Halaman Depan / Pertanian / Pupuk Perangsang Buah Tanaman Padi | Tips Praktis

Pupuk Perangsang Buah Tanaman Padi | Tips Praktis

Pupuk perangsang buah tanaman padi  image
Pupuk perangsang buah tanaman padi

Pembahasan tentang cara meningkatkan hasil pertanian, terutama produksi, memang tidak akan ada hentinya, mengingat teknologi semakin berkembang, informasi terus meningkat, dan sumber daya manusia yang kian semakin bertambah.

Kesempatan ini, kami akan mengupas bagaimana cara membuat pupuk perangsang buah pada tanaman padi. Tentu supaya bulir padi terisi penuh dan juga padat, yang otomatis dapat meningkatkan hasil panen.

Bagi Anda yang pernah menghadapi situasi tanaman padi banyak yang kopong, alias kurang mentes? Hasil panen menjadi turun draktis, bahkan hingga mengalami kerugian. Menghadapi situasi tersebut memang sangat tidak nyaman.

Selain langkah cara menanam padi yang tepat, Anda tentu harus melakukan perlakuan atau pemeliharaan tanaman yang tepat pula. Dengan di imbangi pengunaan pupuk baik itu pupuk dasar maupun pupuk petumbuhan tanaman. Kemudian untuk meningkatkan hasil tentu dibutuhkan pupuk perangsang buah, agar tidak terjadi gagal panen.

Pupuk perangsang buah banyak dijual di kios-kios pertanian, dengan berbagai macam merk dan harga yang berbeda-beda pula. Jenis pupuk ini sebenarnya dapat Anda buat sendiri. Mengunakan bahan-bahan sisa rumah tangga, seperti sayur maupun buah-buahan.

Manfaat dari pengunaan pupuk perangsang buah adalah untuk memberikan rangsangan serta nutrisi yang dibutuhkan untuk mempercepat pembentukan buah, baik pada tanaman padi maupun tanaman budidaya lainnya. Untuk membuat pupuk perangsang buah ini tidak susah, selengkapnya inilah cara membuat pupuk perangsang buah berbahan organik, sebagai berikut :

Persiapan Bahan Pembuatan Pupuk Perangsang Buah :

  • 10 kg limbah buah – buahan yang tidak termakan ( pisang, nanas, semangka, sawo, dll )
  • Larutan 1 kg gula merah atau gula aren
  • 10 liter air kelapa
  • Wadah plastik
  • Botol berisi air
  • Selang plastik
Limbah buah-buahan sebagai bahan utama pembuatan pupuk image
Limbah buah-buahan sebagai bahan utama pembuatan pupuk

Proses Membuat :

  • Semua limbah buah – buahan tadi di iris kecil kemudian dihaluskan hingga lembut, hasil lebih baik adalah dengan di blender.
  • Setelah halus, masukkan buah tadi kedalam wadah plastik yang sudah dipersiapkan
  • Tambahkan 10 liter air kelapa kemudian aduk perlahan
  • Masukkan 1 kg air gula merah kedalam wadah, aduk kembali hingga merata
  • Setelah tercampur merata, tutup wadah plastik tersebut dengan plastik hingga rapat
  • Diamkan larutan pupuk perangsang buah tersebut selama 15 hari agar terjadi fermentasi
  • Untuk menghindari penumpukan gas karena penguapan, lubangi wadah plastik tadi sebesar diameter selang, kemudian hubungkan lubang tersebut dengan selang plastik menuju botol yang diisi air.
  • Setelah di diamkan selama 15 hari di tempat yang sejuk, pupuk perangsang buah siap untuk digunakan.

Takaran Penggunaan pada Tanaman Padi

  • Campurkan 400 cc pupuk perangsang buah tadi kedalam 14 liter air sumur
  • Hindari air tanah yang mengandung chlorine atau air selokan yang tercemar limbah rumah tangga seperti air cucian yang mengandung deterjen yang biasa dibuang melalui selokan.
  • Campur dan kocok hingga larut sempurna
  • Semprotkan pada tanaman padi yang telah berumur 50 – 60 hari sejak masa tanam.

Anda juga dapat menggunakan larutan pupuk peransang buah ini untuk berbagai jenis tanaman budidaya agar cepat berbuah seperti tanaman tomat, cabai, mentimun, terong-terongan , maupun untuk merangsang tanaman buah – buahan seperti tanaman papaya, kelengkeng, mangga, jeruk , maupun apel.

Dengan pupuk peransang buah organik tersebut, maka hasil panen tanaman Anda juga bebas dari berbagai bahan kimia yang biasa digunakan para petani untuk merangsang buah dengan menggunakan pupuk cair instan seperti yang banyak beredar di toko pertanian.

Hasil panen organik, tanpa campuran bahan kimia merupakan komoditi yang banyak dicari oleh para konsumen masa kini. Semakin maraknya kampanye “go green”, “back to nature”, hingga “global warming”, membuat para konsumen semakin menyukai berbagai produk alami yang tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Dengan pupuk perangsang buah organik dari berbahan alami maka hasil tanaman Anda adalah buah dengan bebas pestisida, sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi serta banyak di cari oleh konsumen.

Sumber : Ikhsan Buharudin S.

Demikianlah tips jitu mengenai cara membuat pupuk perangsang buah organik dari bahan-bahan alami. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya dari Kami mengenai Pupuk Cair Organik dan Pupuk Pertumbuhan untuk keberhasilan tanaman budidaya Anda .

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

3 komentar

  1. Assalamualaikum….
    Mas..saya sedang nanem cabai…namun pertumbuhannyatidak rata….malah ada satu pohon yang layu……..adakah cara termudah dan terjangkau untuk kasus ini?
    Waasalamualaikum

  2. Saya sedang menanam padi…. Bagaimana cara membuat padi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *