Halaman Depan / Pertanian / Ingin Tahu Manfaat Buah Nangka? Baca Artikel Ini

Ingin Tahu Manfaat Buah Nangka? Baca Artikel Ini

gambar manfaat buah nangka image
gambar manfaat buah nangka

Rasanya manis, aromanya khas menyengat, warnanya kuning langsat dan berdaging Buah tebal, diselimuti kulit berwarna hijau dan berduri namun tak setajam duri Buah Durian, apalagi kalo bukan buah nangka?

Ternyata selain nikmat, manfaat buah nangka juga sangat penting bagi sumber vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi jangan dulu alergi dengan getahnya yang sangat lengket, sebab khasiat buah nangka cukup luar bisa bagi kesehatan.

Habitat pohon nangka tersebar di beberapa wilayah Negara beriklim tropis seperti Indonesia, Thailand, India, bahkan Brazil. Ketinggian pohon nangka bisa mencapai 40 meter bahkan lebih. Satu pohon nangka dewasa ketika musim berbuah dapat mencapai 300 buah kadang lebih.

Beberapa kandungan mineral yang ada dalam setiap buah nangka diantaranya adalah Sodium, Kalium, Zat Besi, Magnesium, Kalsium, Fosfor, Niasin, Folat, Mangan, Zinc, Selenium, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, Riboflavin bahkan Pyridoxine.

gambar pohon dari manfaat buah nangka image
gambar pohon dari manfaat buah nangka

10 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Dengan segala kandungan yang dimiliki, tak salah jika manfaat buah nangka sangat baik bagi tubuh Anda. Beberapa manfaat buah nangka yang sudah kami rangkum dari berbagai literatur adalah sebagai berikut :

  1. Sumber Energi bagi Tubuh

Manfaat buah nangka yang pertama adalah sebagai sumber energi langsung bagi tubuh Anda. Mengkonsumsi nangka sebelum melakukan aktivitas berat, seperti olahraga sangatlah dianjurkan. Kandungan 95gr kalori dari 100 gr buah nangka adalah bukti bahwa manfaat buah nangka sangat cocok sebagai penambah tenaga.

  1. Mencegah Kanker Rongga Mulut

Didalam setiap buah nangka terkandung senyawa penting seperti karoten, xiantin, lutein, dan juga criptoxantin yang sangat penting untuk menjaga mulut Anda agar terbebas dari penyakit kanker rongga mulut.

  1. Sebagai Antioksidan

Kandungan Vitamin C yang kaya di dalam buah nangka terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda, dan berperan sebagai Anti Oksidan utama, sehingga tubuh Anda akan jarang sakit, dan senantiasa bugar sepanjang hari.

  1. Mengurangi Resiko penyakit Jantung

Kabutuhan tubuh akan kalium juga dapat dipenuhi oleh buah nangka. Kalium diketahui mampu mengontrol dan menjaga kerja jantung agar berdetak normal, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh pun menjadi normal. Manfaat buah nangka dapat menurunkan resiko penyakit jantung, dengan kandungan kaliumnya.

  1. Manfaat Buah Nangka Untuk Mencegah Kanker

Didalam buah nangka terkandung senyawa Saponin yang berperan penting dalam menghalau radikal bebas, berpotensi menjadi penyakit kanker yang mematikan. Konsumsi buah nangka setiap hari dapat menurunkan resiko terkena kanker tersebut.

  1. Membantu Menurunkan Hipertensi

Jika Anda menderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi buah nangka. Kandungan potassium yang dimiliki buah nangka sanggup membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi Anda, hingga menghindarkan Anda dari penyakit Stroke akibat Hipertensi.

  1. Menjaga Kekuatan tulang Anda

Manfaat buah nangka yang tidak kalah penting adalah membantu menguatkan Tulang hingga mencegah Anda dari penyakit pengeroposan tulang atau akrab disebut Osteoporosis. Hal ini disebabkan di dalam Buah Nangka terdapat banyak Kalsium dan juga Magnesium sebagai nutrisi bagi kebutuhan Tulang Anda.

  1. Menhindarkan gangguan Kesehatan Tiroid Anda

Kandungan mineral lain seperti Tembaga dan Zinc sangat penting bagi Anda untuk menjaga kelenjar Tiroid agar tetap berfungsi dengan baik tanpa gangguan yang dapat membahayakan Kesehatan Tubuh Anda.

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Dengan mengkonsumsi buah nangka secara rutin sangat bagus untuk menghindarkan Anda dari penyakit Anemia. Kandungan Zat Besi dalam Buah Nangka berperan aktif membantu pembentukan sel darah merah sehingga menyelamatkan Anda dari masalah kurang darah.

  1. Sumber Serat yang Dibutuhkan tubuh

Manfaat buah nangka yaitu kaya serat alami, yang sangat baik bagi pencernaan Anda. Manfaat buah nangka dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah saluran pencernaan seperti Ambeiyen, Sembelit, Radang Usus Besar, Hingga Wasir yang merepotkan.

Dengan banyaknya manfaat buah nangka tersebut, maka tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga rajin mengkonsumsi buah nangka sebagi pencuci mulut, maupun diblender untuk dijadikan jus buah nangka segar.

Manfaat Buah Nangka Muda

Selain nangka masak, manfaat buah nangka muda pun bisa diolah menjadi berbagai macam makan dan masakan. Buah Nangka yang masih mentah atau biasa disebut “gori” biasa digunakan oleh sebagian besar masyarakat kita untuk dijadikan sayur nangka yang sangat lezat dan menggoda selera.

gambar manfaat buah nangka muda image
gambar manfaat buah nangka muda

Jika Anda pecinta wisata kuliner, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nasi megono khas Pekalongan yang gurih ataupun gudeg Jogja yang memikat lidah. Kedua jenis masakan tersebut menggunakan bahan baku buah nangka muda.

Jadikan hidup lebih sehat, dengan mengenal macam manfaat buah-buahan disekitar Anda !! Jangan ragu mengkosumsi, setelah Anda tahu manfaat buah nangka ini.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *