Halaman Depan / Pertanian / Ini Dia Manfaat Buah Sukun : Penggati Nasi Di Saat Diet !!!

Ini Dia Manfaat Buah Sukun : Penggati Nasi Di Saat Diet !!!

gambar manfaat buah sukun image
gambar manfaat buah sukun

Apakah Anda tahu yang namanya buah sukun? Buah yang bernama ilmiah artocarpus altilis yang masuk dalam keluarga murbey ini biasanya sering Anda jumpai. Biasanya manfaat buah sukun hanya untuk di goreng maupun dibuat keripik. Memang teksturnya yang lembut namun gurih tersebut, membuat buah sukun sangat cocok untuk dibuat keripik sukun.

Manfaat buah sukun sendiri ternyata memliki banyak khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena buah sukun memiliki berbagai kandungan mineral penting, yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Buah sukun banyak terdapat di daerah Pasifik bagian selatan, namun sebenarnya asal mula buah sukun berawal dari daerah Polynesia, lalu seiring berjalannya waktu menyebar ke berbagai wilayah seperti Malaysia, Srilanka, hingga Indonesia.

Satu pohon sukun, dalam setiap masa panen dapat menghasilkan buah sukun bervariasi, namun umumnya hasil buahnya berkisar antara 150 hingga 200 buah sukun setiap pohonnya. Beberapa kerabat pohon sukun antara lain pohon nangka dan juga pohon cempedak ( family moaceae ).

Pada umumnya pohon sukun berbatang besar dan lurus, ketinggian pohon sukun bahkan dapat mencapai ketinggian 30 meter. Daun buah sukun besar dan bersusun saling silang dengan lebar 20 hingga 40 cm. bertulang daun menyirip dan berwarna hijau tua mengkilap.

gambar pohon sukun -  manfaat buah sukun image
gambar pohon sukun – manfaat buah sukun

Cabang – cabang dari pohon sukun berbentuk mendatar dan mengandung getah putih di semua bagian pohonnya. Dari batang, daun, buah, hingga akar pohon sukun kesemuanya mengandung getah putih, getah putih tersebut dapat Anda jumpai apabila Anda melukaiatau menggores pohon sukun dengan benda tajam.

Manfaat buah sukun bagi sebagian masyarakat sekitar digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan karbohidrat tubuh. Mengkonsumsi buah yang tidak mengandung biji ini memang menimbulkan efek kenyang setara dengan apabila Anda mengkonsumsi ubi rambat maupun kentang rebus.

Di beberapa daerah tertentu, manfaat buah sukun justru dikonsumsi dengan cara, di iris – iris tipis kemudian dijemur hingga kering dibawah terik matahari. Setelah itu baru digoreng, dijadikan keripik sukun. Manfaat buah sukun ini sebagai makanan ringan.

Manfaat buah sukun di daerah kepulauan pasifik, bahkan lebih unik lagi. Di daerah tersebut apabila panen buah sukun melimpah dan melebihi kuota, maka masyarakat setempat akan memendamnya didalam tanah  hingga berubah menjadi pasta yang sangat lezat.

Didalam setiap buah sukun, terdapat berbagai macam kandungan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, niacin, thiamin, folatex, pyridoxine, riboflavin, Vitamin A, vitamin, C, vitamin E, vitamin K, kalium, kalsium, tembaga, sodium, besi, mangan, magnesium, seng , selenium, fosfor, hingga karoten dan juga lutein zeaxantine.

Dengan kandungan mineral yang sangat banyak tersebut, memang tak salah jika manfaat buah sukun cukup baik, untuk memenuhi kebutuhan gizi, yang diperlukan oleh tubuh Anda tentunya. Beberapa manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh Anda diantaranya adalah :

gambar  manfaat buah sukun image
gambar manfaat buah sukun

1. Kaya Akan Serat atau Fiber

Manfaat buah sukun yang pertama adalah makanan bergizi dan anti residu saat diet. Bagi Anda yang sedang terapi diet menguruskan berat badan, maka mengkonsumsi buah sukun merupakan salah satu keputusan yang tepat.

Kandungan serat yang cukup banyak dalam buah sukun dapat membantu melancarkan saluran pencernaan Anda, terlebih manfaat buah sukun ini memiliki kandungan cukup banyak dan dapat memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh Anda.

Jika Anda sedang menjalani program diet khusus untuk mengurangi berat badan, coba manfaat buah sukun, untuk membantu memperlancar prgram diet, tanpa kawatir resiko lapar.

2. Sumber Tenaga Pengganti Nasi

Di beberapa daerah yang memiliki kendala maupun kesulitan mendapatkan beras sebagai bahan pokok pembuat nasi, dapat mengalihkan kebutuhan karbohidrat untuk sumber tenaga Anda dengan mengkonsumsi buah sukun. Mengkonsumsi satu buah sukun dengan ukuran sedang kandungan kalorinya setara dengan Anda mengkonsumsi sepiring nasi putih.

3. Kaya akan Omega 3 dan juga Omega 6

Apabila Anda memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, alangkah baiknya untuk mengajarkan anak Anda agar mengkonsumsi buah sukun. Manfaat buah sukun dengan kandungan asam omega 3 dan juga omega 6 nya sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak Anda agar semakin cerdas.

4. Menyembuhkan Susah Buang Air Besar

Manfaat buah sukun lainnya adalah dapat memperlancar buang air besar Anda. hal ini disebabkan karena kandunga serat yang cukup banyak dalam buah sukun. Kekurangan serat di dalam tubuh dapat berakibat susahnya buang air besar hingga berbagai masalah pencernaan lainnya.

5. Mempercantik Kulit Anda

Manfaat buah sukun yang tidak kalah penting apabila Anda mengkonsumsinya dengan rutin adalah dapat mempercantik dan menghaluskan kulit Anda. dengan kandungan omega 3, omega 6, hingga vitamin E yang terdapat dalam buah sukun mampu membantu meregenerasi sel kulit mati yang rusak untuk diganti dengan jaringan sel baru sehingga kulit terlihat bersih bersinar.

6. Sebagai Antioksidan Alami

Manfaat buah sukun selanjutnya dan tidak kalah utama adalah sebagai antioksidan sekaligus melawan bebrbagai macam radikal bebas yang berbahaya yang dapat menyebabkan berkembangnya sel kanker yang berbahaya. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah sukun yang mampu bertugas sebagai antioksidan alami tubuh Anda.

gambar  manfaat buah sukun image
gambar manfaat buah sukun

Dengan manfaat buah sukun yang cukup banyak tersebut, maka tidak ada salahnya kan jika Anda dan keluarga sajikan hidangan buah sukun, dengan digoreng seperti Anda menggoreng pisang goreng maupun diiris tipis untuk dijadikan keripik sukun sebagai camilan. Selamat menikmati camilan sehat yaitu keripik sukun buatan Anda !!!

Tentang Aditya Permadi

Cek Artikel Ini Juga :

gambar cara menanam sayuran hidroponik 3 metode praktis image

Ini Lah Logika Dasar Cara Bertanam Hidroponik Yang Wajib Anda Tahu

Hidroponik dalam bahasa inggris disebut juga hydroponic. Hydro yang berarti air dan ponic berarti tenaga. …

Ini Dia Manfaat Buah Sukun : Penggati Nasi Di Saat Diet !!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Manfaat Buah Sukun : Penggati Nasi Di Saat Diet !!!