Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Strawberry, Mudah Dan Praktis !!

Cara Menanam Strawberry, Mudah Dan Praktis !!

gambar cara menanam strawberry image
gambar cara menanam strawberry

Buah Strawberry adalah salah satu jenis buah menjadi idola banyak orang, rasa buah asam manis dan berwarna merah ini banyak di jumpai di daerah dataran tinggi, khususnya pegunungan. Cara menanam strawberry cukup mudah. Anda bisa gunakan media tanam lahan pekarangan, maupun dengan polybak atu dengan pot bunga.

Langkah – langkah cara menanam strawberry pada dasarnya terbagi menjadi beberapa tahap diantaranya pemilihan bibit strawberry, pengolahan lahan tanam, proses cara menanam strawberry, pemeliharaan tanaman strawberry, dan yang terakhir adalah masa panen tanaman strawberry.

Namun demikian, sebelum memulai tahap demi tahap dari cara menanam strawberry, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu lokasi lahan yang akan dijadikan sebagai media tanam strawberry dengan memperhatikan beberapa syarat pertumbuhan tanaman strawberry sebagai berikut :

  • Tanaman strawberry membutuhkan sinar matahari penuh hingga 10 jam/hari.
  • Curah hujan yang baik untuk cara menanam strawberry antara 600 hingga 800 mm/th.
  • Suhu udara yang dianjurkan tidak lebih dari 20 derajat celcius.
  • Kelembaban udara untuk tanaman strawberry antara 80% sampai 90%
  • Ketinggian lahan berkisar antara 900 hingga 2000 meter diatas permukaan laut.

Setelah menentukan lokasi yang akan digunakan untuk budidaya strawberry, barulah memasuki tahap demi tahap cara menanam strawberry yang baik agar menghasilkan panen buah yang maksimal yang dapat menambah penghasilan bagi Anda.

Panduan Cara Menanam Strawberry Secara Tepat

  1. Pemilihan Bibit Strawberry

Memilih bibit strawberry adalah langkah pertama sebelum memasuki cara menanam strawberry, sebab jika Anda menanam strawberry dengan menggunakan bibit yang tidak berkualitas, maka bisa dipastikan pertumbuhan tanaman strawberry pun akan terganggu dan pada akhirnya juga mempengaruhi hasil panen.

Mendapatkan bibit strawberry yang berkualitas, terbebas dari segala macam cacat tanaman maupun hama penyakit, serta memiliki pertumbuhan dan panen yang berlimpah merupakan syarat – syarat utama cara menanam strawberry. Sebaiknya mencari bibit strawberry kepada para petani budidaya strawberry agar menghindarkan Anda dari kesalahan pemilihan bibit strawberry.

  1. Pengolahan Lahan Tanam

Cara menanam strawberry tahap kedua yaitu mempersiapkan dan mengolah lahan yang akan digunakan untuk budidaya strawberry. Setelah Anda menentukan lokasi dengan kriteria yang sudah dijelaskan diatas, untuk cara mengolah lahan yang akan digunakan tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pengolahan Lahan Pekarangan / Kebun

  • Gemburkan lahan dengan cara dicangkul kira – kira sedalam 30 cm, kemudian diamkan selama 1 minggu untuk membantu menghilangkan racun tanah yang ada di dalam tanah.
  • tambahkan pupuk kandang fermentasi untuk menjaga dan menambah kesuburan dan unsurhara tanah yang dibutuhkan bagi nutrisi tanaman strawberry.
  • Selanjutnya buatkan bedengan dengan lebar 100cm, tinggi 30cm, pandang menyesuaikan lahan, dan jarak satu bedeng dengan lainnya kurang lebih 60cm.
  • Tutup bedengan dengan mulsa plastic, pemasangan mulsa sebaiknya pada saat matahari terik agar mulsa dapat memuai dengan baik sehingga dapat menutupi bedengan dengan sempurna.
  • Buatlah lubang tanam untuk cara menanam strawberry dengan jarak satu lubang tanam dengan lainnya kira – kira 30cm, sedangkan diameter dari lubang tanam tersebut berkisar antara 8 – 10 cm.

Pengolahan Media Tanam Polybak atau Pot

  • Cara menanam strawberry dengan media tanam polybak atau pot, pada intinya sama dengan cara menanam strawberry di lahan kebun, langkah pertama adalah persiapan bahan  polybak ukuran 5 kg, pot bunga, atau karung bekas ukuran 5-10 kg.
  • Selanjutnya Anda harus menyiapkan media tanah liat, pasir, pupuk kandang dan sedikit kapur.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu, diaduk hingga rata. Koposisi perbandingan tanah : pupuk kandang yaitu 1 : 4, untuk bahan lainya secukupnya saja.
  • Diamkan hingga 2-3 hari, setelah itu masukan media tanah tersebut kedalam pot, polybak, atau karung yang sudah disediakan hingga terisi penuh.
  1. Proses Cara Menanam Strawberry

Bibit dan lahan tanam sudah siap? Tibalah saatnya untuk memindahkan  bibit strawberry kedalam lubang tanam diatas bedengan atau polybak yang sudah disediakan. Cara menanam strawberry sebaiknya dimulai pada pagi hari sebelum matahari naik agar bibit yang baru ditaman tidak mudah layu.

Memindah bibit harus dilakukan dengan hati – hati, agar tidak melukai pengakaran dari bibit strawberry, kemudian masukkan kedalam lubang tanam, dan tutup kembali dengan tanah atau abu gosok hingga sebatas ujung pangkal batang bibit strawberry. Setelah ditanam, sirami dengan air secukupnya pada setiap bibit yang baru saja ditanam untuk menjaga kebutuhan bibit akan air pada habitat barunya tersebut.

  1. Pemeliharaan Tanaman Strawberry

Cara menanam strawberry tidak hanya sampai hanya setelah bibit dipindahkan kedalam media tanam. Namun perawatan tanaman yang baik sangat mempengaruhi kualitas pertumbuhan,  serta hasil panen yang diiinginkan.

gambar cara menanam strawberry dengan perwatan yang baik image
gambar cara menanam strawberry dengan perwatan yang baik

Lakukan penyiraman secara rutin terutama pada tanaman yang masih berusia muda, apalagi pada musim kemarau dimana kerentanan akan kekurangan pasokan air masih sangat tinggi. kemudian jika usia tanaman mencapai umur 20 hari, lakukan penyulaman untuk mengganti tanaman yang tidak tumbuh sempurna dengan bibit baru agar pertumbuhan tanaman dapat seragam.

Bersihkan juga rumput – rumput maupun gulma pengganggu tanaman yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman strawberry. Cara menanam strawberry juga diperlukan tahap pemupukan susulan untuk menjaga produktivitas tanaman. Lakukan pemupukan susulan pada usia tanaman kira – kira 2 bulan salah satunya dengan pupuk N P K dengan dosis 1 : 1 : 1.

Cara menanam strawberry supaya berbuah dengan optimal, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Yaitu tahap pemangkasan sulur, atau batang daun yang menjalar panjang. Tujuan pemangkasan ini supaya tanaman semakin cepat berbuah dan jumalah produksi buah menjadi semakin banyak.

  1. Masa Panen

Pada usia tanam 2 hingga 4 bulan dari penanam strawberry, buah sudah dapat dipanen.  Setelah panen pertama dilakukan, panen selanjutnya dapat dilakukan 3 hari sekali atau seminggu 2 kali panen dengan melihat kondisi buah.

Cara panenan buah strawbery yang baik dengan cara memotong tangkai buah. Kemudian buah di cuci bersih, dan buah strawberry yang segar siap untuk Anda konsumsi.

Demikian artikel singkat dari kami yang membahas masalah cara menanam strawberry yang baik agar panen yang dihasilkan sesuai dengan harapan Anda tentunya.

Jika Ada hal yang ingin Anda tanyakan? Bagaimana cara menanam strawberry, Silahkan berikan Saran dan Komentar Anda? Terima kasih

(Dimuat dari berbagai sumber)

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

11 komentar

  1. Kenapa strowberry saya warna batang dan buahnya unggu.
    buahnya juga biasanya pecah dan keras bila dipencet dan bila dipegang daunya seperti kertas karton(keras)
    Apa nama penyakit tersebut dan bagaimana menanggulanginya….
    terimakasih

  2. christiana ishak

    Saya pemula, ingin belajar agribisnis strawberry. Bisa berikan rekomendasi, dimana saya bisa belajar mulai dari nol.
    Terima kasih sebelumnys

    • admin-infoagribisnis

      Baik, Untuk sebelumnya dimana lokasi tempat tinggal bapak/ibu
      agar kami bisa memberikan rekomendasi tempat budidaya strawberry terdekat. Terima kasih

      • I Wayan Joko herjuno

        Pagi pak…kl mau budidaya tempatnya di daerah pondok gede Bekasi harus apa aja yg di siapkan pak lahannya sih halaman di belakang rumah sekitar 100 m3

        • admin-infoagribisnis

          Baik pak, jika lahanya terbatas sebaikanya cara memanam strawberry dilakukan pada media polybag. Jika dilihat dari kondisi suhunya bekasi memeliki suhu cukup panas maka, idealnya gunakan plastik uvi sebagai penutup atas dan tambahkan paranet. Penggunaan sprinkel juga kami sarankan agar kelembaban tetap terjaga. Untuk metode tanam sama dengan artikel diatas pak. Terima kasih

  3. Kalau di daerah palembang min ?? , ukuran tanahnya si cuma 50m³ , dan apa saja ya min hal-hal yang harus di perlukan dalam penanamannya ??

  4. Di daerah palembang min , ukuran lahannya sih cuma 50×30m³ , trus apa saja ya min yang perlu diperhatikan dan yang di perlukan dalam penanamannya ?? Trimakasih sebelumnya min

    • admin-infoagribisnis

      Yang diperlukan dalam memanam strawberry pertama adalah ketinggian lahan dan suhu udara ideal. Untuk cara yang lain sudah ada pada panduan yang kami kupas diatas pak. Terima kasih

  5. Saya punya kurang manis, adakah kekurangan dari tanaman saya?

    • admin-infoagribisnis

      Jika curah hujan lumyan tinggi saat strawberry berbuah, maka buah yang dihasilkan terkadang menjadi kurang manis Pak/Bu. Terima kasih

  6. Salam persaudaraan min …bagaimana dengan kalimantan timur untuk budidaya strawbery gan.. Krna keadaan cuaca dan suhu yg tidak menentu

Cara Menanam Strawberry, Mudah Dan Praktis !!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Strawberry, Mudah Dan Praktis !!