Halaman Depan / Peternakan / Ternak Kacer – Pelajari 6 Tips Cara Ternak Burung Kacer ini

Ternak Kacer – Pelajari 6 Tips Cara Ternak Burung Kacer ini

gambar ternak kacer image
gambar ternak kacer

Bagi kalangan pehobi burung peliharaan, burung kacer atau burung marpie robin adalah jenis burung yang sudah akrab bagi mereka. Ternak kacer belakangan ini memang banyak dilakukan oleh para pecinta burung peliharaan di Indonesia.

Beberapa varietas atau jenis burung kacer yang sering diusahakan oleh pecinta burung adalah ternak burung kacer jawa atau Chopsycus sechellarum, serta ternak kacer poci atau dalam bahasa latinnya Chopsycus saulary.

Letak perbedaan dari dua jenis burung kacer ini adalah di bagian warna bulu dari burung kacer tersebut. Kacer jawa dominan berbulu hitam dari mulai wilayah dada sampai kloaka. Sementara Kacer poci bulu yang berwarna hitam hanya sampai pada bagian dada, sedangkan dekat kloaka pada kacer poci berwarna putih.

Jenis Burung Kacer

1. Kacer Jawa atau Magpie Robin (Kacer Dada Hitam)

Kacer jawa juga kerap disebut sebagai kacer hitam karena warna bulunya yang dominan hitam. Suaranya nyaring, keras serta lincah menirukan suaraa disekitarnya merupakan cirri dari kacer jawa. Sedangkan penampilan dari kacer jawa adalah jenis burung yang atraktif dengan kicauan yang merdu.

Ternak kacer jawa lebih diutamakan apabila daerah sekitar tempat tinggal Anda berhawa panas, karena kacer jawa memang menyukai hawa panas. Daerah penyebaran dari kacer jawa ini diantaranya di dataran kalimantan dan tentu saja jawa.

2. Kacer Poci  (Kacer Dada Putih)

Kacer jenis ini hampir mirip dengan jenis kacer jawa, tingkat persebaranya yang membedakanya. Jenis kacer poci sering ditemukan di wilayah Sumatra, kalimantan, hingga wilayah Malaysia.

Ciri – ciri dari kacer poci ini adalah terdapat warna putih pada bulu bagian dada, sayap, serta ekornya. Kicauan dari burung kacer poci juga tidak kalah atraktif dengan kacer jawa. Dengan dibuktikan banyak burung kacer poci yang lolos juara lomba burung.

3. Kacer Blorok

Spesies burung kacer yang satu ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara species kacer jawa atau hitam dengan kacer poci. Penamaan kacer blorok didasarkan pada warna bulu yang cenderuk merupakan kombinasi antara warna hitam dan putih yang bertabrakan di seluruh bagian tubuh burung tersebut.

Untuk Anda yang ingin mencoba memulai ternak kacer, ada baiknya untuk mengunjungi beberapa sentra atau tempat yang banyak dijumpai para peternak kacer, agar dapat belajar langsung kepada orang yang ahli dibidang ternak kacer.

Cara Ternak Kacer

Berikut beberapa cara ternak kacer yang Kami dapatkan dari berbagai sumber :

1. Persiapan Kandang Ternak Kacer

Langkah pertama jika Anda hendak ternak kacer tentu saja membuat kandang bagi burung tersebut. Buatlah kandang dengan ukuran panjang 100cm, lebar 100cm serta tinggi 200cm.

Sebaiknya Anda membuat kandang ternak kacer dari bahan baku kayu balo, sebab struktur kayu balo yang keras sangat baik untuk bahan baku pembuatan kandang ternak kacer. Disamping itu, kayu balo terbilang lebih tahan terhadap hama rayap yang kerap menyerang kayu, serta lebih ekonomis daripada kayu jati.

Beberapa komponen pendukung di dalam kandang ternak kacer diantaranya adalah adanya pangkringan untuk media kacer bertengger, tempat makan dan minum yang higienis, glodok sarang, tumbuh – tumbuhan kecil, tulang sotong, serta kolam kecil ( dibuat dari cawan tanah liat atau kaleng bekas roti yang diisi air ).

