Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Penderita Diabetes

gambar buah jambu biji image
gambar buah jambu biji

Buah jambu biji adalah yang bernama latin Psedium guajava ini merupakan tanaman buah berasal dari dataran Thailand, kemudian menyebar hampir ke seluruh wilayah benua Asia yang beriklim tropis.

Manfaat buah jembu biji selain dikonsumsi sebagai hidangan pencuci mulut, ternyata manfaat buah jambu biji ini juga memiliki banyak khasiat, untuk mengobati beberapa penyakit, maupun sebagai sumber nutrisi bagi asupan gizi tubuh Anda.

Buah jambu biji berwana hijau muda, dengan daging buah berwarna merah dan putih tergantung dari varietas tanaman jambu biji, serta memiliki biji kecil – kecil yang merata di dalam daging buah. Manfaat buah jambu biji selain mengkonsumsi daging buahnya, daun dari tanaman jambu biji juga kerap digunakan sebagai obat tradisional yang sudah terkenal sejak zaman dahulu.

Khasiat jambu biji bahkan dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin C lebih baik daripada buah jeruk, yang kebanyakan orang menganggap sebagai ikon buah penghasil vitamin C. kandungan vitamin C yang ada didalam buah jambu biji ternyata jauh lebih tinggi daripada buah jeruk. Bahkan vitamin C pada jambu biji melebihi buah kiwi yang juga terkenal sebagai sumber vitamin C.

Beberapa kandungan lainnya yang membuat manfaat buah jambu biji baik bagi kesehatan Anda adalah kandungan pektin, magnesium, mangan, asam amino thryptophan, asam linoleat, asam elagat, hingga asam korbigen serta beraneka ragam jenis vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan bagi vitalitas tubuh Anda.

Manfaat buah jambu biji merah image
Manfaat buah jambu biji merah image

Dibawah ini akan Kami kupas 6 manfaat buah jambu biji yang paling utama bagi tubuh Anda :

 1. Mencegah Penyakit Kanker
Majunya teknologi dalam dasawarsa terakhir memang sangat berguna bagi kemudahan cara hidup manusia, namun demikian hal itu bukan tanpa efek samping. Salah satu dampak negatif dari segi kesehatan dari perkembangan teknologi adalah lahirnya penyakit – penyakit berbahaya yang sebenarnya pada zaman dahulu penyakit tersebut belum ada.

Salah satunya adalah penyakit kanker, yang pada umumnya disebabkan oleh serangan zat radikal berbahaya yang masuk kedalam tubuh Anda melalui berbagai macam makanan yang Anda makan yang banyak mengandung zat pengawet, pemanis, maupun pewarna buatan, serta dari penggunaan beberapa produk hasil teknologi, dimana zat- zat tersebut kemudian berkembang di dalam tubuh menjadi sel kanker.

Manfaat buah jambu biji dengan kandungannya yang kaya akan flavonoid dan senyawa polyfenoliknya mampu secara klinis menghambat bahkan menghilangkan zat – zat berbahaya tersebut yang dapat berkembang menjadi sel kanker di dalam tubuh Anda.

Jus manfaat buah jambu biji image
Jus manfaat buah jambu biji

2. Manfaat Buah Jambu Biji untuk Penderita Diabetes
Penyakit diabetes atau kencing manis adalah kelebihan kadar gula di dalam darah yang disebabkan organ pangkreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin sebagai hormon pengontrol kadar gula yang ada di dalam darah Anda. Hal ini menyebabkan berbagai gangguan fisik yang pada stadium tertentu dapat mengakibatkan kematian.

Manfaat buah jambu biji yang kaya akan kandungan pektin, yaitu sebuah serat alami yang mampu bekerja mengaktifkan kembali fungsi organ pangkrean Anda untuk memproduksi hormon insulin agar kadar gula di aliran darah Anda dapat terkontrol dengan baik sehingga mencegah Anda dari kemungkinan terjadi penyakit diabetes yang semakin memburuk.

3. Baik Bagi Penderita Jantung Koroner
Manfaat buah jambu biji yang kaya akan kandungan kaliumnya juga berguna untuk menjaga organ jantung Anda untuk bekerja optimal dengan menjaga irama detak jantung sebagaimana seharusnya. Jambu biji juga memiliki kandungan asam linoleat dan asam karbinogen yang mampu mencegah timbulnya vlek, yang dapat menyebabkan awal mula penyakit jantung koroner.

4. Terapi Penderita Demam Berdarah
Jika Anda ataupun anggota keluarga Anda ada yang menderita penyakit demam berdarah, rajinlah mengkonsumsi buah jambu biji. Manfaat buah jambu biji untuk penderita demam berdarah memang sudah sangat familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Penyakit demam berdarah menyerang trombosit darah yang dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh dengan drastis sehingga dapat membahayakan jiwa penderita. Manfaat buah jambu biji dengan dibuat sebagai jus dapat membantu memenuhi cairan tubuh yang hilang, sedangkan ramuan dari rebusan daun jambu biji dapat membantu meningkatkan kadar trombosit yang hilang akibat penyakit demam berdarah.

5. Sumber Vitamin C
Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya, manfaat buah jambu biji sebagai pemenuhan kebutuhan vitamin C jauh lebih banyak dibandingkan kandungan vitamin C pada buah jeruk maupun buah kiwi. Konsumsilah buah jambu biji langsung dengan kulitnya, sebab kandungan vitamin C yang paling banyak justru terdapat alam kulit buahnya, bukan pada daging buah jambu biji.

6. Melancarkan Pencernaan
Manfaat buah jambu biji juga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan Anda. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu Anda yang kerap mengalami susah buang air besar. Namun, sebaliknya daun dari jambu biji justru sering digunakan masyarakat sebagi obat ampuh untuk mengatasi mencret.

gambar manfaat buah jambu biji image
gambar manfaat buah jambu biji

Anda dapat menjaga dan mengatasi berbagai penyakit dari manfaat buah jambu biji ini. Dapatkan info pengetahuan lainya di www.InfoAgribisnis.com

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Satu komentar

  1. thanks gan sudah berbagi manfaat dari buah jambu biji

Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Penderita Diabetes


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Penderita Diabetes