Halaman Depan / Peluang Usaha / Membaca Peluang Bisnis Kambing | Pahami 2 Hal Berikut!!

Membaca Peluang Bisnis Kambing | Pahami 2 Hal Berikut!!

Banyak orang berniat untuk memulai usaha bisnis kambing namun takut dan bingung bagaimana cara memasarkannya. Saran kami sebaiknya Anda tidak perlu pusing memikirkan hal tersebut, tapi pikirkan bagaimana caranya memproduksi kambing sebanyak mungkin dengan kualitas daging yang baik.

Bisnis Ternak Kambing Untung Bersih 15-20 Jt/Bulan!

Mengapa? Karena selama manusia masih memerlukan makanan untuk hidup, serta selama penjual sate kambing, penjual daging kambing di pasar dan jasa pemotongan aqiqah masih laris manis serta hari raya Idul Adha yang dirayakan oleh ratusan jutaan umat Islam di Indonesia masih terus ada, maka Anda TIDAK AKAN KESULITAN untuk memasarkan daging kambing Anda. 

Ini adalah FAKTA!! Permintaan daging kambing di pasaran semakin hari semakin meningkat. Bahkan untuk memenuhi permintaan, pemerintah harus mengimpor daging kambing dari negara lain. Kondisi ini sangat disayangkan dan sekaligus dapat menjadi PELUANG USAHA untuk Anda semua.

Jadi, Berapapun banyaknya daging kambing yang dapat Anda hasilkan, Anda tidak perlu kawatir daging kambing Anda tidak laku. Bahkan pengakuan dari banyak pengusaha bisnis kambing, 1 bulan sebelum waktu menyembelihan, para pedagang di pasar sudah antri menginden daging kambingnya. 

Kondisi ini belum ditambah dengan kebutuhan rutin setiap tahun pada saat hari raya Idul Adha tiba. Tercatat pada data statistik Kementrian Pertanian RI, permintaan kambing untuk kebutuhan kurban saat hari raya Idul Adha bisa meningkat hingga 1000% lebih dan harga per ekor kambing meningkat hingga 300%. Bayangkan, permintaan naik hingga 10 kali lipat dan harga kambingnya naik hingga 3 kali lipat, mengerikan bukan?

Tidak berhenti disitu saja. Selain daging, kambing juga dapat menghasilkan susu. Lihat, Berapa banyak restoran-restoran yang memasukan susu kambing dalam menu makanannya. Bahkan belakangan semakin banyak usaha minuman yang hanya khusus menjual susu kambing.

Selain susu, Anda juga dapat memanfaatkan kulit kambing untuk kerajinan kulit, seperti jaket, karpet dan berbagai produk lainya. Dengan kejelian membaca peluang, kulit kambing bisa menjadi produk yang bernilai tambah tinggi.  

Dan untuk penghasilan tambahan. Anda bisa memanfaatkan kotoran kambing dan air seninya untuk kebutuhan pembuatan pupuk kandang padat dan cair. Permintaan kotoran kambing dan air seni kambing juga terhitung tinggi, walaupun harganya tidak semahal dagingnya, tapi memanfaatkan kotoran kambing dan air seninya adalah ide cerdas untuk menambah penghasilan Anda dalam menjalankan usaha bisnis kambing.

Bagaimana, apakah uraian di atas sudah cukup untuk membuat Anda tertarik dengan bisnis kambing? Kami yakin sebagian besar dari Anda pasti tertarik. Kalau tidak, kami pikir Anda tidak mungkin meng-klik link berita ini dan membacanya, benar tidak? hehehehe. Ok, tugas Anda untuk membaca belum selesai, karena sampai dengan artikel ini selesai masih banyak hal-hal menarik yang akan kami kupas lebih mendalam. Baca terus sampai selesai ya.. 

Sesuai dengan judulnya “Membaca Peluang Bisnis Kambing – Pahami 2 Hal Berikut!”, ada 2 hal penting yang perlu Anda pahami secara mendalam sebelum menjalankan bisnis kambing. Yang pertama Anda harus menganalisis pasarnya dan yang kedua Anda harus memahami kualitas serta daya saingnya. Untuk lebih jelasnya, ikuti penjabarkan kami berikut ini:

1. Dalam Bisnis Kambing, Anda Wajib Pahami Permintaan Pasar

Sebelum Anda benar – benar memulai bisnis kambing, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami permintaan pasar. Walapun pasar kambing sangat besar, Anda tetap harus melakukan survei, minimal survei kecil – kecilan dengan cara mendatangi beberapa tempat yang menjadi target pasar bisnis kambing Anda.

Membaca Peluang Bisnis Kambing : Pahami 2 Hal Berikut !

Target pasar tersebut bisa meliputi pasar hewan di sekitar desa Anda, warung makan sate kambing, jasa pemotongan aqiqah, dan beberapa target pasar lainnya.  Pelajari seluruhnya segala jenis permintaan pasar yang meliputi kisaran harga kambing setempat, kualitas kambing yang diminta, serta pemanfaatan kambing tersebut oleh konsumen digunakan untuk kepentingan apa. Hasil survey yang sudah Anda lakukan tersebut selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam budidaya ternak kambing yang akan Anda lakukan.

Memang demikianlah kenyataan yang terjadi saat ini, entah Anda hendak bisnis kambing maupun bisnis sayuran, entah usaha ternak kambing ataupun usaha ayam potong, semuanya harus mengikuti permintaan pasar.

Sangatlah sulit jika Anda berkeinginan untuk menyetir konsumen, agar mau membeli kambing Anda sesuai dengan kriteria yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, survei pasar merupakan langkah terpenting di dalam bisnis kambing agar dapat digunakan sebagai acuan dasar untuk melakukan langkah – langkah selanjutnya.

Dalam dunia bisnis kambing, ada dua jenis tipe konsumen yang akan menjadi target pasar Anda. Tipe konsumen tersebut adalah :

  1. Konsumen Langsung
    Konsumen langsung adalah para pembeli kambing yang peruntukannya memang untuk kepentingan sendiri, atau lebih jelasnya kambing tersebut tidak dijual kembali oleh pembeli pertama. Type konsumen langsung dalam bisnis kambing antara lain : orang yang hendak aqiqah, orang yang hendak berqurban, serta orang yang hendak melakukan hajatan maupun pesta acara tertentu atau mau dikonsumsi sendiri di rumah.
  1. Konsumen Pedagang
    Konsumen pedagang dalam bisnis kambing adalah orang yang membeli kambing di tempat Anda untuk dijual kembali, baik dalam bentuk utuh berwajud kambing apa adanya, maupun dalam bentuk olahan, kiloan, maupun sebagai sajian masakan. Beberapa contoh target konsumen ini adalah tukang sate, jasa aqiqah, makelar kambing, maupun tukang jagal dan pengecer daging kambing kiloan.

Nah, dari beberapa jenis calon konsumen bisnis kambing Anda tersebut, yang akan membeli kambing Anda dengan harga yang paling rendah adalah tukang jagal. Oleh karenanya, sebaiknya standar kualitas dan harga kambing yang akan Anda tawarkan kepada konsumen disesuaikan dengan standar tukang jagal. Sebab jika kambing Anda dapat diterima oleh tukang jagal, sudah otomatis kambing Anda juga laku bagi target konsumen lainnya.

Jika Anda bertindak sebagai produsen, maka sebaiknya rantai kedua dibawah Anda juga tidak kesulitan dalam menjual kambing tersebut. Rantai kedua dalam bisnis kambing yang dimaksud adalah tipe konsumen pedagang tadi.

Jika pedagang mampu mendapatkan keuntungan dengan harga yang Anda tawarkan, sudah pasti bisnis kambing Anda akan berjalan dengan baik dan memiliki hubungan yang harmonis dengan mata rantai kedua tersebut sebagai perpanjangan pemasaran dari bisnis kambing Anda.

2. Dalam Bisnis Kambing, Anda harus Tentukan Kualitas dan Daya Saing Harga 

Dalam usaha bidang apapun, baik barang maupun jasa, faktor kualitas yang optimal serta harga yang kompetitif adalah syarat mutlak, agar usaha yang Anda geluti mampu berumur panjang dan terus diterima oleh pasar. 

Dalam Usaha budidaya ternak kambing Anda wajib menjaga kualitas. Hal pertama daging kambing yang empuk, serta harga yang bersaing, sangat menentukan potensi perkembangan pemasaran dari usaha kambing Anda.

Jika dilihat dari parameter tukang jagal, maka semakin tinggi persen karkas kambing yang dihasilkan, berbandung lurus dengan permintaan konsumen akan jenis kambing tersebut. Karkas adalah bagian kambing yang telah di cincang setelah dikurangi kepala, ekor, darah, kaki kambing dari carpus dan tarsus kebawah, jeroan kecuali ginjal, serta kulit kambing.

Maka yang termasuk dalam kategori karkas adalah bagian daging kambing, lemak, serta tulang kambing. Namun perlu diingat bahwa mayoritas konsumen tidak begitu menyukai jenis kambing yang terlalu banyak mengandung lemak, namun juga tidak suka dengan kambing yang terlalu sedikit kandungan lemaknya, sehingga setelah dibakar rasa daging kambing tersebut akan terasa alot dan kehilangan aroma khas dari kambing itu sendiri.

Sementara untuk masalah harga mengikuti perkembangan pasar. Harga daging kambing termasuk fluktuatif seperti harga daging pada umumnya. Terlebih jika memasuki masa Idul Adha, harga satu ekor kambing bisa tiga kali lipat dari bulan – bulan biasanya. 

Setelah semua informasi pasar sudah Anda serap dengan seksama, barulah Anda lakukan langkah-langkah selanjutnya yang mengacu pada permintaan pasar tersebut dan memperhatikan cara-cara berternak kambing yang baik dan benar. 

Artikel Selanjutnya: Ingin Tahu Cara Terbaik Bertenak Kambing? Pelajari Tips dan Trik Jitu ini, Wajib Baca!!

sumber gambar bisnis kambing: webbisnis[.]com  

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kura kura air tawar

Tips Memelihara Kura Kura Air Tawar Dapat Anda Baca Di Sini

Ada banyak sekali alasan mengapa orang – orang menyukai untuk memelihara kura kura air tawar. …

3 komentar

  1. Bissmillah… Saya tinggal di daerah Bandung selatan, dimna kbenyakan masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Untuk peternakan salah satunya Kambing, Alhamdulillah sya suatu waktu pernah memasok kambing baik untuk keperluan aqiqah ataupun qurban, nah bagi sahabat yang memerlukan kambing boleh sharing dengan saya

    • Assaalamualaikum kang..saya Roy dari Singkawang Kalbar, mohon bisa dicantumkan list harganya untuk daging saja berapa perkilonya dan lain sebagainya..dan apakah bisa dikirim ke tempat saya dengan sistem kargo..kira2 berapa estimasi pengirimannya dari Bandung sampai Singkawang untuk produk daging dan sebagainya…kalau memang cocok kita bisa kerjasama untuk hal ini..Terima Kasih

  2. Assaalamualaikum kang..saya Roy dari Singkawang Kalbar, mohon bisa dicantumkan list harganya untuk daging saja berapa perkilonya dan lain sebagainya..dan apakah bisa dikirim ke tempat saya dengan sistem kargo..kira2 berapa estimasi pengirimannya dari Bandung sampai Singkawang untuk produk daging dan sebagainya…kalau memang cocok kita bisa kerjasama untuk hal ini..ini nomor HP / WA saya 085228772001 Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *