Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Kedondong : Dibalik Rasa Asam Manis !!

Manfaat Buah Kedondong : Dibalik Rasa Asam Manis !!

gambar manfaat buah kedondong image
gambar manfaat buah kedondong

Manfaat buah kedondong tidak hanya sebatas untuk manisan saja. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas manfaat buah kedondong dibalik rasanya yang masam, ternyata buah kedondong memiliki khasiat yang sangat penying bagi kesehatan Anda.

Buah kedondong termasuk dalam suku anacardiaceae dengan nama latin Spondias dulcis ini memiliki nama yang berbeda – beda disetiap negara. Di Filiphina kedondong disebut Hevi, lain lagi di Kamboja menyebutnya sebagai Mokah, beda pula orang Thailand menyebut kedondong dengan nama Makak Farang.

Cara mengkonsumsi buah ini dapat dimakan secara langsung, dengan dikupas terlebih dahulu, atau cukup di cuci kemudian langsung di santap. Untuk mendapatkan manfaat buah kedondong ini diantaranya dijadikan asinan, manisan, dan sebagai bahan rujak buah, acar, bahkan dimakan langsung buahnya.

Manfaat buah kedondong tidaklah lepas dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap buah kedondong diantaranya zat besi, fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, hingga kalsium dan juga kandungan serat yang tinggi.

gambar manfaat buah kedondong image
gambar manfaat buah kedondong

Dari pada Anda penasaran, berikut ulasan tentang manfaat buah kedondong bagi tubuh Anda :

  1. Mengobati Batuk

Manfaat buah kedondong yang pertama adalah buah ini ternyata dapat dijadikan obat batuk yang Anda derita.dan tentu saja jika Anda mengobati batuk dengan buah kedondong, tentunya tidak ada efek samping seperti obat kimia kebanyakan.

Caranya ambillah buah kedondong minimal 3 buah dan cuci hingga bersih. Setelah itu buah kedondong diparut kemudian diperas untuk mendapatkan sari patinya. Tambahkan sedikit garam pada sari pati buah kedondong tersebut dan diminum sehari 2 kali.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam setiap buah kedondong adalah nutrisi penting bagi sel darah merah Anda agar terhindar dari gangguan anemia atau kurang darah.

  1. Sebagai Anti Oksidan Alami Tubuh

Manfaat buah kedondong selanjutnya adalah perannya sebagai antioksidan alami tubuh untuk menangkal berbagai macam serangan radikal bebas yang membahayakan tubuh Anda.

Hal ini disebabkan karena buah kedondong memiliki banyak kandungan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Vitamin C juga berperan dalam meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan tubuh untuk meregeneragi sel kulit mati Anda. Mengkonsumsi buah kedondong dengan rutin akan meningkatkan elastisitas kulit Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang banyak terkandung dalam buah kedondong berfungsi memproduksi senyawa retinol dimana senyawa tersebut bertugas menjaga mata Anda agar dapat bekerja maksimal tanpa masalah apapun.

  1. Menghambat Penuaan Dini

Manfaat buah kedondong lainnya adalah dapat menghambat penuaan dini seiring dengan bertambahnya usia Anda. Hal ini dikarenakan buah kedondong mengandung Vitamin C yang dapat berperan sebagai penangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh Anda.

Didalam buah kedondong juga terdapat kandungan penting seperti lipid, protein, hingga asam nukleat yang dapat menghindarkan kulit Anda dari kerusakan jaringan yang disebabkan oleh polusi maupun paparan sinar ultraviolet.

  1. Meluruhkan Kolesterol

Vitamin C selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga sanggup meluruhkan kolesterol berlebih di dalam darah Anda. Dengan demikian manfaat buah kedondong yang tidak kalah penting adalah mampu mengontrol kadar kolesterol jahat yang dapat membahayakan pembuluh darah dan juga jantung Anda.

  1. Menyehatkan Tulang dan Gigi Anda

Di dalam buah kedondong juga terdapat kandungan mineral fosfor dan juga kalsium yang sangat penting sebagai nutrisi utama bagi tulang dan gigi Anda.

Kekurangan asupan kalsium dan fosfor dapat membuat tulang Anda menjadi keropos atau biasa disebut osteoporosis dan juga gigi yang berlubang.

Maka, manfaat buah kedondong dengan kandungan kalsium dan fosfornya adalah mampu mencegah berbagai masalah pada gigi dan tulang Anda. Konsumsilah buah kedondong setiap hari untuk tulang kuat dan gigi yang sehat.

  1. Mengobati Diare

Ternyata bukan hanya daun jambu biji ataupun buah salak yang sudah lebih dulu terkenal sebagai obat herbal penyembuh diare. Manfaat buah kedondong bagi Anda juga dapat menggantikan peran daun jambu biji tersebut. Jadi Anda ada alternatif obat herbal lain disaat daun jambu biji ataupun buah salak susah didapatkan disekitar Anda.

Untuk mengambil manfaat buah kedondong sebagai obat diare, Anda bisa melakukan dengan cara :

  • Ambil 20gr kulit batang buah kedondong segar, cuci sampai bersih.
  • Setelah itu potong – potonglah dengan ukuran kecil.
  • Rebuslah potongan kulit batang buah kedondong tersebut dengan 500 cc air bersih dan direbus selama 20 menit.
  • Dinginkan air rebussan tersebut kemudian disaring.
  • Minumlah air saringan tersebut pagi dan sore hingga sakit diare Anda membaik.
  1. Teman Diet Anda

Buah kedondong juga sangat kaya akan serat yang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan Anda. Kandungan serat yang ada di dalam buah kedondong mampu membantu meluruhkan lemak berlebih didalam tubuh Anda kemudian membuangnya bersama feses.

Disamping itu pula dengan kandungan serat yang tinggi akan membuat Anda merasa kenyang dan tidak lagi mengemil makanan ringan yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

gambar manfaat buah kedondong image
gambar manfaat buah kedondong

Dengan manfaat buah kedondong yang sangat banyak tersebut, maka tidak ada alasan lagi, yang membuat Anda menjauhi buah kedondong. Manfaat buah lainya Anda bisa baca Selanjutnya…

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Manfaat Buah Kedondong : Dibalik Rasa Asam Manis !!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Kedondong : Dibalik Rasa Asam Manis !!