2. Indukan Ternak Kacer

Mendapatkan indukan burung yang berkualitas akan sangat menentukan hasil anakan ternak kacer Anda yang berkualitas pula. Beberapa cirri – cirri dari indukan berkualitas adalah :

  • Tidak terdapat cacat fisik
  • Berbadan besar dan panjang
  • Gerakan indukan kacer enerjik, atraktif, gesit dan bersorot mata tajam
  • Diusahakan untuk mendapatkan indukan yang sedang mengalami periode kawin yaitu kurang lebih berusia 10 bulan.
  • Indukan ternak kacer diusahakan merupakan burung yang rajin berkicau

3. Tahap Perjodohan Ternak Kacer

Setelah Anda sudah mendapatkan calon indukan kacer yang berkualitas, maka tahap berikutnya dalam ternak kacer adalah proses penjodohan indukan jantan dan betina yang sedang memasuki periode kawin.

Masukkan indukan kacer jantan dan kacer betina didalam satu kandang penangkaran. Biarkan mereka melakukan perkawinan, proses perkawinan tidaklah memerlukan waktu yang lama jika memang waktu penjodohan adalah tepat pada saat kacer memasuki musim kawin, yaitu umur kacer kurang lebih 10 bulan.

4. Masa Bertelur Ternak Kacer

Tahap selanjutnya setelah kedua indukan dimasukkan kedalam penangkaran yang sama, maka indukan betina akan mulai bertelur dengan jumlah kurang lebih 2 hingga 3 telur dalam sekali periode musim bertelur ternak kacer.

Pada periode setelah penjodohan dan sebelum bertelur, kandang harus senantiasa tersedia tulang sotong dimana nutrisi dari tulang sotong tersebut sangat baik bagi pembentukan cangkang telur kacer agar kuat dan piyik kacer tidak lahir cacat.

Setelah bertelur, umumya indukan kacer bertina akan mengerami telur tersebut selama kurang lebih 2 minggu dihitung sejak dari telur kacer pertama keluar dari indukan kacer betina.

Setelah telur dierami selama 2 minggu, umumnya telur dapat menetas. Setelah piyik terlihat, maka penting untuk menambahkan kroto dan juga jangkrik di dalam kandang ternak kacer tersebut agar indukan betina dapat memberikan makan kepada piyik yang masih baru tersebut.

5. Tahap Meloloh Piyik

Pada ternak kacer tahap meloloh membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 minggu bagi indukan betina untuk memberikan makan kepada piyik hingga piyik tersebut dapat makan dengan sendirinya.

Pada tahap pelolohan tersebut, Anda harus rajin menyediakan stok kroto, belalang, maupun jangkrik di dalam kandang ternak kacer tersebut agar indukan tidak kebingungan untuk mencari makan piyiknya.

6. Tahap Mensapih Piyik

Pada saat piyik sudah dapat makan sendiri, serta indukan kacer sering memtuki piyik ketika piyik mendekat kepada indukan, saat itulah indukan hendak kembali bertelur dan piyik harus dipisah dari indukan. Tahap ini disebut sebagai tahap mesapih dalam dunia ternak kacer.

Setelah dipisah dari indukan, berikan makanan anak kacer tersebut dengan voor, kroto, jangkrik, maupun belalang. Setelah dewasa dan kacer sudah mulai berkicau, pertanda kacer tersebut sudah siap untuk dipanen.

gambar ternak kacer image
gambar ternak kacer

Demikianlah informasi yang berkaitan tentang ternak kacer yang Kami dapatkan dari beberapa peternak kacer langsung, semoga dapat menambah pengetahuan bagi Anda yang hendak memulai usaha ternak kacer .

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

peluang usaha ternak kambing

6 Peluang Usaha Ternak Kambing Ini Bisa Anda Jadikan Bisnis Usaha

Ternak kambing merupakan salah satu peluang bisnis yang hingga saat ini masih sangat diminati banyak …

89 komentar

  1. Sdah 4 bln beternak kacer tpi blm betelur jhga apa penyebabnya tlg sarannya

    • Baik mas maman.

      Penyebab belum bertelurnya ternak kacer, sebenarnya banyak faktor mas.
      1. Perjodohan: amati pasangan benar-benar jodoh apa belum?
      2. Usia burung : Pastikan burung yang Anda jodohkan tidak terlalu muda / terlalu tua
      3. Kandang ternak kacer: Amati dari tingkat kenyamanan burung (prilaku)
      Jika belum, maka sebaiknya lokasi dan bentuk kandang perlu diatur kembali.
      4. Pakan : Sebaiknya berikan full nutrisi dalam ternak kacer
      (Jangkrik, cacing, kroto, UK, dll) yang disukai burung (non voer)
      5. Sarang : Buatlah 3-5 pilihan sarang, agar nanti burung memilih sendiri.
      6. Kebersihan sarana dan prasarana kandang serta pakan
      7. Pastikan tidak burung lainya yang mengusik

      Coba hal tersebut Anda lakukan mas maman,
      jika sudah silahkan berikan komentar kembali?

      Atau agar kami tahu lebih jelas, mas maman bisa
      share kebiasan yang mas lakukan dalam ternak kacer,
      sehingga kami bisa lebih mudah mengidentifikasi permasalahnya?
      terimaksih

  2. mas mau tanya, kacer jantan q kok suka mematuki anakanya ya, sampe mati malah,

    • Terimaksih sebelumnya mas.

      Itu over birahi mas / atau terlalu birahi. Coba kurangi EF mas.
      atau cara lainnya sebaiknya yaitu dengan mengabil anakan, untuk
      disapih atau di loloh sendiri mas.

      Jika ada yang ingin ditanyakan kembali tentang cara ternak kacer,
      silahkan berikan komentar . Thanks

      • Warga baru mas, salam kenal dari Samarinda, mau konsul saya sdh lama menjodohkan burung kacer kurang lebih 4 th, tapi sd saat ini blm ada tanda2 birahi, apa penyebabnya, bagaimana sulusinya, makasih sarannya

        • admin-infoagribisnis

          Baik pak salam kenal kembali
          Dalam penjodohan ternak kacer banyak penyembabnya kenapa tidak kunjung jodoh, namun jika sudah sampai 4 th blm ada tanda 2 birahi, saran kami lebih baik dipisah atau diganti pasangan.

          Kalo boleh tahu, Pasangan kacer yg bapak miliki itu sblmnya dari satu sarang atau berbeda pak?

      • Mau nanya om.cara membedakan kacer dan betina itu dri mnanya y…???
        Mksh

        • admin-infoagribisnis

          Untuk membedakan kacer betina dan jantan dapat dilahat dari warna bulu om. Warna bulu pada kacer jantan yaitu hitam mengkilap sedangkan pada kacer betina bulu berwarna ke abu-abuan. Secara fisik kacer jantan memiliki postur lebih besar ketimbang betina om.

          Jika ada hal lainya yang ingin Anda tanyakan seputar cara ternak kacer silahkan berikan komentar kembali. Terima kasih

  3. Pagi mas, saya boleh minta alamat peternak kacer di sekitaran Jabodetabek. Saya mau mencoba untuk ternak, mau cari indukan mas. Terimakasih sebelumnya atas infonya.

    • Aditya Permadi

      Baik pak hadi.

      Coba kami carikan info alamat, peternak kacer di wilayah jabodetabek.
      Untuk infornya nanti kami emailkan. Terimakasih

    • Abang kalau di sini jakarta harga kacer yang sudah produk berapa harganya .trimakasih komennya

      • Terima Kasih mas.

        Jadi berdasarkan Info yang kami dapatkan
        harga kisaran Induk kacer sepasang yang sudah produk
        yaitu mulai 1,750K hingga tidak ditentukan mengingat kualitas
        induk, karna jika induk trah juara tentu harganya jauh lebih mahal.

        jika Ingin memesanya bisa kami bantu untuk mencarikan.
        Silahkan untuk hub. Info Admin di 085747300032. Trims

  4. kacer saya sudah bertelur dua tapi sama induknya ndak mau di engkrami,,,,bingung saya jadinya?

    terus klw udah beterlur sijantan dipisah atau gimana?
    ditunggu jawabannya ?
    FB ( ALMAZ ION )
    terima kasih admin yth.

    • Aditya Permadi

      Baik mas almaz

      Dalam ternak kacer, memang tidak semua induk memiliki prilaku yang baik (telaten).
      Prilaku menyimpang ini ada penyebanya. Jika tidak salah info yang saya dapatkan
      dari beberapa peternak di jogja, kasus ini sama di alami oleh rekan peternak inisal xxx
      (karna tidak mau disebutkan namanya).

      Pada khasus ini untung saja dia memiliki beberapa pasangan tenak kacer, sehingga pada saat
      ada induk yang tidak mau mengeram, ia memindahkan telur ke induk yang lain. Dan akhirnya cara
      tersebut berhasil namun tidak semua menetas. Namun ada juga induk kacer yang awalnya tidak mengeram
      kemudian setelah bertelur kembali burung induk mau juga mengerami telur.

      Nah, jadi dalam ternak kacer pada saat awal bertelur burung tidak mau mengerami, hal itu wajar, karena
      ketelatenan burung sebagai induk belum muncul. Biarkan saja dlu mas, biarkan burung bertelur kembali
      dan diamati prilaku berikutnya.

      terima kasih

  5. Kacerku setelah beranak 2 kali..pejantan mabung..dan kuganti pejantan lagi..padahal udah jodoh spt sblmnya..tp knapa kok gak mau bertelor….tangz….

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak terima kasih.

      Berdasarkan beberapa pengalaman dari peternak, hal tersebut bisa saja terjadi.
      Meskipun sudah jodoh belum tentu akan bertelur. Jika hal yang terjadi maka penyembabnya
      adalah pada pejantan yang kurang baik dalam reproduksi.

      Pembuahan yang kurang sempurna, akibat hormon yang belum matang juga berpengaruh
      terhadap ternak kacer, untuk bertelur. Sebaiknya dicoba dengan mengganti pejantan lainya
      atau dikemabalikan lagi dengan pejantan yang semula saja.

      Jika Ada hal lain yang ingin ditanyakan tentang cara ternak kacer, silahkan Berikan komentar Kembali. Trims

  6. Mau tanya bang…
    Kacer saya betinanya lbh tua.apakah itu sulit dlm penjodohan

    • admin-infoagribisnis

      Baik Adi.

      Dalam ternak kacer, jika betina lebih tua itu tidak menjadi persoalan.
      Anda tinggal menyeting jantan supaya birahinya naik dan seimbang dengan
      betinanya. Banyak juga para peternak kacer yang betinya lebih tua, dan
      tetap berprduksi mas Adi. Trims

      • asslm kum mas mau tanyak ukuran kandang ternak kacer berapa? dan kandang nya pa harus kenak sinar matahari? pa harus gelap / tertutup

        • admin-infoagribisnis

          Waalaikum Salam. Untuk Ukuran kandang ternak kacer Anda bisa gunakan P 1-2 L 1-2 Dan T 1,5-2,5 M. Ideal terkena sinar matahari, Khusunya sinar matahari pagi, supaya kandang tidak terlalu lembab, dan sirkulasi udara bisa tergantikan tiap harinya pak. Selain itu dengan masuknya sinar matahari dipagi hari, burung akan semakin sehat. Namun sebenarnya tanpa sinar pun bisa saja ternak kacer dijalankan. Akan tetapi sebaiknya anda buat kandang yang lebih ideal.

          Jika ada hal lain yang ingin Anda konsultasikan, silahkan berikan komentar Anda kembali. Terima kasih

  7. gan ak punya koci tapi lg mabung semua jantan n betina nya apa bisa di masukin ke kandang penangkaran.? trims infonya

    • admin-infoagribisnis

      Baik Dhany

      Dalam ternak kacer sebenernnya tidak masalah jika koci dalam keadaan
      mabung kemudian dimasukan ke kandang ternak.

      Akan tetapi banyak beberapa peternak lebih suka memindahkan indukan
      saat mabung kekandang biasanya. Sebenrnya hal itu dilakukan dengan tujuan untuk
      mempercepat proses ganti bulu atau mabung. Seperti itu Dhani. Trims

      Jika Ada hal yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar kembali.

  8. mas mau tanya nihh..
    saya punya kacer betina tangkaran sendiri tp yg jantan dpt dr memikat,tp ngga tau kacer jantannya itu msh muda ato tua,itu apa bisa di jodohkan???

    • admin-infoagribisnis

      Iya Choirul

      Dalam ternak kacer, perjodohan dengan menyilangkan jantan hutan x betina tangkaran
      itu tidak masalah. Justru lebih baik, karena gen pejantan masih alami. Hal tersebut
      malah kebanyakan dilakukan oleh para peternak. Yaitu jantan hutan x betina ternakan.

      Silahkan jika ada pertnyaan lainya. berikan komentar kembali. trims

    • Iskandar Dzulkarnain

      Sam mohon infonya, saya punya kacer jodohan beli dr temen kty sudah produksi 2x tetapi da smpai saatni blm produksi malahan sekarang mabung yg perempuan baru slsai skrg ganti yg jantan gmn cara perawatan supaya mabung cepet slsai? trim sblmnya

      • admin-infoagribisnis

        Baik om, supaya proses mabung bisa cepat selesai sebaiknya pindahkan burung kacer pada kandang gantung/sangkar. Hal yang perlu om perhatikan dalam perawatan proses mabung supaya lebih cepat yaitu turunkan jumlah pemberian EF, full krakap, jangan dimandikan, pacu dengan UH namun jumlahnya dikontrol dan cukup diangin anginkan.

  9. Maaf gan minta infonya..ternak kacer dari satu indukan/sarang apakah bisa???

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih Jefri, telah berkunjung di Infoagribisnis.com

      Ternak kacer dari satu indukan/sarang apakah bisa???
      Berdasarkan info yang kami dapatkan dari beberapa peternak
      burung kacer, melakukan ternak kacer dengan memasangkan burung
      dari satu indukan, itu bisa saja. Akan tetapi membutuhkan waktu yang lebih
      lama ketimbang menyilangkan dengan burung yang berbeda sarang.

      Nah, jadi hal yang perlu dilakukan dalam ternak kacer satu sarang
      adalah memisahkan terlebih dahulu, dan setelah itu dijodohkan kembali.
      Supaya tingkat birahi pada burung tersebut lebih cepat sehingga waktu perjodohan
      tidak memakan waktu yang lama dengan rentang reproduksi.

      namun yang perlu diketahui, untuk mempermudah dalam ternak kacer, lebih”
      baik Anda menyilangkan dengan burung yang berbeda sarang, supaya reproduksi
      lebih cepat dan hasil anakan lebih berkualitas,
      “penyilangan Gen Induk dapat menciptakan anakan yang lebih baik”

      Demikian Info yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Terima kasih

  10. mas mau tanya pemula nih…..sy rencana mau berternak burung kacer…
    1. selain menggunakan bahan baku kayu balo apakah bisa menggunakan bahan sangkar besi dari kawat jaring itu..dan itu apakah suatu keharusan menggunakan bahan baku tersebut.
    2.untuk harga indukan yang bagus kisaran diharga berapa mas untuk pasaran saat ini..

    thx

  11. Trima ksih .satu lg bisa minta alamat peternak kacer area jogja???

  12. pagi om admin ni sy lg mau belajar ternak kacer,,indukan sudah siap kandang penangkaran msh dlm proses,yg mau sy tanyakan,, betinanya bulunya br turun[mbodol] apa posisi betina mbodol msh bs dilanjutkan panangkarannya? ato nunggu selesai mbodolnya? trms ditunggu infonya.

  13. om admin kalo boleh minta nmr yg bs dihubungi ato disms jd sewaktu2 mau tanya tdk hrs lwt media ini trims

  14. saya punya kacer dada hitam umur 1 bulan,ciri jantannya gmna mz,infonya,,mksh

  15. Mas kalau cari bakalan jantan kacer itu brp mas terimalasih

    • admin-infoagribisnis

      Untuk info bakalan burung kacer, maupun info pasangan untuk ternak kacer.
      Silahkan kontak nomer Admin Kami. Semoga dapat membatu Anda. Terima Kasih

  16. Mau tanya gan.
    Yg saya dengar, indukan kacer jantan usia 10bln
    Betina 1th keatas.
    Bagaimna kalau usia jantan udh 4thunan. Apkh bisa untuk ternak.
    Dan baiknya gimana gan.

    • admin-infoagribisnis

      terima kasih om.
      untuk beternak kacer dengan usia pejantan lebih tua.
      itu tidak menjadi persoalan. yang terpenting adalah
      perjodohan dan pemberian nutrisi pakan untuk meningkatkan
      kualitas birahi pada burung kacer pak.

      Jika Ada hal lainya yang ingin ditanyakan seputar ternak kacer kembali
      silahkan berikan komentar. terima kasih

  17. kenapa kacer saya yang jantan bunyinya kaya kacer betina dan sedangkan yang betina tidak mau bikin sarangnya padahal saya sudah menyiapkan semuanya…tolong infonya, terimakasih

  18. Saya ternak kacer yg jantan jawa timur(dada hitam)betina dada putih,telur. Sudh. MEnetas anakan 3 cumA anaknya ska Ƥɑϑɑ jatuh&akhirnya pdmAti krna tempat bertelurnya. Sy dri peralon besar,,yg ingin sy tnyakan apakah yg jantannya terlalu galak shingga anknyA ska d patukin/d bwa sma jntannya ke. Luar kandng nya,,mOhon untuk penjelasanNya,,thx

    • admin-infoagribisnis

      Baik om, hal tersebut kadang terjadi om dalam ternak kacer.
      Faktor penyebabnya terkadang akibat pejantan birahi kembali om.
      Solusinya sebaiknya anak disapih untuk di loloh sendiri om.

      Jika merasa kesulitan, om bisa memindah pejantan dulu om.

  19. Mas mnta almat penangkaran murai batu sm kacer area jabodetabek dong? Mo belajar ternak nih mas…thanks mas sblmnya!

  20. Om tanya juga nih, pemula, apakah bisa dan bagamana ternak kacer dgn 1 jantan dan 2 betina..? Terimakasih

  21. Om mau tanya nih, apakah bisa dan bagaimana cara ternak kacer dgn 1 jantan dan 2 betina..? Terimakasih

    • admin-infoagribisnis

      Baik om, pertanyaaanya adalah apakah bisa ternak kacer dengan sistem poligami?

      Sistem ternak kacer seperti itu bisa dilakukan, akan tetapi sedikit sulit.
      Karena Anda harus benar-benar melakukan uji coba terhadap pejantan dan betinanya.

      Tahapan awal yang harus di perhatikan dalam ternak kacer sistem poligami ini yaitu
      ada harus memiliki banyak indukan pejantan dan betina, kemudian mencoba menyilangkan dengan
      memasangkan 2 betina & 1 pejantan. Nah Jika langsung akur (tidak saling kejar) maka bisa dilanjutkan.
      Tetapi jika belum akur maka sebaiknya Anda mencoba kembali dengan pasangan yang baru. Tentunya
      sistem ternak kacer poligami bisa namun tidak mudah. Begitu om..

  22. Maaf min mau nanya,

    Kacerku udah tak jodohin lama udah nata sarang kok tdk kunjung bertelur ya kenapa? Apakah karena disampingnya ada 1 pasang love bird?

    • admin-infoagribisnis

      Baik Om terima kasih

      Gejala seperti itu wajar om,
      namun ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan.
      misalnya burung kurang nyaman, ganguan adanya lb juga bisa berpengaruh
      dalam ternak kacer.asupan pakan terutama EF penting disuplay om.

      Coba om, lakukan cara pertama, kualitas pakan di tingkatkan (kroto , jangkrik)
      Kemudian jauhkan burung lovbird dari kandaeng ternak kacer. Nah, coba cara itu dulu
      selanjutnya nanti silahkan berikan komentar perkembangannya terima kasih

  23. Om mau tanya pejantan kacer sampAi umur berapa tahun tetap produk

    • admin-infoagribisnis

      Sebenarnya secara batasan waktu dalam ternak kacer belum diketahui batasan yang jelas. Tetapi pada prinsipnya kita tetap menjaga dan merawat burung kacer dengan baik sehingga burung tetap sehat dan bisa berproduksi dengan lancar om

  24. Oom. .saya punya sepasang kacer jntan & btina,,saya dapat di hutan pas kacer lagi tdur berdua.. skarag syang mau anuin kacer itu.. apah mau kawin klow didlm sngkar.. krna pun kacer itu masih liar kali..namun sudah mw makn voor..

    • admin-infoagribisnis

      Tetap bisa juga om fadli, biasanya tidak seketika kacer bertelur kembali. Namun burung kacer akan beradaptasi dengan kondisi kandang ternak yang baru terlebih dahulu. Tetapi proses itu akan jauh lebih cepat ketimbang menjodohkan baru. Jika ada hal lainya tentang cara ternak kacer yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar kembali. Terima kasih

  25. Satu lagi,,,Kacer kami sudah dua kali ganti bulu oom..
    Tpi knpa bunyi nya masih kcil kli.. tpi dah lumayan bgus kicouan nya.. apa dya down sma burung poksay , kepodang , murai batu yg ada di samping nya..

    • admin-infoagribisnis

      Itu namanya ngriwik om, hal itu sebenernya wajar saja. Agar kicauanya bisa buka paruh harus dilakukan tritmen yang tepat. Misalnya dengan meningkatkan jumlah penggunaan EF, atau dengan memancing birahi mengunakan betina.
      Namun pada dasarnya hal itu wajar dan tidak ada pengaruh karena ada burung lain. Kalau tidak bisa ditunggu hingga bulu tua burung kacer akan semakin meningkat tingkat birahinya om.

  26. Warga Baru Bos. Slm Kenal…Bos Klu D Pasangain Timur Sm Barat..Anak Y Masuk. Y Mn Ya Bos..Thxs

  27. mas Mau Tanya kalo Mau ternak kacer itu lokasinya yg gimana bising atau sunyi

    • admin-infoagribisnis

      Sebaiknya dalam ternak kacer Anda memilih tempat yang sunyi
      Tujuanya adalah agar burung bisa beradaptasi dengan nyaman
      sehingga tidak merasa terancam, dan dapat berkambangbiak
      dengan tenang.

      Jika Ada hal lainya yang ingin Anda tanyakan silahkan berikan
      komntar Anda kembali. Terima kasih

  28. om aku punya sepasang kacer udah akur,tanda kacer udah mau bertelur gimana om ya????

    • admin-infoagribisnis

      Itu ternak kacer sebelumnya sudah terjadi berapa lama om? Agar kacer cepat bertelur bisa diberikan makanan yang berprotein tinggi.
      Seperti dengan meningkatkan jumlah ef (ekstra fooding) dan berikan cacing 2 x sehari serta ditambah vitamin vitalur. Untuk merangsang
      indungkan kacer lebih cepat birahi, dan bertelur.

  29. om admin warga baru baru mau nanya apakah baik menaruh tempat produksi di bawah pon yg rindang tak terkena sinar matahari

    • admin-infoagribisnis

      Sebenarnya penyinaran, khususnya sinar matahari pada pagi hari sangat diperlukan untuk masuk kedalam kandang ternak,
      Berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara kandang ternak kacer supaya tidak pengap dan lembab. Selain itu ternak kacer
      akan semakin sehat. Bagaimanapun sinar mahari mengandung vitamin D yang baik untuk kulit dan bulu burung kacer Anda.

      Namun jika terpaksa tidak masalah pak tanpa penyinaran. Anda bisa mengganti pencahayaan kandang ternak kacer dengan
      lampu ultra uvi Pak.

      Jika Ada hal lain yang ingin didiskusikan terkait ternak kacer, silahkan berikan komentar Anda kembali. Terima kasih

  30. mas mau tanyak, saya kan mau ternak kacer tapi dalam dua hari sudah sayah gabung kn di dalam penangkaran! burung nya tidak berantem apakah itu tidak jadi masalh?
    dah gitu aja terimakasi

    • admin-infoagribisnis

      Dalam ternak kacer, jika burung saling mapan satu sama lain justru bagus. Apalagi keduanya,jantan dan betinya mau berkicau.
      Jadi intinya hal tersebut tidak jadi masalah om. Tinggal nanti infokan saja perkembanganya dan jangan lupa pakan dan air untuk
      mandi burung selalu tercukupi. Semoga cepat produk.

      Untuk Info lainya tetang cara ternak kacer atau info cari bahan bisa kontak Admin di 08222-6401-457 Terimakasih

      • Om cara mengatasi kacer telor tidak menetas

        • admin-infoagribisnis

          Sebelum Kami menjawabnya mungkin om cipto bisa berikan penjelasan terkait kondisi burung kacer yang diternak. Kedua kondisi kandang ternak dan Ketiga menu makan.
          Karena penyebab telur kacer tidak menatas ada beberapa faktor, dan setiap ternak kacer penyebabnya berbeda satu sama lain. Terima kasih

  31. Mas kalo kc saya ,,kalo di kandang penangkaran kalo malam ko glabakan ,, sambil bunyi ya ,, padahal di tempat gelap

    • admin-infoagribisnis

      Hal itu kadang terjadi karena ada gangguan dari luar. Seperti tikus atau tokek yang membuat burung kacer jadi tidak nyaman.

  32. maf mas mau tanya. burung kacer saya kok belum buat sarang. kalau menurut ciri diatas kacar saya jodoh…. gimana pendapat anda om

    • admin-infoagribisnis

      Baik om Ginanjar, dalam ternak kacer meskipun burung sudah jodoh tidak serta merta burung akan membuat sarang. Biasanya secara naluri alami burung yang akan bertelur akan membangun sarangnya. Nah jika Kacer yang om ginanjar belum membuat sarang. coba dipacu pakan tingkatkan penggunaan ef, agar burung cepat birahi dan terjadi perkawinan. Dan usahakan kandang ternak kacer juga harus nyaman, kadang itu juga menjadi faktor penyebabnya. Demikan pejelasan yang bisa Kami berikan om ginanjar, Semoga ternak kacernya lekas berhasil. Thaks

  33. lam kenal bos…
    saya punya kacer yang ud jodh lama tp blum jg bertelur ..
    minta solusinya…
    uda 3bln dari proses pnjodohannya..

    • admin-infoagribisnis

      Siang om, untuk solusi cara ternak kacer biar cepat bertelur pada dasarnya ada beberapa faktor penyebab yang perlu om ketahui. Pertama kondisi burung, burung kacer yang dijodohkan harus memiliki usia yang mapan, diatas 1 th. Kedua faktor pakan, berikan pakan yang variatif usahakan full EF. Kedua faktor kandang, kandang ternak kacer harus benar2 nyaman, usahakan kondisi kandang dilengkapi dengan pengarian yang bagus, sirkulasi dan pencahayaan kandang juga harus optimal, dan yang terakhir adalah faktor pemilik pengentahuan dan kesabaran serta keuletan dalam ternak kacer penting dimiliki, karena ternak kacer tidak serta merta burung akan lekas produksi. Ada yang cepat dan ada yang lambat. Karena seyogyanya burung kacer adalah burung alam yang notabenya harus beradaptasi terlebih dahulu sehingga burung kacer mau bisa berproduksi didalam kandang ternak. demikian penjelasan yang bisa kami berikan om..

  34. Maaf om admin saya orang baru.pngen tahu peternak kacer di daerah jawa timur,soale rmh saya jawa timur.juga minta no hp atau pin buat konsultasi.trima ksih & mohon maaf sbelume

    • admin-infoagribisnis

      Baik om, coba nanti kami kirimkan info kontak untuk peternak kacer didaerah jatim yang kami rekomendasikan. terima kasih

  35. Mas mohon pencerahan,, untuk didaerah yg udaranya dingin cocok nggak buat ternak burung kacer hitam/murai,,,

    • admin-infoagribisnis

      Cocok sekali itu om, yang penting dalam pembuatan kandang harus diperhatikan khususnya sirkulasi udara dan cahaya matahari pagi upayakan dapat masuk kandang. Karena terkadang pada lingkungan yang dingin kandang menajadi lembab dan memicu tumbuhnya jamur dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan ternak.

  36. malam om.
    aq mw nanya cara mnjodohkn kacer gimana.

    mkcih

  37. Salam kenal om Admin
    Mohon infonya untuk ternak kacer daerah Bandung dan sekitarnya (alamat dan kontak), kebetulan saya ingin belajar.
    Trimakasih

  38. Alhamdulillah…..pelajaran yg sangat berharga……..tks mas
    Salam Susksess….slalu

  39. Saya baru beli kacer jodoh jantan usia3 thn betina2thn, baru 1minggu kok belum ada tanda2 kawin ya ?

  40. Bos sepasang kacer baru saya, jantan3thn betina2thn bqru 1 mnggu kok belum kelihatan kawin ya, kok nyaman2 aja ?

  41. Selamat malam, mohon ijin bertanya. Saya baru saja membeli burung kacer sepasang untuk saya ternak, usia jantan 3 tahun dan betina2thn, sudah satu minggu ditempat baru kok belum kelihatan kawin ya, kok masih berdua tenang tenangan

  42. Mohon petunjuk.. kenapa anakan yang baru netes di buang oleh induknya?faktor apa saja yg jadi penyebabnya n apa solusinya.. makasih mas..

    • admin-infoagribisnis

      Baik Om Ari

      Untuk penyebab kenapa anakan dibuang oleh induk ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya
      1. Induk yang mudah birahi, hal tersbut membuat pejantan memaksa untuk membuang anakan supaya betina induk siap untuk dikawini kembali om
      2. Faktor pakan yang merangsang pejantan atau betina membuat naik birahinya
      3. faktor karakter induk yang kurang bagus dalam merawat anak
      4. faktor induk yang terlalu muda atau baru awalan menetaskan anakan sehingga belum lihay dalam merawat anakannya
      5. faktor luar seperti adanya burung lain yang figther yang bisa memancing jantan naik birahi untuk melawan sehingga anakan bisa menjadi korbanya
      6. faktor lingkungan kandang yang kurang nyaman, sehingga membuat induk menjadi agresif dan efeknya anakan dibuang

      Dari ke 6 penyebab diatas, solusinya memang tidak mudah, terkadang umumnya peternak mengambil anakan dengan menyapih di usia muda 5-10 hari anakan diangkat untuk menghindari hal tersebut. Atau cara kedua dengan treatmen seperti membuat lingkungan kandang nyaman, memberikan pakan seperti cacing agar sedikit bisa meredam birahi, menyeterilkan lokasi ternak dari burung kacer lainya. Dan yang paling penting sebenarnya adalah pemilihan induk yang bagus dengan karakter yang baik untuk dijadikan indukan om. Jika ada hal lainya yang ingin ditanyakan monggo komentar lagi om…

  43. bang nanya sedikit
    saya baru beli 1 jodoh kacer jenis lokal
    riwayat sang pemilik indukan dulu sudah bertelur 2x sampai anakan menjadi besar semua
    tp riwayat terakhir indukan ini katanya telornya terlalu besar dan cenderung bnyak diam dan kurang agresif katanya
    tp selama 5 bulan ini yg saya pelihara indukan betina lebih lincah dan lebih aktif sering bunyi
    dan belum saya campur jadi satu dengan indukan jantan karena posisi mabung
    menurut anda bang
    kacer seperti ini apa masih bisa bertelur lagi

Ternak Kacer - Pelajari 6 Tips Cara Ternak Burung Kacer ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ternak Kacer - Pelajari 6 Tips Cara Ternak Burung Kacer ini