Halaman Depan / Pertamanan / Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis

Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis

gambar cara menanam bunga anggrek dengan media pot image
gambar cara menanam bunga anggrek dengan media pot

Bunga anggrek adalah satu satu dari sekian jenis bunga yang ada di dunia yang paling digemari oleh sebagian besar para pecinta tanaman bunga hias. Di Indonesia sendiri, para peminat bunga anggrek semakin banyak dan itu artinya semakin banyak pula permintaan konsumen atas kebutuhan bunga anggrek sebagai bunga hias untuk menambah keindahan pekarangan rumah mereka.

Cara menanam bunga anggrek ada beberapa cara, salah satunya adalah cara menanam anggrek dengan menggunakan pot bunga sebagai media tanamnya. Cara budidaya anggrek juga semakin banyak dilakukan di beberapa daerah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan permintaan akan bunga anggrek itu sendiri.

Beberapa pecinta anggrek kerap mengeluhkan bahwa menanam anggrek menggunakan media pot terkadang justru pertumbuhan tanaman tidak maksimal dan bunga cepat layu. Hal tersebut terjadi sesungguhnya karena mereka kurang memahami bagaimana cara menanam bunga anggrek yang baik sehingga menghasilkan bunga anggrek yang sedap dipandang mata.

Cara menanam bunga anggrek pada media pot memililiki kelebihan yaitu, pot bunga anggrek tersebut mudah dipindah – pindah, sehingga memungkinkan Anda untuk menempatkan bunga anggrek yang sudah mekar sesuai dengan selera Anda, bisa di depan rumah, halaman belakang, bahkan untuk mempercantik ruang tamu Anda.

Dibawah ini akan Kami ulas cara menanam bunga anggrek yang benar yang kami rangkum dari berbagai sumber pecinta tanaman hias di beberapa sentra budidaya anggrek, agar bunga yang dihasilkan tanaman bisa tumbuh optimal serta tidak mudah layu :

Langkah Teknis Cara Menanam Bunga Anggrek Secara Tepat

Menentukan Bibit

Cara menanam bunga anggrek yang pertama adalah menentukan jenis varietas bunga anggrek yang akan Anda tanam, serta mendapatkan bibit bunga anggrek varietas tertentu tersebut yang telah diketahui kualitasnya, memiliki pertumbuhan yang sempurna, serta terbebas dari berbagai macam penyakit tanaman serta hama tanaman.

Ada beberapa varietas bunga anggrek yang sering dibudidayakan, diantaranya sebagai berikut :

  • Anggrek Catteleya yang eksotis
  • Anggrek Dendrodium, angrek ini termasuk jenis yang paling popuper di kalangan pecinta anggrek
  • Anggrek Grammathopilum, adalah anggrek raksasa dari Papua
  • Anggrek Oncidium, dari varietas ini yang populer adalah anggrek jenis Golden Shower
  • Anggrek Phalaenopsis, jenis anggrek bulan yang sangat akrab di kalangan para pecinta anggrek adalah dari varietas ini
  • Anggrek Vanda atau anggrek potong
  • Anggrek Spathiphyllum

Jika Anda ingin segera melakukan cara menanam bunga anggrek, berikut gambar jenis-jenis bungga anggrek yang populer dan banyak diminati :

gambar jenis-jenis bunga anggrek image
gambar jenis-jenis bunga anggrek

 

Setelah Anda sudah menentukan jenis varietas bunga anggrek yang hendak Anda tanam, langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga anggrek adalah mendapatkan bibit unggulan dari varietas pilihan Anda tersebut. Akan lebih baik jika Anda mendapatkan bibit anggrek dari para pengrajin tanaman hias terutama pecinta anggrek agar bibit yang diperoleh benar – benar berkualitas.

Mempersiapkan Media Taman

Setelah bibit anggrek Anda dapatkan,  cara menanam bunga anggrek tahap selanjutnya adalah mempersiapkan media atau tempat bagi penanaman dan pertumbuhan tanaman angrek. Dalam hal ini akan membahas media tanam dengan menggunakan pot bunga.

Sediakan pot bunga dengan ukuran sedang, kemudian isilah pot tersebut dengan media tanam yang terdiri dari beberapa campuran bahan baku diantaranya tanah, pupuk kandang yang sudah difermentasikan, arang, kulit kelapa atau batok, sabut kelapa, serta pecahan genting atau bisa dengan pecahan batubata.

susunlah kesemua bahan media tanam tersebut dengan formasi pecahan batu bata di bagian terbawah dari pot, lalu batok dan sabut kelapa diatasnya, kemudian baru masukkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dibagian paling atas dari pot. Tujuan dari batubata tersebut adalah agar pada saat penyiraman dilakukan, air tidak tergenang di dasar pot dan dapat merusak akar tanaman anggrek Anda.

Tahapan Cara Menanam Bunga Anggrek

Setelah media pot dipersiapkan, bibit juga siap, maka cara menanam bunga angrek adalah memindahkan bibit bunga anggrek tersebut kedalam pot yang sudah terisi oleh campuran bahan – bahan tersebut diatas, kemudian tutup dengan abu sampai batas pangkal batang bibit anggrek.

Cara menanam bunga anggrek yang baik sebaiknya dimulai pada saat pagi hari sebelum jam 8 agar matahari belum terlalu terik sehingga tanaman anggrek yang baru tersebut tidak mudah layu. Setelah ditanam kemudian langsung disirami dengan air secukupnya untuk menjaga kelembaban tanaman anggrek.

Gambar dibawah adalah cara menanam bunga anggrek dengan mengambil anakan dari anggrek induk

gambar cara menanam bunga anggrek dengan mengambil anakan dari induk anggrek image
gambar cara menanam bunga anggrek dengan mengambil anakan dari induk anggrek

Pemeliharaan

Memelihara dan menjaga tanaman adalah cara menanam bunga anggrek tahap berikutnya. Pemeliharaan bunga anggrek dengan media pot jauh lebih mudah dibandingkan dengan media lahan. Hal terpenting dari pemelihaan bunga anggrek adalah masalah penyiraman.

Sebenarnya bunga angrek lebih menyukai kondisi lingkungan yang lembab namun tidak menghendaki penyiraman atau penyemprotan langsung kepada bunga anggrek itu sendiri. Penyemprotan langsung justru terkadang dapat merusak kuncup bunga anggrek yang belum mekar.

gambar keindahan taman dengan cara menanam bunga anggrek media pot di teras rumah image
gambar keindahan taman dengan cara menanam bunga anggrek media pot di teras rumah

Cara menjaga kelembaban lingkungan tanaman anggrek Anda bisa dilakukan dengan menyirami sekeliling tanah di dalam pot secukupnya, namun tidak mengenai tanaman anggrek itu sendiri. Penyiraman dilakukan setiap pagi hari agar tanaman anggrek tidak lekas layu dan tercukupi kebutuhan akan air bagi tanaman anggrek.

Demikianlah cara menanam bunga anggrek, percantik rumah Anda, dengan keindahan dari bunga anggrek ini.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bibit bunga hias

10 Bisnis Bibit Bunga Hias Yang Sangat Menguntungkan

Permintaan akan bibit bunga hias belakangan ini naik dengan pesat, hal ini disebabkan perkembangan bisnis …

5 komentar

  1. dapat ilmu baru lagi nih, kebetulan saya pecinta tanaman anggrek:)

  2. Wah ini keren, sangat lengkap informasinya

  3. suka sekali dengan tanaman2 yang hijau..

  4. Bunga anggrek cukup jarang di budidayakan, padahal bunga ini sangat indah.

Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Bunga Anggrek | Pedoman Praktis