Halaman Depan / Pertamanan / Tips Merawat Taman, Inilah Cara Menanam Bunga Matahari

Tips Merawat Taman, Inilah Cara Menanam Bunga Matahari

gambar cara menanam bunga matahari image
gambar cara menanam bunga matahari

Bunga matahari adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak ditanam oleh masyarakat. Tentunya jenis tanaman hias ini, sangat cocok untuk mempercantik halaman rumah Anda. Jika Anda ingin tahu cara menanam bunga matahari, berikut ini akan kami sajikan untuk Anda, selamat membaca.

Bentuk bunga matahari cukup cantik, dengan dihiasi kelopak bunga yang berwarna kuning, berukuran besar dan berbentuk bulat, membuat bunga ini kemudian dinamakan sebagai bunga matahari.

Cara menanam bunga matahari dapat dilakukan oleh siapa saja, tak terkecuali Anda. Tidak peduli apakah Anda sarjana kedokteran maupun sekedar ibu rumah tangga sekalipun, semua bisa dengan mudah melakukan cara menanam bunga matahari.

Beikut ini kami berikan informasi tips cara memanam bunga matahari untuk Anda, yaitu dengan cara menanam dengan media lahan dan media pot.

A. Cara Menanam Bunga Matahari Pada Media Lahan :

  1. Menentukan Lahan

Tanaman bunga matahari dapat tumbuh dengan baik di berbagai tempat, baik itu dataran tinggi maupun dataran rendah, yaitu ketinggian ideal untuk cara menanam bunga matahari antara 0 – 1500 meter diatas permukaan laut. Namun demikian memang cara menanam bunga matahari yang paling ideal adalah di daerah pegunungan yang memiliki kelembaban udara cukup tinggi yaitu antara 80% hingga 90%.

Langkah selanjutnya dari cara menanam bunga matahari adalah mempersiapkan lahan sebagai media tanam pertumbuhan bunga matahari. Gemburkan tanah dengan cangkul kemudian tambahkan pupuk kandang yang sudah makan, dan diamkan selama kurang lebih 7 hari agar pupuk kandang dapat tercampur sempurna kedalam tanah.

Setelah itu buatkan lubang di tanah yang sudah digemburkan tersebut dengan jarak antar tanaman kira – kira 100cm. perhatikan juga beberapa rumput liar atau tanaman lain yang dapat mengganggu proses cara menanam bunga matahari untuk hasil maksimal yang diharapkan.

  1. Bibit Bunga Matahari

Bibit bunga matahari sebaiknya Anda dapatkan dari para pengusaha budidaya tanaman hias, yang ada di sekitar Anda. Cara menanam bunga matahari agar maksimal sangat dipengaruhi oleh penggunaan bibit bunga matahari yang Anda tanam. Umumnya para pengusaha tanaman hias menyemaikan biji bunga matahari berkualitas untuk dijual dalam bentuk bibit setinggi 15 hingga 20cm.

Jika Anda hendak mencoba untuk menyemaikan biji bunga matahari sendiri, pilihlah beberapa biji bunga matahari yang sudah tua, dan kelopak bunga sudah kecoklatan. Lakukan penjemuran hingga biji benar-benar kering.

Tebarkan di lahan persemaian, kemudian disiram setiap hari hingga muncul tunas. Pada usia persemaian berusia kurang lebih 10 hingga 14 hari, biasanya tunas sudah setinggi 20cm dan siap untuk dipindahkan ke lahan tanam sesungguhnya.

  1. Cara Menanam Bunga matahari

Setelah bibit bunga matahari sudah mencapai ketinggian 15cm – 20cm, cara budidaya bunga matahari yang harus Anda lakukan berikutnya adalah meindahkan bibit, dari tempat persemaian kedalam lahan tanam yang sebenarnya.

Cara menanam bunga matahari dengan memasukkan bibit kedalam lubang tanam, kemudian di uruk kembali dengan tanah dan usahakan agar tanaman berdiri tegak agar tidak mudah roboh terkena angin maupun hujan lebat.

Tahap berikutnya adalah perwatan tanaman, dengan cara menyirami secara teratur. Lakukan Pemupukan susulan juga sangat dianjurkan untuk menjaga ketersediaan nutrisi bagi tanaman bunga matahari.

gambar cara menanam bunga matahari pada media lahan image
gambar cara menanam bunga matahari pada media lahan

B. Cara Menanam Bunga Matahari Media Pot

Sedangkan cara menanam bunga matahari sebagai kesibukan pribadi dan hanya untuk mempercantik rumah, Anda dapat menanamnya dengan menggunakan media pot bunga. Cara menanam bunga matahari di dalam pot jauh lebih praktis dikarenakan tidak ada proses pengolahan lahan seperti pada cara menanam bunga matahari sebagai peluang usaha diatas.

Keuntungan lainnya dari cara menanam bunga matahari di dalam pot adalah Anda dapat sesuka hati memindah – mindah pot bunga tersebut sesuai dengan suasana hati Anda saat itu. Namun perlu diperhatikan sebaiknya menempatkan lokasi pot bunga sebaiknya diusahakan sedemikian rupa agar tetap terkena sinar matahari, karena bunga matahari arah pertumbuhannya selalu menuju dari arah mana sinar matahari mengenainya.

Beberapa alat serta bahan yang dibutuhkan dalam cara menanam bunga matahari dengan media pot adalah :

  • Bibit bunga matahari setinggi kurang lebih 20cm
  • Pot bunga berukuran sedang / besar
  • Kotak yang terbuat dari kayu
  • Tanah serta pasir
  • Pupuk kandang atau pupuk kompos
  • Sekop

Langkah demi langkah Cara Menanam Bunga Matahari dengan media pot :

  1. Belilah biji bunga matahari di toko pertanian terdekat, beberapa varietas unggulannya antara lain Autum Beauty, Big Smile, Pacino Gold, dll.
  2. Cara menanam bunga matahari selanjutnya adalah penyemaian biji dengan cara memasukkan kedalam media persemaian yang dibuat dari kotak kayu yang sudah terisi campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.
  3. Siramilah dengan rutin permeaian tersebut dan tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung
  4. Sembari menunggu biji disemai ( umumnya hingga berusia 10 hari ), siapkan media tanam di dalam pot dengan campuran pupuk kandang, pasir, dan tanah dengan perbandingan 1 : 2 : 3.
  5. Cara menanam bunga matahari selanjutnya adalah memindahkan bibit bunga matahari yang sudah mulai tumbuh tunas hingga berukuran 15-20cm kedalam media pot yang sudah dipersiapkan, kemudian tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang bibit tersebut.
  6. Siramilah dengan rutin setiap pagi dan sore hari,penyiraman rutin adalah salah satu kunci berhasilnya cara menanam bunga matahari, karena bunga matahari memang membutuhkan pasokan air yang banyak.
  7. Taruhlah pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama kurang lebih 6 hingga 7 jam per hari untuk menjaga kebutuhan tanaman akan sinar matahari.
  8. Cara menanam bunga matahari setelah berusia 2 bulan, biasanya sudah mulai muncul kuncup bunga, dan kuncup tersebut akan mulai mekar 1 – 2 setelah kuncup muncul.
gambar cara menanam bunga matahari pada media pot image
gambar cara menanam bunga matahari pada media pot

Dengan memahami tips merawat taman,  Anda dapat menyulap pekarangan rumah sendiri, semakin cantik dan menarik. Selain cara menanam bunga matahari, dapatkan tips menarik lainya, Baca selengkapnya

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara merawat bunga mawar

6 Langkah Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat

Cara merawat bunga mawar – Siapa yang tidak mengenal tanaman bunga mawar? Tanaman bunga mawar …

Satu komentar

  1. Cantik ya bunga mataharinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *