah disimpan dalam waktu yang lama.

Kandungan buah kurma :

Manfaat buah kurma bagi tubuh disebabkan karena didalam setiap buah kurma terdapat beberapa kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh Anda.

Beberapa mineral penting yang terkandung di dalam buah kurma diantaranya lemak, protein, potasium, fosfat, belerang, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, asam amino esensial, vitamin A, vitamin B1 , vitamin B2, asam glutation, hingga vitamin K.

Dengan kandungan yang kaya akan vitamin dan manfaat tersebut, maka tidak ada yang meragukan lagi manfaat buah kurma yang sangat berguna bagi vitalitas tubuh Anda.

gambar manfaat buah kurma image
gambar manfaat buah kurma

Berikut adalah Manfaat Buah Kurma bagi kesehatan :

  1. Sebagai Penangkal Racun

Manfaat buah kurma yang pertama adalah sebagai penangkal racun yang ada di dalam tubuh Anda. Seperti Anda ketahui bahwa semakin bertambahnya teknologi, justru semakin banyak pula berbagai macam penyakit yang bersumber dari makanan yang kita makan maupun keadaan polusi sekitar Anda.

Menghirup asap knalpot dari kendaraan, memakan makanan cepat saji yang banyak mengandung zat pengawet maupun pewarna buatan, akan berdampak buruk dan menjadi racun yang dapan menyebabkan kanker didalam tubuh Anda. Manfaat buah kurma dapat menagngkal berbagai macam racun berbahaya tersebut dengan kandungan fitokimia yang dimiliki oleh buah kurma.

  1. Sumber Energi

Kandungan karbohidrat serta kadar gula alami merupakan sumber mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengolahnya menjadi sumber energi yang dibutuhkan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas. Manfaat buah kurma dari zaman dahulu hingga sekarang merupakan menu awal untuk berbuka puasa bagi umat Islam.

  1. Pencegah Kanker Kolon

Manfaat buah kurma selanjutnya adalah mampu mencegah Anda dari penyakiut kanker kolon yang menyerang usus besar Anda. Kanker kolon terjadi disamping faktor zat pengawet, pewarna, maupun pemanis buatan dari makanan yang Anda makan, ia juga disebabkan karena kurangnya asupan serat tubuh Anda.

Kandungan buah kurma diketahui memiliki kandungan serat atau fiber alami yang cukup tinggi, sehingga membantu melancarkan saluran pencernaan Anda, serta meluruhkan segala zat berbahaya yang mengendap di dalam usus besar yang dapat menyebabkan penyakit kanker kolon.

Manfaat buah kurma dengan kandungan seratnya pula mampu mencegah Anda dari berbagai macam penyakit yang sering mengganggu sistem pencernaan yang kekurangan asupan serat. Diantara penyakit sistem pencernaan yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah kurma adalah wasir, sembelit, diare, dan lain sebagainya.

  1. Sumber Zat Besi

Manfaat buah kurma jika Anda mengkonsumsinya secara rutin adalah dapat memenuhi asupan akan kebutuhan zat besi yang dibutuhkan tubuh Anda. Zat besi berguna sebagai pengikat oksigen dalam sel darah merah untuk kemudian dialirkan ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah. Kekurangan zat besi dapat menimbulkan gejala anemia atau tekanan darah rendah.

  1. Mengandung Kalium Tinggi

Manfaat buah kurma dengan kandungan kaliumnya juga sangat penting bagi vitalitas dan kesehatan Anda, serta menjaga kinerja jantung agar tetap optimal guna memompa darah ke seluruh bagian tubuh Anda. Asupan kalium merupakan mineral penting bagi performa jantung Anda agar dapat bekerja maksimal dan bebas dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Didalam setiap buah kurma terdapat kandungan hormon eksitosin dimana hormon tersebut sangat berguna untuk memperlancar produksi air asi pada ibu hamil, serta membantu memperlancar proses persalinan agar berjalan lancar.Manfaat buah kurma bagi ibu hamil dengan kandungan kaliumnya juga sangat penting bagi perkembangan dan kesehatan janin di dalam perut ibu hamil.

Demikianlah manfaat buah kurma yang dapat kami ulas untuk Anda, tentu masih banyak manfaat buah kurma lainnya yang belum sempat Kami tuliskan, nantikan artikel Kami selanjutnya !!! Artikel lainya Baca Disini

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

Manfaat Buah Kurma | Rahasia Dibalik Kandungan Kurma


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Kurma | Rahasia Dibalik Kandungan Kurma