Halaman Depan / Perikanan / Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!

Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!

gambar cara budidaya ikan gurame image
gambar cara budidaya ikan gurame

Ternak ikan gurame belakangan menjadi primadona bagi kalangan pengusaha kecil dan menengah, karena perawatannya yang mudah, namun hasil yang didapatkan begitu menggiurkan. Ikan gurame kaya akan beragam protein dan mineral tinggi, dengan rasanya yang gurih memang telanjur mendapat hati bagi para pecinta kuliner.

Cara budidaya ikan gurame dapat Anda lakukan dengan cara membuat kolam di tanah, maupun menggunakan media kolam terpal yang sudah kami bahas sebelumnya, “Cara budidaya ikan gurame media terpal“.

Bagi Anda yang hendak memelihara ikan gurame baik untuk konsumsi pribadi maupun sebagai pemasok kebutuhan pasar, alangkah lebih baiknya jika belajar cara budidaya ikan gurame kepada para peternak langsung yang ada di sekitar rumah Anda.

Namun jika disekitar rumah Anda tidak ada peternak ikan gurame, dan Anda tidak ada waktu untuk mengunjungi sentra budidaya ikan gurame yang jaraknya jauh dari rumah Anda, Kami dengan senang hati akan memberikan cara budidaya ikan gurame yang baik dan benar agar hasilnya memuaskan.

Tahap Cara Budidaya Ikan Gurame 

1. Menentukan Bibit

Memilih benih ikan gurame yang baik adalah hal terpenting dalam cara budidaya ikan gurame. Benih ikan gurame unggulan akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen yang baik pula.

Jika Anda tergolong pemula dalam dunia perikanan, ada baiknya untuk mendapatkan benih ikan gurame di sentra budidaya ikan gurame yang menjual benih ikan gurame unggulan. Harga bibit ikan gurame tentunya berbeda beda tergantung usia benih, bobot, varietas, dan kualitas benih ikan gurame tersebut.

2. Persiapan Kolam

Setelah benih ikan gurame unggulan Anda dapatkan, langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan gurame adalah mempersiapkan kolam sebagi media pembesaran bibit ikan gurame Anda.

Cara budidaya ikan gurame dapat Anda lakukan didalam kolam yang Anda buat dengan cara mengaduk tanah maupun dengan menggunakan media terpal untuk membuat kolam.

Keuntungan dari kolam tanah adalah tumbuhnya plangton – plangton alami yang dapat dijadikan makanan alami bagi bibit ikan gurame Anda. Sedangkan keuntungan dari kolam yang terbuat dari terpal adalah dalam segi kefisienan pengeluaran dalam kaitannya membuat kolam ikan gurame.

Cara budidaya ikan gurame dengan media kolam tanah dapat Anda lakukan dengan cara menggali tanah dengan kedalaman kurang lebih 1 meter kemudian diamkan galian selama 1 minggu untuk mengurangi kadar racun tanah yang ada. Setelah itu isilah kolam tanah dengan air dan biarkan tergenang selama 1 minggu agar plangton mulai berkembangbiak sebelum bibit ikan gurame dimasukkan.

Menggunakan media terpal adalah cara budidaya ikan gurame yang lain. Rakitlah terpal membentuk kolam segi empat dengan penopang rangka kayu maupun bambu. Setelah terpal dirakit menyerupai kolam, isilah dengan air dan diamkan selama 1 minggu untuk menetralkan terpal dari bahan kimia dan merangsang pertumbuhan plankton sebagai makanan pertama bibit ikan gurame.

Cara budidaya ikan gurame menggunakan media terpal membantu memudahkan Anda dalam melakukan penggantian air dan membersihkan kolam tersebut. Air kolam yang tercampur kotoran ikan gurame juga harus rutin diganti untuk menjaga kebersihan kolam dan kesehatan ikan gurame itu sendiri. Selengkapnya

3. Cara Penebaran Benih

Tahap selanjutnya dalam cara budidaya ikan gurame setelah kolam siap adalah menebarkan bibit ikan gurame unggulan kedalam kolam. Namun sebelum ikan gurame dimasukkan kedalam habibat baru, perlu dilakukan adaptasi agar ikan gurame tidak stes yang dapat berdampak kematian pada ikan gurame.

Adapun cara mengadaptasi ikan gurame adalah dengan memasukkan bibit ikan gurame yang masih di dalam plastik yang tertutup rapat kedalam kolam yang sudah terisi air. Biarkan sejenak hingga terlihat embun pada dinding plastik yang berarti suhu air di dalam plastik sudah sama dengan suhu air kolam.

Setelah itu barulah dibuka perlahan plastik tersebut dan biarkan bibit ikan gurame keluar dengan sendirinya. Lakukan hal tersebut pada semua bibit ikan gurame Anda.

4. Pemberian Pakan

Langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan gurame adalah pemberian makan. Saat ikan gurame berupa bibit adalah makanan hewani diantaranya kutu air, cacing sutra dan zoopangton makanan sejenis mikrobia.

Barulah setelah ikan gurame menginjak usia dewasa, mereka bersifat herbivora yaitu pemakan tumbuhan. Pakan yang diberikan tentunya berbeda pada saat ikan gurame masih berupa bibit. Berikan pellet yang banyak tersedia di toko ikan hias maupun toko benih ikan di sekitar rumah Anda.

Namun untuk meminimalisir pengeluaran dengan harga pellet yang mahal, maka cara budidaya ikan gurame yang paling mudah, dengan memberikan pakan ikan gurame berupa daun daunan seperti daun talas, daun kangkung, daun papaya, daun singkong, labu, tauge, jagung rebus, ampas tahu, dedak ataupun bungkil kacang. Pilihlah beberapa pakan tersebut yang paling mudah Anda dapatkan disekitar kolam.

5. Pemeliharaan Kolam

Cara budidaya ikan gurame agar berhasil tidak lepas dari kebersihan kolam. Air kolam yang bercampur dengan kotoran dari ribuan ikan gurame tentunya tidak sehat bagi perkembangan ikan jika dibiarkan tidak diganti.

Lakukan pembersihan dan penggantian air kolam rutin setiap satu minggu sekali. Sedot air dengan selang hingga kurang lebih 50% dari debit air kolam. Setelah itu gantilah air kolam dengan air bersih hingga ketinggian seperti semula. Cara budidaya ikan gurame ini supayu kesehatan ikan tetap terjaga. Mengingat sanitasi yang baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan.

6. Panen

Tahapan terakhir cara budidaya ikan gurame yaitu pemanenan. Biasanya ikan gurame sudah dapat Anda panen kurang lebih 4 hingga 6 bulan sejak benih ikan gurame dimasukkan kedalam kolam. Namun hal itu bergantung dari kebutuhan pasar. Jika permintaan pasar lebih menyukai ikan gurame muda dan tidak terlalu besar, tentunya dalam waktu 4 bulan saja Anda sudah dapat memanen ikan gurame tersebut.

gambar cara budidaya ikan gurame image
gambar cara budidaya ikan gurame

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya ikan gurame yang dapat kami sampaikan. Hal lainnya yang perlu Anda pahami tentang cara budidaya ikan gurame yaitu, awali usaha Anda dengan mencintainya, jangan berharap hasil namun proses yang akan mengantarkan kesuksesan. Terima Kasih

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bisnis ikan koi

Bisnis Ikan Koi? Apa Keuntungannya? Yuk Cari Tahu Di Sini

Bisnis ikan koi – Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang sangat populer tidak hanya …

11 komentar

  1. terima kasih info nya gan…sangat membantu..

    • admin-infoagribisnis

      Baik Pak/Bu, Semoga dapat membantu Anda menjalankan budidaya Ikan Gurame
      Jika ada hal lainya yang ingin ditanyakan terkait cara budidaya budidaya ikan gurame
      tidak usah ragu, silahkan berikan komentar Anda kemali.

      Dengan senang hati kami akan merespon pertanyaan Anda.

  2. Salam, saya baru akan memulai budidaya ikan gurami saya masih bingun dalam menentukan ciri2 bibit gurami yg bagus agar bisa tumbuh besar sesuai waktunya. Saya pernah mendengar ada bibit gurami itu yg lamban pertumbuhanya ( kerdil ). Seperti apa kira2 ciri2 bibit gurami yg bagus itu ? Terimakasih mohon di kirim juga responnya via email saya.

  3. Kalo kolam dari tanah dngan kdlaman kolam 160 cm gmna? Apakah perlu untuk prgantian air.

  4. ukuran 3m x 6m kolam tanah dapat diisi berapa pak?
    bibit seukuran jempol tangan bisa dipanen berapa bulan pak

  5. Ikan grameh apakah cocok di tmpat yang suhu.y dingin gan?

    • admin-infoagribisnis

      Dalam budidaya ikan gurame di perairan yang dingin tidak menjadi persoalan.
      Namun saran kami Anda juga harus membeli bibit didaerah yang memiliki
      suhu sama-sama dingin.Sehingga bibit ikan gurame dapat beradaptasi
      dengan baik.

  6. Kalau kolam Ukuran 4M x 5M berapa benih gurami yang cocok gan kira kira yang ukuran besar bibit 2 jari orang Dewasa

  7. Budidaya gurame di tanah gambut cocok apa tidak pak

Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!