Halaman Depan / Pertanian / Kersen Atau Talokan, Baca Manfaat Buah Kersen Disini

Kersen Atau Talokan, Baca Manfaat Buah Kersen Disini

gambar manfaat buah kersen atau talokan image
gambar manfaat buah kersen atau talokan

Buah kersen, atau sering juga disebut buah talok, merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak terdapat di benua Asia. Pohon kersen yang rindang biasanya dimanfaatkan sebagai pohon peneduh dari sengatan sinar matahari yang panas di siang hari. Tidak hanya sebagai peneduh, manfaat buah kersen juga sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Buah kersen bernama latin Muntingia calabura L, bentuk buah kecil sebesar kelereng dengan warna merah terang.beberapa daerah lain juga ada yang menyebutnya sebagai buah ceri, sementara masyarakat Thailand menyebutnya sebagai buah takhop farang, dan disebut sebagai buah kerukup siam oleh masyarakat Malaysia.

Kandungan didalam buah kersen terdapat berbagai macam vitamin dan juga mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Beberapa diantaranya yaitu protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, tianin, zat besi, vitamin C, ribovlavin, niacin, karoten, magnesium, serta vitamin A yang membuat manfaat buah kersen memang sangat dianjurkan sebagai nutrisi tubuh Anda.

Manfaat buah kersen ternyata tidak hanya berasal dari daging buahnya saja, bahkan daun  buah kersen juga sangat berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit yang sudah diketahui sejak dulu oleh nenek moyang manusia sebagai obat-obatan tradisional.untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat buah kersen bagi kesehatan :

Ini Dia 7 Manfaat Buah Kersen

  1. Sebagai Antiseptik

Manfaat buah kersen yang pertama, terutama dari daun buahnya adalah terbukti mampu berperan sebagai antiseptik dalam tubuh Anda untuk membunuh berbagai macam mikroba yang dapat merugikan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan akan flavonoid, tanin, serta saponin yang ampuh membunuh mikroba didalam tubuh Anda.

Berbagai jenis mikroba berbahaya yang sering berkembang di tubuh dan dapat menimbulkan penyakit di tubuh Anda namun mampu diantisipasi dengan manfaat buah kersen antara lain Aureus S, Vulgaris, Epidermidis S, Rhizophil, hingga mikroba sejenis Dhiptheriae.

  1. Manfaat Buah Kersen sebagai Anti Inflamasi

Inflamasi atau radang yang kerap menyebabkan badan Anda menjadi panas dapat segera Anda atasi dengan manfaat buah kersen. Rebuslah beberapa daun kersen dengan air secukupnya hingga tersisa separuhnya, kemudian saring dan dinginlah lalu diminum setiap pagi dan sore hari untuk menurunkan panan akibat inflamasi.

  1. Manfaat Buah Kersen untuk Melawan tumor

Sel tumor yang ada dan terus berkembang dapat dicegah dengan mengkonsumsi beberapa buah buahan maupun sayuran yang banyak mengandung senyawa flavonoid. Manfaat buah kersen untuk mengatasi tumor dikarenakan dalam setiap buah kersen terdapat banyak kandungan senyawa flavonoid yang mampu melawan sel tumor di tubuh penderita.

Ingin tahu manfaat lidah buaya untuk rambut : Baca Selengkapnya

  1. Manfaat Buah Kersen untuk Mengatasi Asam Urat

Apakah Anda, maupun anggota keluarga Anda ada yang menderita kelebihan asam urat di tubuh? Jika ya, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah kersen 6 hinnga 10 buah kersen setiap hari. Manfaat buah kersen sudah diketahui sejak dahulu kala orang orang – orang sebagai obat tradisional untuk mengatasi kadar asam urat berlebih di dalam tubuh.

  1. Sumber Vitamin C

Mengkonsumsi buah kersen setiap hari juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin C  tubuh Anda. Manfaat buah kersen sebagai pemasok vitamin C bagi tubuh bahkan dapat disejajarkan dengan buah penghasil vitamin C lainnya seperti jeruk maupun nanas.

Vitamin C berfungsi di dalam tubuh untuk menghindarkan Anda dari berbagai macam gangguan mulut seperti sariawan maupun gusi bernanah, vitamin C juga baik bagi nutrisi jaringan kulit Anda agar terhindar dari bahaya sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Dengan demikian, manfaat buah kersen memiliki peran yang sangat penting dalam kaitan sebagai pemenuhan kebutuhan vitamin C bagi tubuh Anda.

  1. Kaya Akan Vitamin A

Selain vitamin C, buah kersen juga kaya akan vitamin A yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata Anda dari berbagai gangguan penyakit. Manfaat buah kersen dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit seperti Degenerasi Makula, Rabun Jauh, Rabun Dekat, Katarak, hingga infeksi pada pupil mata.

  1. Obat Diabetes

Manfaat buah kersen lainnya adalah sebagai obat Diabetes. Dalam beberapa kasus tertentu, seorang penderitya diabetes yang memiliki luka luar,misalnya luka goresan terkena duri atau benda tajam meskipun sedikit akan susah sekali sembuh bahkan semakin parah, terkadang luka tersebut sampai membusuk dan keluar nanah dan darah segar secara bersamaan.

Jika sudah demikian, biasanya dokter menyarankan untuk diamputasi pada bagian tubuh yang telanjur membusuk tersebut agar pembusukannya tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya. Nah, manfaat buah kersen ternyata sudah banyak dibuktikan oleh para penderita diabetes dan terbukti ampuh untuk menyembuhkan luka yang membusuk tersebut.

Manfaat buah kersen bagi penderita diabetes dapat dikonsumsi dengan memakan langsung buahnya, namun akan lebih manjur bila mengkonsumsinya dengan cara membuat ramuan dari air rebusan daun buah kersen. Daun buah kersen tersebut dapat direbus kemudian diminum airnya, maupun dijemur hingga kering kemudian diseduh seperti Anda membuat teh seduh.

gambar manfaat buah kersen atau talokan image
gambar manfaat buah kersen atau talokan

Dari berbagai pengalaman para penderita diabetes yang mencoba mengkonsumsi air dari daun buah kersen mengatakan manfaat buah kersen untuk mengeringkan luka yang membusuk sangat ampuh hingga beberapa penderita diabetes tersebut tidak jadi diamputasi karena lukanya mengering hanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun kersen secara rutin setiap pagi, sore, dan malam sebelum tidur.

Demikianlah beberapa manfaat buah kersen yang kami sampaikan untuk Anda.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

Satu komentar

  1. Saya baca tentang buah kersen dan daun kersen, adakah ia dijual sebagai pil ataupun ubat?
    dimana agar saya boleh dapatkan? tolong….

Kresen Atau Talokan, Baca Manfaat Buah Kersen Disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kresen Atau Talokan, Baca Manfaat Buah Kersen Disini