Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Dan Sayur : Rahasia Kebugaran Tubuh Anda

Manfaat Buah Dan Sayur : Rahasia Kebugaran Tubuh Anda

gambar manfaat buah dan sayur image
gambar manfaat buah dan sayur

Apakah Anda masih ingat anjuran tentang 4 sehat 5 sempurna? Sekitar 10 tahun yang lalu kata-kata tersebut seolah menjadi jargon tentang bagaimana cara hidup sehat yang kaitannya dengan apa yang Anda makan. Keempat bahan tersebut adalah Nasi, Lauk pauk, Sayuran, Buah – buahan, serta pelengkap yang kelima adalah susu.

Manfaat buah dan sayur memang sudah tidak diragukan lagi sebagai pemenuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda. Mengkonsumsi buah dan sayur memang sudah menjadi sebuah kewajiban jika Anda tidak ingin kekurangan nutrisi yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Anda pun tidak perlu sampai menguras isi kantong hanya untuk sekedar mendapatkan manfaat buah dan sayur, hal ini dikarenakan harga buah dan sayur memang masih sangat terjangkau dan banyak terdapat disekitar Anda. Bandingkan berapa biaya yang akan Anda keluarkan jika ternyata Anda jatuh sakit karena kekurangan asupan buah dan sayur, alangkah ruginya bukan?

Manfaat buah dan sayur tidaklah lepas dari berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Mengkonsumsi buah dan sayur selain dapat dimakan langsung, diolah menjadi sayuran pendamping nasi, bahkan dapat Anda konsumsi dengan dibuat jus buah dan sayur sebagai variasi cara mengkonsumsi agar tidak terasa bosan.

Di dunia ini begitu banyak jenis buah dan sayur yang biasa Anda konsumsi setiap harinya. Andai saja Anda kurang suka dengan buah A, maka Anda dapat mengkonsumsi buah B untuk mendapatkan manfaat buah dan sayur bagi tubuh Anda. Begitu juga jika Anda tidak senang dengan sayur jenis C , maka tentu saja Anda dapat mengkonsumsi sayur D dengan kandungan nutrisi yang sama bukan?

Untuk lebih jelasnya, berikut Kami sampaikan beberapa manfaat buah dan sayur agar Anda semakin sadar betapa pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur untuk kesehatan Anda dan keluarga :

Sumber Serat Alami
Manfaat buah dan sayur yang paling utama adalah sebagai sumber serat alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Seperti Anda ketahui bahwa jika tubuh Anda kekurangan serat, maka akan sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Terutama beberapa gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, wasir, kanker kolon hingga kanker usus.

Serat juga sangat dibutuhkan terutama Anda yang sedang melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Manfaat buah dan sayurang dengan kandungan seratnya untuk Anda yang sedang menjalani diet adalah mampu memberikan efek kenyang, serta membantu meluruhkan lemak berlebih di dalam tubuh untuk kemudian dibuang melalui feses.

Beberapa manfaat buah dan sayur yang sudah akrab digunakan dalam dunia diet diantaranya adalah pisang, alpukat, ceri, jeruk, hingga apel. Sedangkan sayuran untuk diet yang sering dikonsumsi oleh para wanita yang sedang berusaha menurunkan berat badan adalah brokoli, kacang panjang, tomat, dan beberapa sayuran yang kaya akan serat lainnya.

Bahkan serat di dalam tubuh dapat membantu meluruhkan lemak serta kadar kolesterol berlebih di dalam darah. Seperti Anda ketahui bahwa kelebihan kadar kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah sehingga dapat memicu terjadinya penyakit mematikan seperti Jantung koroner bahkan stroke. Manfaat buah dan sayur dengan kandungan seratnya dapat mengantisipasi penyakit tersebut.

Kaya Akan Vitamin A
Manfaat buah dan sayur yang kedua adalah sebagai sumber vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh organ mata dan juga kulit Anda. Menjaga tubuh dari asupan vitamin A yang cukup dapat mencegah Anda dari berbagai macam gangguan mata seperti rabun dekat, rabun jauh, mata minus, katarak, glaukoma akut, hingga gangguan retina yang dalam kondisi tertentu bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Beberapa jenis buah yang diketahui kaya akan kandungan vitamin A adalah Alpukat, Apel, Sirsak, Jambu Biji, Belimbing, Mangga, Pepaya, Melon dan Kiwi. Sedangkan sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak antara lain brokoli, bayam, wortel, kacang panjang, serta seledri.

Sumber Vitamin C
Manfaat buah dan sayur yang ketiga adalah kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda sebagai nutrisi utama yang berfungsi sebagai anti radikal bebas, menjaga kesehatan mulut dan gusi, serta mempercepat proses penggantian sel jaringan kulit yang rusak akibat poenuaan dini maupun terbakar oleh paparan sinar ultraviolet.

Anda dapat dengan mudah mendapatkan asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dengan mengkonsumsi buah jeruk, belimbing, buah naga, pisang, stroberi, juga sirsak. Sayuran pemasok vitamin C bagi tubuh Anda antara lain jagung, kembang kol, serta brokoli.

Kaya Akan Vitamin E
Tubuh Anda juga sangat membutuhkan vitamin E dimana vitamin tersebut berperan untuk melancarkan sirkulasi darah, menutrisi jaringan kulit, melawan penuaan dini, sebagai anti oksidan serta anti radikal bebas, menjaga stabilitas kerja jantung, serta menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Manfaat buah dan sayur sebagai sumber vitamin E dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin E antara lain mangga, alpukat, serta pisang. Sedangkan aneka sayuran pemasok vitamin E bagi tubuh Anda diantaranya adalah sayur paprika, brokoli, labu, serta asparagus.

berikut ini tiga contoh manfaat buah dan sayur untuk kesehatan, dan bisa Anda gunakan untuk menu program diet yaitu : manfaat buah pisang, manfaat buah lemon dan manfaat buah wortel.

gambar manfaat buah dan sayur pisang - sayuran untuk diet image
gambar manfaat buah dan sayur pisang – sayuran untuk diet
gambar manfaat buah dan sayur lemon - sayuran untuk diet image
gambar manfaat buah dan sayur lemon – sayuran untuk diet
gambar manfaat buah dan sayur wortel - sayuran untuk diet image
gambar manfaat buah dan sayur wortel – sayuran untuk diet

Manfaat buah dan sayur yang tidak kalah penting bagi tubuh Anda adalah dengan adanya berbagai macam vitamin dan mineral selai tersebut diatas yaitu vitamin B komplek, vitamin K, asam folat, potasium, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, serta masih banyak lagi kandungan mineral penting lainnya.

Dengan berbagai macam manfaat buah dan sayur tersebut, maka tidak mengherankan jika mengkonsumsi buah dan sayur merupakan hal yang wajib Anda lakukan setiap hari. Menjaga kesehatan serta mencukupi kebutuhan asupan gizi adalah tugas Anda, itulah manfaat buah dan sayur penting bukan ??

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Manfaat Buah Dan Sayur : Rahasia Kebugaran Tubuh Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Dan Sayur : Rahasia Kebugaran Tubuh Anda