Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil, Ini Dia Penjelasanya

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil, Ini Dia Penjelasanya

gambar manfaat buah naga untuk ibu hamil image
gambar manfaat buah naga untuk ibu hamil

Buah naga yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Dragon Fruit adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat bagi vitalitas dan pemenuhan nutrisi bagi kesehatan tubuh. Pada pembahasan sebelumnya kami telah mengupas manfaat buah naga bagi kesehatan, kali ini lebih sepesifik, bagaimana manfaat buah naga untuk ibu hamil atau menyusui ?

Manfaat buah naga untuk ibu hamil bahkan sangat dianjurkan oleh para ahli gizi terkemuka di belahan dunia manapun. Mengapa bisa demikian, berikut alasanya mengapa manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat diajurkan.

Sejarah buah naga pada awal mula kemunculannya diduga oleh para pakar ahli biologi berasal dari belahan dunia Amerika Selatan hingga Amerika Tengah, yaitu sebuah wilayah di benua Amerika yang memiliki iklim tropis dan sub tropis dimana tanaman buah naga dapat tumbuh dengan baik.

Khasiat buah naga sudah diketahui sejak zaman dahulu kala oleh para nenek moyang, terutama orang – orang China atau Tiongkok yang memanfaatkan buah naga sebagai buah untuk acara – acara keagamaan mereka sebagai bahan persembahan. Bentuk buahnya yang memiliki sisik layaknya hewan naga –hewan legenda bagi masyarakat Tiongkok-  membuat buah ini kemudian dinamakan sebagai buah naga hingga sekarang.

Secara umum, buah naga terbagi menjadi dua macam, yaitu buah naga merah dan buah naga outih. Hal ini didasarkan pada warna daging buah naga yang satu berdaging buah berwarna merah, satunya lagi berwarna putih. Namun keduanya sama- sama rasanya segar dan memiliki kandungan nutrisi yang bagus bagi kebutuhan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh Anda dan keluarga.

gambar manfaat buah naga untuk ibu hamil image
gambar manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangatlah dianjurkan karena didalam setiap buah naga memiliki beragam kandungan mineral serta vitamin vital yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi buah naga dapat dimakan langsung setelah buah dikupas, maupun diolah sebagai bahan es campur bersama buah lainnya seperti apel, mangga, dan nanas, atau dibuat jus dengan ditambahkan sedikit madu maupun gula secukupnya.

4 Hal Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Inilah manfaat buah naga untuk ibu hamil yang menjadikan buah naga sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil :

  1. Meningkatkan Pembentukan Eritrosit

Eritrosit atau sel darah merah adalah salah satu sel darah yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dengan kandungan zat besi yang ada didalamnya mampu membantu meningkatkan proses pembentukan sel darah merah yang dibutuhkan ibu hamil di dalam darah.

Masih banyak ibu hami, terutama di Indonesia yang kekurangan sel darah merah pada saat periode kehamilan yang membuat sang ibu menjadi letih, lemas,dan kurang bertenaga, serta dapat mengganggunperkembangan dari janin itu sendiri. Maka dari itu konsumsilah buah naga yang banyak mengandung zat besi agar ibu hamil terhindar dari gejala anemia.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya berkaitan dengan kandungan zat besi tersebut adalah membantu melancarkan dan mengedarkan oksigen yang sangat dibutuhkan ibu hamil serta bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Zat besi adalah senyawa penting di dalam tubuh yang mampu mengikat oksigen di dalam darah, kemudian bersama darah beredar keseluruh bagian tubuh ibu hamil serta janin didalamnya.

  1. Kaya Akan Kandungan Folat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi dikarenakan didalam buah naga kaya akan kandungan asam folat. Dimana senyawa tersebut diketahui mampu menutrisi dan membantu perkembagan janin selama masa kehamilan sehingga bayi Anda nantinya tidak mengalami cact lahir yang tidak diinginkan.

Asam folat membantu meningkatkan proses pembentukan sel saraf otak janin Anda selama kehamilan, sehingga kekurangan asam folat dapat mengakibatkan bayi Anda terlahir cacat fisik seperti kebutaan, maupun cacat mental seperti keterbelakangan mental yang seharusnya dapat dihindari dengan memperhatikan asupan asam folat selama proses kehamilan. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi resiko terlahir cacat pada bayi Anda.

  1. Sebagai Sumber Fiber Alami

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga dapat mencegah gejala susah buang air besar atau konstipasi yang sering diderita oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan didalam setiap daging buah naga memiliki kandungan serat alami yang sangat baik bagi usus dan organ sistem pencernaan lainnya untuk membantu melancarkan buang air besar.

manfaat buah naga untuk ibu hamil selain dapat melancarkan buang air besar, kandungan seratnya juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit yang biasanya timbul dikarenakan kurangnya asupan serat. Beberapa penyakit yang dapat dicegah jika Anda rutin mengkonsumsi buah naga adalah wasir, sembelit, bahkan ambeien.

  1. Mengandung Banyak Nutrisi Penting Lainnya

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi, hal ini cukup beralasan karena memang buah naga mengandung banyak nutrisi penting yang dapat membantu menjag serta meningkatkan vitalitas ibu hamil serta janin didalam kandungan. Berbagai mineral penting seperti fitokimia, kalium, protein, vitamin C, Vitamin B komplek, dan masih banyak kandungan penting lainnya yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

gambar manfaat buah naga untuk ibu hamil image
gambar manfaat buah naga untuk ibu hamil

Melihat manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sangat berguna untuk menajag kesehatan bayi dan ibu hamil tersebut, maka tentu tidak ada salahnya mulai sekarang jika Anda sedang hamil untuk rajin mengkonsumsi buah naga tersebut. Emoga artikel yang mengulas tentang manfaat buah naga untuk ibu hamil ini dapat menambah pengetahuan Anda. Terima kasih

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *