Halaman Depan / Perkebunan / Pohon Lengkeng King Long : Berbuah Manis Tak Membosankan

Pohon Lengkeng King Long : Berbuah Manis Tak Membosankan

gambar pohon lengkeng king long image
gambar pohon lengkeng king long

Di kebun itu, Budi Darmawan membudidayakan beraneka ragam buah termasuk diantaranya 9.000 pohon lengkeng. Tanaman lengkeng yang disebut Budi Darmawan akan menjadi primadona dalam beberapa tahun kedepan adalah lengkeng jenis king long.

 “Satu atau dua tahun lagi, pohon lengkeng ini akan menjadi primadona di Ngebruk”, ungkap Budi Darmawan sang empu kebun Ngebruk yang ada di desa Sidokumpul, Patean, kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang memiliki luas hampir mencapai 250 ha.

Ia menjelaskan bahwa pohon lengkeng jenis king long memiliki hasil panen yang melimpah, serta diameter dari buah lengkeng jenis king long dapat mencapai rata – rata 3 cm, padahal buah lengkeng varietas lainnya biasanya hanya mencapai 2 cm diameternya.

Pohon lengkeng king long bukan hanya besar di bagian luarnya saja. Ketebalan daging buah jenis king long bahkan mencapai 75%, bandingkan dengan pohon lengkeng jenis lain yang menhasilkan buah dengan ketebalan daging cuma 50% saja.

Menurut Prof. Ir. Sobir, Msi.PhD, seorang ahli botani dari Institut Pertanian Bogor mengungkapkan bahwa ketebalan dari buah adalah peristiwa genetik, bukan merupakanm hasil dari perlakuan tertentu seperti penambahan pupuk atau cara irigasi yang berbeda. “itu murni hasil genetik” , begitu ujarnya.

Kelebihan lainnya dari lengkeng varietas king long adalah cita rasa buahnya yang sangat pas, rasa manisnya tidak berlebihan. Rasa manis yang pas tersebut membuat king long tetap enak dinikmati meskipun dalam jumlah yang banyak. Itulah beberapa alasan yang membuat Budi Dharmawan merasa bahwa lengkeng jenis king long mampu menjadi primadona di kebunnya.

Ketemu yang Tak Disengaja

Sebenarnya Budi Darmawan mendapat pohon lengkeng king long tidaklah disengaja. Pada tahun 2007, Ia memesan 9000 bibit pohon lengkeng jenis Itoh dari petani buah asal Thailand. Lulusan Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung tersebut menanam ribuan bibit pohon lengkeng tersebut di kebun miliknya yang berketinggian 600 meter diatas permukaan laut.

Selang dua tahun kemudian, Budi melihat ada yang berbeda dengan 60 pohon lengkeng dibandingkan dengan ribuan pohon lengkeng miliknya yaitu pohon lengkeng jenis itoh yang dipesannya. Perbedaannya terletak pada daun lengkeng yang lebih kaku dan tebal, warna lebih pekat, serta ukuran daun yang lebih kecil dibandingkan daun lengkeng jenis Itoh.

gambar kebun lengkeng miliki budidarmawan image
gambar kebun lengkeng miliki budidarmawan
gambar kebun lengkeng miliki budidarmawan image
gambar kebun lengkeng miliki budidarmawan

Tahun 2009 ribuan pohon lengkeng di kebunnya tersebut berbuah, tak terkecuali 60 pohon lengkeng yang berbeda itu. Pada produksi pertama ke 60 pohon lengkeng yang berbeda tersebut berbuah kecil, dagingnya tipis sementara bijinya besar sehingga tidak menarik perhatiannya.

Namun pada bulan Agustus tahun 2012, pada periode produksi kedua, ke 60 pohon lengkeng tersebut berbuah besar, dengan daging buah yang tebal serta memiliki rasa yang manis. Budi pun terkesima dibuatnya, kemudian menamainya buah lengkeng king long, atau rajanya lengkeng untuk ke 60 pohon lengkeng yang tak sengaja ditemukannya tersebut.

Menurut Prof. Sobir, terdapat dua kemungkinan adanya lengkeng king long di kebun milik Budi. Yang pertama bisa jadi memang lengkeng king long tersebut terbawa dari penjualnya di Thailand. Itu bisa terjadi jika memang di Thailand ada lengkeng dengan ciri – ciri yang sama seperti lengkeng king long di kebun milik Budi.

Kemungkinan yang kedua adalah lengkeng tersebut merupakan hasil mutasi alami dari jenis lengkeng itoh di kebun milik Budi. Karena semua jenis tanaman, tak terkecuali lengkeng bisa saja mengalami mutasi yang kemudian melahirkan varietas – varietas baru seperti yang terjadi di kebun Budi.

Panen Melimpah

Dengan berbagai macam keunggulan dari lengkeng king long dibandingkan dengan lengkeng lainnya, Budi Darmawan memiliki niat untuk membudidayakannya. Bahkan sejak awal tahun 2014, Budi sudah memulai memperbanyak lengkeng king long tersebut dengan cara okulasi. Beberapa bibit lengkeng itoh di kebunnya yang mati pun kini diganti dengan bibit lengkeng king long hasil okulasinya.

Satu pohon lengkeng king long, menurut Budi mampu memproduksi buah lengkeng hingga 30 kg setiap periode produksi.  Setelah buah lengkeng dipanen, Budi biasanya memisahkannya menjadi 3 kategori berdasarkan ukuran diameter dari buah lengkeng itu sendiri.

Untuk kategori 1, yaitu lengkeng king long yang berdiameter lebih dari 3 cm dan dihargai Rp. 45.000,- . sedangkan buah lengkeng king long yang berdiameter 2,5 cm sampai 3 cm, masuk dalam kategori 2 dengan harga Rp. 30.000,- . kemudian untuk lengkeng king long yang berdiameter kurang dari 2,5 cm termasuk dalam kategori 3 dengan harga bandrol Rp. 20.000,-.

Dimuat : trubus. dll

Dengan berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh lengkeng king long, maka bagi Anda yang hendak memulai budidaya lengkeng bisa mencoba dengan menanam bibit pohon lengkeng varietas king long untuk menghasilkan hasil panen yang berlimpah dan sesuai dengan permintaan konsumen yang Anda targetkan. Selamat Berkebun !!!

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman bintaro

Tanaman Bintaro, Tanaman Racun Yang Bermanfaat

Tanaman bintaro digolongkan pada kelompok tanaman peneduh. Tanaman ini bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan lingkungan. …

9 komentar

  1. Bapak Buda Darmawan. Bagaimana membeli bibit buah kelengkeng King Long?
    Harga berapa?
    Saya tinggal di Salatiga, berniat untuk menanam di sekitar pekarang rumah saya.

  2. Bpk budi, bgm saya mau beli bibitnya saya ingin kembangkan di kelompok di pamekasan madura.klo ada info kontak hpnya
    Makasih. iskandar

  3. Saya berminat untk mencoba menanam bibit Lengkeng King Long, mhn alamat dan no HP Pak Budiatau staff farm nya..tks

  4. Bpk. Budi.. apakah bibit klengkeng king long nya sudah tersedia..? saya ingin beli beberapa pohon.. bisa diinfokan harganya..? posisi saya di bali

  5. saya ingin coba tanam lengkeng King Long dimana saya dapat bibitnya

  6. Bibit lengkeng kinglong bisa dibeli di Hortimart Agro center Bawen (pusat penjualan bibit buah milik Bapak Budi Dharmawan) .. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *