Halaman Depan / Perikanan / Ini Dia 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terfavorit Dan Potensial

Ini Dia 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terfavorit Dan Potensial

Bahasan kali ini adalah tentang jenis jenis ikan hias, paling favorit dan memiliki potensi untuk dijadikan peluang usaha. Untuk Anda yang sedang berfikir bagaimana menambah penghasilan, terutama bagi Anda yang hobi memelihara ikan hias,  coba baca Artikel sajian kami berikut.

Anda harus sadari bawa Negara Indonesia merupakan salah satu Negara kepualauan. Yang mana potensi perairan cukup berlimpah. Salah satunya kaya akan berbagai jenis ikan. Baik ikan konsumsi ataupun jenis ikan hias.

Menurut sebuah penelitian ada kurang lebih 1000 jenis ikan hias yang hidup di air tawar yang banyak diperjual belikan, dan di Indonesia sendiri, memiliki spesies lebih dari 400 jenis ikan hias yang memiliki habitat asli dari Indonesia.

Jenis ikan hias air tawar memang lebih banyak diudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan cara budidaya ikan hias air tawar relative lebih mudah daripada jenis ikan hias air laut. Disamping itu biaya untuk merawat jenis ikan hias air tawar jauh lebih terjangkau daripada Anda memelihara jenis ikan hias air laut.

Perkembangan jual ikan hias sendiri di Indonesia dalam dasawarsa terakhir mengaalami perkembangan yang cukup pesat. Selain guna memenuhi kebutuhan local, para pengusaha jenis ikan hias kini juga merambah menjual hasil budidayanya ke Negara – Negara tetangga terutama Singapura.

Selain Singapura, ada lebih dari 60 negara tujuan ekspor jenis ikan hias yang dibudidayakan oleh para pengusaha ikan hias di Indonesia. Bahkan Negara Indonesia setiap tahunnya selalu masuk dalam kategori 5 besar Negara pengekspor jenis ikan hias dengan pendapatan mencapai 50 juta dolar AS setiap tahunnya.

Jenis Ikan Hias Yang Banyak Dibudidayakan Di Indonesia

  1. Ikan Koi

Jenis ikan hias yang satu ini awalnya dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Pada awal abad 19, para ilmuwan bidang perikanan di Negara Sakura tersebut berhasil mengawinkan beberapa varian ikan mas hingga berubah menjadi ikan dengan warna dominan merah dan putih yang dinamakan Ikan Koi.

Dibawah ini gambar jenis ikan hias koi yang paling favorit.

gambar Ikan Koi image
gambar Ikan Koi

Ikan Koi atau Cyprinus carpio L ini lebih cocok dipelihara di kolam ikan, bukan di akuarium. Hal ini dikarenakan sifat Ikan Koi yang suka bergerak bebas sehingga membutuhkan area yang luas seperti kolam. Selain itu, alasan lain kenapa jenis ikan hias ini lebih cocok dibudidayakan di kolam karena memang Ikan Koi lebih indah jika dipandang dari atas dengan warna kulitnya yang cantik.

  1. Ikan Cupang

Ikan Cupang adalah jenis ikan hias yang cukup mudah dan tidak rewel dalam segi perawatannya. Ikanyang memiliki nama latin Betta sp ini bahkan sanggup hidup pada media yang memiliki volume air sedikit seperti stoples, serta tidak membutuhkan mesin pencipta gelembung air yang biasa Anda jumpai di setiap akuarium ikan.

gambar Ikan Cupang image
gambar Ikan Cupang
gambar Ikan Cupang image
gambar Ikan Cupang

Jenis ikan hias yang satu ini bahkan kerap dijadikan sebagai ikan aduan, hal ini disebabkan karena ikan cupang merupakan predator bagi sesamanya. Ikan cupang bahkan mampu merobek – robek sesame jenis ikan cupang lainnya dalam sebuah pertempuran ber jam – jam lamanya.

  1. Ikan Arwana

Ikan hias yang satu ini merupakan ikan hias asli dari Negara Indonesia. Ikan Arwana pertama kali ditemukan di perairan Kalimantan serta Papua. Jenis ikan hias dengan nama latin Scleropages sp ini memang awalnya hidaup di alam bebas sebelum ditemukan oleh masyarakat setempat, kemudian mulai dipelihara di dalam akuarium karena bentuknya yang cantik.

gambar Ikan Arwana Red image
gambar Ikan Arwana Red
gambar jenis ikan hias 3 arwana image
gambar jenis ikan hias 3 arwana

Arwana pertama kali naik daun di Indonesia sekitar medio tahun 2000an, pada saat itu Ikan Arwana yang awalnya merupakan jenis ikan hias biasa, menjadi dihargai ratusan ribu hingga mencapai jutaan rupiah. Pada tahun – tahun kala itu merupakan berkah tersendiri bagi kalangan pemelihara ikan hias di Indonesia.

  1. Ikan Koki

Ikan Koki atau Carrasius auratus merupakan jenis ikan hias yang masuk dalam keluarga ikan mas dan juga ikan koi. Ikan koki memang berasal dari hasil perkawinan beberapa jenis ikan hias dari ikan mas dan juga ikan koi. Ikan hias yang satu ini juga pada mulanya dipopulerkan oleh orang Jepang, meskipun sebenarnya ikan koki awalnya berasal dari Negara China.

gambar Ikan Koki
gambar IKan Koki

Sedangkan di Indonesia sendiri, perkembangan budidaya ikan koki juga mengalami peningkatan yang cukup pesat, hal ini disebabkan karena permintaan konsumen akan jenis ikan hias yang satu ini terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu sentra budidaya ikan koki di Indonesia adalah daerah Tulungagung ( jawa timur ).

  1. Ikan Guppy

Ikan hias ini awalnya berasal ari perairan air tawar di Amerika tengah hingga Amerika Selatan. Memiliki nama latin Poecilia reticulate, Ikan Guppy pertama kali masuk ke Negara Indonesia pada awal tahun 1920an dan saat ini sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Membudidayakan Ikan Guppy tidaklah terlalu susah, hal ini disebabkan karena Ikan Guppy berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Perkawinan Ikan Guppy dilakukan dengan cara memasukkan gondopodium yaitu sejenis organ kelamin yang berada di bagian sirip ikan tersebut kedalam organ betina.

gambar Ikan Guppy image
gambar Ikan Guppy

Ikan Guppy betina mampu menyimpan sperma hingga terjadilah kehamilan bahkan sampai 3 kali dalam satu kali pembuahan. Waktu kehamilan antar periode berkisar antara 1 hingga 4 minggu. Jenis ikan hias ini mampu memproduksi 30 hingga 100 anakan dalam sekali periode kelahiran.

Masih banyak jenis ikan hias yang dibudidayakan di Indonesia, namun beberapa jenis ikan hias diatass termasuk jenis ikan hias yang paling popular di kalangan para pecinta ikan hias. Bagaimana ? tertarik untuk budidaya ikan hias ?

sumberimg : imgkd.com, dll

Berikut ini dua Artikel tentang cara budidaya ikan yang tak kalah potensial :

Dapatkan Artikel terkait aneka jenis ikan hias dan cara budidaya lainya di InfoAgribisnis.com. Terimakasih !!

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bisnis ikan koi

Bisnis Ikan Koi? Apa Keuntungannya? Yuk Cari Tahu Di Sini

Bisnis ikan koi – Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang sangat populer tidak hanya …

2 komentar

  1. Ikan hias laut sangat indah, tapi membutuhkan perawatan yang cukup mahal

Ini Dia 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terfavorit Dan Potensial


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terfavorit Dan Potensial