Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut

Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut

gambar cara menanam jagung manis image
gambar cara menanam jagung manis

Cara menanam jagung manis cukup mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tentu saja bisa melakukan budidaya jagung manis. Usaha budidaya ini bisa Anda gunakan untuk kegiatan sampingan, bahkan untuk menambah pendapatan keluarga.

Hal terpenting yang perlu Anda pahami sebagai langkah awal cara menanam jagung manis adalah ketekunan. Sebuah usaha jika dilakukan dengan serius, fokus, serta sungguh-sungguh pasti akan memperoleh hasil yang optimal.

Untuk mengetahui cara menanam jagung manis, ada baiknya Anda untuk terlebih dahulu, deskripsi tentang jenis tanaman jagung manis :

  • Siklus hidup jagung manis berkisar antara umur 60 hingga 150 hari sejak bibit jagung manis ditanam
  • Ketinggian dari tanaman jagung manis berkisar antara 1 meter hingga 3 meter tergantung dari varietas bibit jagung manis.
  • Mengalami dua siklus pertumbuhan sekaligus, yaitu vegetatif pada fase pertama, dan generatif pada fase berikutnya.
  • Akar jagung manis termasuk jenis akar serabut
  • Batang jagung manis beruas, dan tegak.

Inilah 8 Tahap cara menanam jagung manis :

1. Mendapatkan Benih Jagung Manis
Tahap pertama dalam cara menanam jagung manis adalah pengadaan bibit jagung manis. Usahakan untuk mendapat bibit jagung manis yang berkualitas tinggi, benih merupakan hasil dari indukan varietas unggul, bebas dari segala jenis penyakit serta cacat fisik, dan hasil panen berlimpah.

Untuk mendapatkan benih jagung manis yang berkualitas tersebut, sebaiknya Anda mendapatkannya pada petani jagung manis yang sudah sering melakukan budidaya jagung manis serta memiliki hasil panen yang berlimpah. Sebab cara menanam jagung manis meskipun dilakukan dengan cara yang benar, akan percuma saja jika ternyata bibit yang Anda tanam berkualitas rendah.

2. Mengolah Lahan Tanam
Cara menanam jagung manis selanjutnya adalah mempersiapkan lahan sebagai media untuk menanam jagung manis.  Berikut cara – cara yang dapat Anda lakukan :

  • Cangkul lahan untuk menghasilkan tanah yang gembur, kemudian diamkan selama 1 minggu untuk dianginkan.
  • Bersihkan juga lahan dari gulma berbarengan dengan pada saat mencangkul lahan.
  • Untuk tanah yang memiliki kadar asam yang tinggi, yaitu PH kurang dari 5, bisa ditambahkan kapur dolomit dengan dosis 1 ton per 2 hektar lahan.
  • Berikan juga pupuk kandang sebagai nutrisi tanah agar lahan memiliki tingkat kesuburan yang baik untuk cara menanam jagung manis.
  • Untuk cara menanam jagung manis, Anda tidak perlu membuat bedengan, hanya saja dibuatkan drainase untuk aliran air hujan agar tidak menggenangi lahan setiap jarak 4 meter.
  • Buatkan lubang tanam tugalan dengan kedalaman 4 hingga 5 cm, dengan jarak antar lubang tanam berkisar antara 30 x 60 cm.

3. Cara Menanam Jagung Manis
Setelah lahan siap, langkah berikutnya adalah memasukkan bibit kedalam lubang tanam yang sudah dibuat. Cara menanam jagung manis yang baik sebaiknya dimulai pada awal musim penghujan, serta setiap satu lubang tanam baiknya hanya diisi satu benih tanaman jagung manis.

4. Penyulaman Tanaman
Setelah benih ditanam berusia satu minggu, cek pertumbuhan tanaman jagung manis Anda. Gantilah beberapa bibit yang tidak tumbuh sempurna dengan bibit yang baru untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang seragam. Cara menanam jagung manis pada tahap ini dinamakan sebagai tahap penyulaman tanaman.

5. Penyiangan dan Pembumbunan Tanaman
Setelah tanaman berusia 2 minggu sejak masa tanam, bersihkan rumput – rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman dengan cara dicabut menggunakan tangan maupun dengan cangkul kecil. Membersihkan gulma dengan cara alami dan tidak menggunakan pestisida adalah cara menanam jagung manis yang lebih dilanjurkan untuk hasil panen yang maksimal.

cara menanam jagung manis (pembubuhan dan penyiangan tanaman) image
cara menanam jagung manis (pembubuhan dan penyiangan tanaman)
gambar cara menanam jagung manis (pemeliharaan tanaman)
gambar cara menanam jagung manis (pemeliharaan tanaman)

Lakukan juga pembumbunan tanaman agar batang tanaman tidak mudah roboh dengan cara mengumpulkan tanah-tanah disekitar tanaman ke arah akar tanaman jagung manis hingga terbentuk gundukan tanah untuk menguatkan tanaman. Proses pembumbunan dalam cara menanam jagung manis dapat dilakukan setelah tanaman berusia kurang lebih 1 bulan setelah ditanam.

6. Penyiraman
Cara menanam jagung manis setelah beberapa tahap diatas, juga diperlukan tindakan penyiraman secara rutin terlebih jika menghadapi musim kemarau. Tujuan dari penyiraman itu sendiri adalah untuk menjaga kelembaban lahan dan agar tanaman tidak kekurangan kadar air yang dibutuhkan tanaman untuk proses pertumbuhan.

7. Pemupukan Susulan
Lahan juga perlu dilakukan pemupukan sususan dengan menggunakan pupuk kandang maupun bubuk buatan untuk menjaga keadaan tanah tetap subur dan kaya akan unsur hara. Cara menanam jagung manis untuk tahap pemupukan sususlan tersebut dapat dilakukan pada saat usia tanaman jagung berumur 2 bulan sejak benih ditanam.

8. Panen Jagung Manis
Tahap pemanenan jagung manis bervariasi tergantung dari jenis varietas jagung manis yang Anda tanam, suhu cuaca lingkungan lahan, serta ketinggian tanah lokasi lahan juga turut menentukan waktu pemanenan.

Cara menanam jagung manis pada dataran rendah, umumnya dapat dipanen lebih cepat dibandingkan dengan cara menanam jagung manis pada dataran tinggi. Dan jika musim hujan, panen jagung manis bisa lebih lama dibandingkan dengan musim kemarau. Namun demikian rata – rata umur tanam jagung manis sampai siap dipanen adalah berkisar antara 60 hingga 150 hari tergantung berbagai faktor tersebut.

Kami informasikan untuk Anda cara menanam jagung manis sebagai tambahan pengetahuan dan informasi. Selamat berbahagia, jalani aktivitas hari dengan semangat tinggi.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

12 komentar

  1. Terima kasih datanya sangat membantu sekali. tp saya ngak bisa mengcopinya… bisa izinkan saya untuk mengcopinya n bagaimana caranya?

  2. jagung yg saya tanam ada yg subur dan sangat x subur,cara tangani yg sangt x subur macamana nk jadikn subur sama..

    • admin-infoagribisnis

      Okey pak Omri, Cara menanam jagung agar pertumbuhanya merata, dalam hal ini kesuburan itu ada beberapa faktor penyebabnya.
      Faktor 1 pada persiapan lahan cara menanam jagung. Dimana jika pemberian pupuk dasar yang tidak merata dapat
      membuat pertumbuhan tanaman jadi tidak merata. Jadi sebelum Anda melakukan penanaman jagung sebaiknya pengolahan pada
      lahan harus lebih cermat dan tepat.

      Faktor kedua, pencahayaan pada tanaman jagung yang kurang mendapatkan penyinaran optimal juga dapat mempengaruhi pertumbuhan.
      Biasanya tanaman yang kurang penyinaran cenderung kerdil dengan pertumbuhan lebih lambat.

      Faktor ketiga, pada pemeliharaan pada pemberian pupuk susulan pada tanaman jagung juga harus Anda perhatikan dengan baik.
      Jika tanaman yang tanaman tumbuhnya kurang optimal, sebaiknya pemberian pupuk dengan dosis lebih tinggi (1:2).
      antara tanaman yang tumbuh subur dan kurang. Hal ini kemungkinan pada lahan tanaman jagung tersebut kurang mendapatkan
      nutrisi untuk pertumbuhan tanaman tersebut.

      Faktor keempat, pengunaan benih yang kurang baik. hal ini juga umum terjadi pak. Jika Anda mengunakan benih yang kurang
      bermutu, terkadang membuat pertumbuhan tanaman jagung pun menjadi kurang maksimal. Karena proses awal pematangan benih
      yang kurang sempurna. Sehingga meskipun tumbuh. Akan tetapi pertumbuhanya tidak dapat optimal.

      Demikian penjelasan cara menanam jagung yang bisa kami berikan, jika ada pertanyaan lainya silahkan berikan Komentar Anda kembali.

  3. Assalamkm, Pa sy Rayan d bekasi, mo tanam jagung tp kuatir ttg Pemasarannya nanti klo skala kecil kuatir di permainkn oembeli ataw pemborong, adakah badan organisasi yg mau perduli terhadap petanii2 kecil, apkah hrga jg akan sm?, apa organisasinya, cabangnya di mana sj? D jawa barat, kab. Kuningan & d Kab.Bekasi, terima kasih pa.

  4. sudh dua minggu lalu saya dah dapat panen jagung,tetapi bila lihat tongkul nya ada yg penoh isi nya dan ada yg tidak penuh,hampir 65% begitu…..kecewa rasa nya walaupun dijaga bagai baby…pupuk nya diberi tapi hasil nya..

    masa jagung berbunga..hujan kuat mncurah2..apa kemungkinan ini terjadi nya isi nya tidak penuh..? daun pokok nya mnghijau sekali..tapi batang nya tidak begitu besar..

    • admin-infoagribisnis

      Benar sekali pak, hal pak hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Untuk solusinya sebelum budidaya jagung dilakukan yaitu memilih varietas jagung yang tahan terhadap cuaca ekstrim terutama hujan. Sehingga produksi jagung saat panen bisa terjaga.

  5. Cara memilih bibit jagung yg varietas nya bagus kyak mana om. Soal nya kita belik nya di bungkus jadi ngak tau kualitas nya

    • admin-infoagribisnis

      untuk benih jagung yang berkualitas, saran kami sebaiknya gunakan bibit yang memiliki lebel paten pak. Salah satunya jenis jagung hibrida. Yang menjadi catatan dan perlu diperhatikan dalam pemilihan bibit adalah jangan melihat harga sebagai patokan, lihat keunggulan bibit pada label dan harus disesuikan dengan kondisi lahan yang akan bapak gunakan untuk budidaya jagung tersebut.

  6. Setelah panen,supaya kita bisa menanam jagung(benih) lagi dari jagung yang dipanen itu seperti apa ya?

  7. informasix sangat mendukung untuk saya bercocok tanam jagung

    • admin-infoagribisnis

      Senang bisa membantu Anda pak, semoga bisa menambah kajian bagi Anda. Jika ada hal lain terkait cara menanam jagung yang ingin didiskusikan silahkan berikan komentar kembali. Terima kasih

Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Jagung Manis, Perhatikan 8 Langkah Berikut