Halaman Depan / Perkebunan / Cara Menanam Cengkeh, Baca Panduan Singkatnya

Cara Menanam Cengkeh, Baca Panduan Singkatnya

gambar cara menanam cengkeh image
gambar cara menanam cengkeh

Budidaya cengkeh merupakan salah satu peluang usaha yang sangat berpotensi memberikan keuntungan bagi Anda. Kebutuhan cengkeh dalam negeri maupun luar negeri akan cengkeh mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Disamping itu pula, cengkeh kering dapat berfungsi seperti emas, dapat Anda simpan dalam waktu lama dan dijual pada saat Anda membutuhkannya.

Cara menanam cengkeh harus benar benar dilakukan oleh orang yang tekun dan memiliki niat yang tinggi. Sebab masa panen tanaman cengkeh terbilang lama jika Anda membandingkan dengan tanaman lainnya seperti apel, palawija, maupun jenis budidaya tanaman sayuran.

Namun demikian, cara menanam cengkeh memiliki keuntungan dapat dipanen berkali – kali dan masa produktivitas tanaman cengkeh terbilang cukup lama.

Berikut adalah beberapa tahap cara menanam cengkeh :

1. Mendapatkan Bibit Cengkeh

Sebelum melangkah lebih jauh, cara menanam cengkeh yang pertama tentu saja adalah mendapatkan bibit cengkeh unggul yang sudah terbukti kualitasnya.

Untuk mendapatkan bibit cengkeh unggulan, sebaiknya Anda mengunjungi sentra budidaya cengkeh disekitar Anda. Dapatkan bibit cengkeh yang sudah jelas terbukti kualitas panennya  serta bebas dari segala macam hama penyakit.

2. Persiapan Lahan

Cara menanam cengkeh berikutnya adalah menyiapkan lahan untuk menanam bibit cengkeh unggul yang sudah Anda peroleh. Untuk mempersiapkan lahan lakukan tahap tatap sebagai berikut :

  • Lakukan pembersihan lahan yang akan digunakan untuk budidaya cengkeh dari tanaman – tanaman pengganggu, gulma, serta rumput liar.
  • Cangkul tanah agar menjadi gembur, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 minggu agar gas beracun di dalam tanah terbawa angin.
  • Jika tanah ber PH kurang dari 5, maka sebaiknya berikan kapur dolomit dengan dosis 1 ton per 1 hektar lahan agar tanah tidak terlalu asam. Tanah yang terlalu asam tibak baik bagi cara menanam cengkeh.
  • Buatlah lubang tanam dengan ukuran 75 x 75 x 75 cm dan berikan pupuk kandang kedalam lubang tersebut untuk memperkaya unsur hara tanah.
  • Kemudian diamkan lubang terkena terpaan sinar matahari selama kurang lebih 1 bulan untuk menyatukan pupuk dan tanah, serta menghilangkan gas beracun yang terkandung di dalam tanah.

3. Cara Menanam Cengkeh

Setelah lahan tanam dan bibit cengkeh unggulan telah dipersiapkan, selanjutnya tinggal pindahkan bibit kedalam lubang tanam. Cara menanam cengkeh sebaiknya dimulai pada saat awal musim penghujan agar bibit cengkeh mendapatkancurahan air hujan yang cukup.

Jarak antara satu tanaman cengkeh dengan yang lainnya bervariasi tergantung keadaan lahan, topografi, serta luas dari lahan yang Anda gunakan.

Umumnya jarak antar tanaman cara menanam cengkeh adalah 8 x 8 m atau 7 x 7 m.  namun dibeberapa kasus tertentu yang membutuhkan kerapatan tanaman, maka bisa dibuatkan jarak antara tanaman cengkeh 5 x 5 m maupun 4 x 4 m.

4. Pemeliharaan Tanaman Cengkeh

Setelah bibit ditanam di lahan, cara menanam cengkeh agar menghasilkan panen yang maksimal tentunya juga membutuhkan tahap perawatan tanaman. Perawatan tanaman cengkeh termasuk perawatan periode yang panjang selama tanaman cengkeh tersebut dirasa masih produktif dan hasil panen masih memuaskan.

Cara menanam cengkeh pada periode usia tanam 1 hingga 5 tahun merupakan masa kritis dimana tanaman cengkeh sangat rawan terhadap kematian yang disebabkan oleh berbagai faktor diantaranta terserang hama penyakit, tidak mendapat sinar matahari serta pasokan air tanah yang cukup.

Sebaiknya lakukan penggemburan lahan setiap 6 bulan sekali pada tanah sekitar tanaman. Pada tahap ini Anda juga dapat melakukan tahap penyiangan sekaligus yaitu membersihkan lahan dari gulma, maupun rumput liar yang dapat mencuri kandungan unsur hara yang sebenarnya sangat dibutuhkan tanaman cengkeh.

Cara menanam cengkeh juga memerlukan tahap penyulaman, yaitu mengganti beberapa tanaman cengkeh yang mati akibat pengaruh-pengaruh dari lingkungan sekitar dengan bibit cengkeh yang baru agar tanaman di dalam lahan tumbuh seragam.

Penyiraman tanaman juga diperlukan dalam cara menanam cengkeh, terlebih lagi pada saat musim kemarau tiba dan usia tanaman masih terbilang muda. Lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore hari, kecuali pada tanaman cengkeh yang sudah berusia lebih dari 2 tahun, penyiraman sudah dapat dikurangi intensitasnya.

Jangan lupa untuk melakukan pemupukan susulan setiap 6 bulan sekali agar tanaman cengkeh mendapatkan pasokan unsur hara yang cukup. Cara menanam cengkeh tahap pemupukan susulan dengan cara cangkul tanah mengitari tanaman dengan jarak 1 meter dari tanaman. Kemudian berikan pupuk kandang kedalam lubang yang sudang dibuat tersebut lalu tutup kembali dengan tanah.

5. Masa Panen

Cara menanam cengkeh yang terakhir adalah masa memanen bunga cengkeh. Umumnya tanaman cengkeh mulai menghasilkan bunga yang dapat dipanen setelah menginjak usia tanam 5 hingga 7 tahun tergantung dari varietas cengkeh yang Anda tanam.

Panenlah cengkeh setelah berwarna matang, berisi, dan akan lebih baik lagi jika panen sebelum bunga cengkeh tersebut mekar. Setelah dipanen, Anda bisa langsung menjualnya maupun dijemur dahulu dibawah terik matahari hingga kering kemudian disimpan di dalam karung dan ditempatkan di gudang yang kering.

Demikianlah cara menanam cengkeh yang baik, yang dapat menambah penghasilan Anda dan keluarga. Memiliki tabungan cengkeh kering di gudang dengan tonase yang banyak merupakan investasi yang menjanjikan dikarenakan harga cengkeh yang diprediksi akan terus naik dari tahun ke tahun.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam melon di polybag

7 Langkah Cara Menanam Melon Di Polybag Baca Di Sini

Cara menanam melon di polybag – Melon adalah tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Bahkan …

4 komentar

  1. yang perlu dicatat bahwa tanaman cengkeh hanya bisa berbuah dengan bagus bila ditanam di daerah dataran tinggi,

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih pak atas masukannya. Bukan hanya dataran tinggi saja suhu, iklim dan juga tanah memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman cengkeh.

  2. Sangat bermanfaat, terima kasih infoagribisnis.com

Cara Menanam Cengkeh, Baca Panduan Singkatnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Cengkeh, Baca Panduan Singkatnya