Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan : Tips Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan : Tips Kesehatan

gambar manfaat buah sirsak untuk kesehatan image
gambar manfaat buah sirsak untuk kesehatan

Jika Anda menyukai jus buah sirsak, maka Anda memiliki kesuakaan yang sangat tepat. Sebab manfaat buah sirsak untuk kesehatan belakangan diketahui memiliki faedah yang sangat banyak, untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Buah sirsak atau dikenal dengan nama Anona muricata lin, awal mulanya berasal dari dataran Amerika Selatan seperti Argentina, Meksiko dan Peru. Di Indonesia sendiri penyebutan nama sirsak berasal dari kata zuurzzak ( Belanda ) yang berarti kantong berasa asam.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan cukuplah baik, dikarenakan banyaknya kandungan mineral dan vitamin penting yang dimilikinya. Diantaranya adalah vitamin C ,dengan mengkonsumsi sirsak 300gr setiap hari, Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh Anda.

Selanjutnya kandungan kalsium juga fosfor, potasium, nongizi. Fiber dan masih banyak mineral penting lainnya yang membuat manfaat buah sirsak untuk kesehatan semakin diutamakan oleh para pakar gizi terutama untuk penyembuhan menggunakan sistem herbal.

Dibawah ini beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang dapat berguna bagi Anda dan keluarga tercinta :

  1. Pencegah Kanker

Didalam biji dan daun buah sirsak terdapat enzim fitokimia yang sangat ampuh dalam menangkal berbagai macam virus dan serangan kanker yang mematikan.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan dapat memcegah beberapa penyakit kanker berbahaya seperti kanker kolon, kanker paru – paru, kanker payudara, kanker prostat, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Melawan Osteoporosis

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai nutrisi tulang Anda dengan kandungan kalsium dan fosfornya. Mengkonsumsi 200gr buah sirsak setiap hari dapat mencegah Anda dari pengeroposan tulang atau lebih sering dikenal dengan penyakit osteoporosis.

  1. Menghindari Anemia

Kadungan zat besi yang terdapat dalam buah sirsak adalah manfaat buah sirsak untuk kesehatan darah Anda. Dengan kecukupan kebutuhan zat besi di dalam sel darah merah, sehingga membuat Anda terhindar dari penyakit kekurangan darah atau anemia.

  1. Mengobati Migrain

Jika Anda sering menderita sakit kepala sebelah secara tiba – tiba, cobalah untuk mengkonsumsi buah sirsak secara teratur. Kandungan vitamin B2 dan riboflavin yang dimiliki buah sirsak mampu bertidak seperti fungsi parasetamol pada beberapa obat medis pereda sakit kepala yang banyak terdapat di sekitar Anda.

  1. Sebagai Diuretik

Bagi Anda yang kerap merasakan sakit ketika buang air kecil, cobalah untuk mengkonsumsi jus buah sirsak. Dengan kandungan yang dimilikinya, buah sirsak mampu bekerja untuk melancarkan saluran kencing dan mencegah penyakit haematuria atau bercampurnya urin dengan sel darah putih.

Berikut ini gambar manfaat buah sirsak untuk kesehatan, yang dapat Anda lihat dari pohonnya :

gambar manfaat buah sirsak untuk kesehatan image
gambar manfaat buah sirsak untuk kesehatan
  1. Melancarkan Pencernaan

Tidak diragukan lagi kandungan serat yang kaya dalam sebuah buah sirsak dapat memasok kebutuhan serat harian Anda. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan pencernaan Anda agar senantiasa lancar dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang biasa menyerang sistem pencernaan akibat kekurangan serat.

  1. Obat Bisul

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai obat bisul. Caranya cukup mudah, ambil satu buah sirsak yang masih muda, tumbuk halus, kemudian balurkan pada bagian tubuh yang menderita bisul.

  1. Mengobati Diare pada Bayi

Buah sirsak ternyata juga ampuh mengatasi diare pada bayi Anda. Untuk mengatasi diare pada bayi, peraslah buah sirsak yang sudah matang kemudian kumpulkan didalam sebuah wadah. Minumkan pada bayi yang menderita diare dengan dosis 2 sendok makan setiap pagi dan sore hari hingga sembuh.

  1. Mengobati Gangguan Kandung Kemih

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah untuk mengatasi gangguan kandung kemih. Caranya adalah dengan membuat kolak dari buah sirsak yang setengah matang. Dan akan lebih bagus lagi jika menggunakan gula aren sebagai pemanis kolak sirsak tersebut.

  1. Mengatasi Ambeiyen

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengobati sakit ambeiyen yang Anda derita. Cara mengkonsumsinya adalah dengan mendapatkan air buah sirsak hingga sebanyak 1 gelas, kemudian diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore hingga penyakit ambeiyen Anda sembuh.

  1. Kaya Akan Vitamin C

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan juga tidak lepas dari kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah yang kerap disebut sebagai “durian belanda” tersebut. Seperti Anda ketahui Vitamin C sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan nutrisi tubuh Anda.

Diantaranya adalh dapat mengatasi berbagai gangguan sekitar mulut seperti sariawan, gusi berdarah, bau tak sedap, dan radang mulut yang biasa terjadi akibat kurangnya pasokan vitamin C untuk organ mulut Anda.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan alami tubuh untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang berbahaya seperti asap rokok, polusi udara, bahan pengawet dari makanan, maupun berbagai jenis kimia berbahaya lainnya.

gambar manfaat buah sirsak untuk kesehatan image
gambar manfaat buah sirsak untuk kesehatan

Buah sirsak rasanya sungguh segar, dengan perpaduan rasa manis dan asamnya yang pas, untuk menambah nutrisi keluarga Anda. Itulah tadi berbagai manfaat buah sirsak untuk kesehatan.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan : Tips Kesehatan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan : Tips Kesehatan