Halaman Depan / Perkebunan / Mengupas Rahasia Dibalik Manfaat Buah Mahoni ?

Mengupas Rahasia Dibalik Manfaat Buah Mahoni ?

gambar manfaat buah mahoni image
gambar manfaat buah mahoni

Pada waktu kecil dulu, ingatkah Anda dengan mainan baling – baling yang terbuat dari buah mahoni? Namanya anak kecil, cukup dengan melempar buah mahoni keatas, maka turunnya seperti baling – baling helikopter dan itu sudah cukup membuat hati senang.

Namun, manfaat buah mahoni tidak hanya untuk permainan baling – baling saja, berbagai macam kandungan yang dimilikinya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang Anda derita.

Beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah mahoni, yaitu penyakit darah tinggi, diabetes mellitus, berkurangnya nafsu makan, pencegah saluran darah yang tersumbat, menghilangkan kolesterol, serta mempercepat terhentinya pendarahan.

Manfaat buah mahoni yang begitu banyak membuat manyarakat negeri jiran Malaysia menganggap buah mahoni sebagai “sky fruit” atau buah dari langit. Maksudnya adalah karena manfaat buah mahoni yang begitu banyak membuat masyarakat Malaysia menyebut buah tersebut memang berasal dari langit.

Berikut gambar manfaat buah mahoni yang masih muda:

gambar manfaat buah mahoni yang masih muda image
gambar manfaat buah mahoni yang masih muda

Di kalangan masyarakat Indonesia sendiri, manfaat buah mahoni hanya digunakan sebatas untuk “menyapih” bayi yang sudah berumur 2 tahun, tapi masih saja menyusui ibunya. Biasanya sang ibu mengoleskan biji buah mahoni di putting si ibu, agar anak tidak mau lagi menyusui, Karena memang rasa bijinya yang pahit membuat si anak tidak mau lagi mencicipi ASI.

Khasiat biji mahoni juga dapat digunakan dalam dunia peternakan sebagai penambah nafsu makan hewan ternak. Biasanya para peternak mencampurkan biji buah mahoni tersebut dengan minuman ternak, untuk menjaga nafsu makan ternak agar lahap dan cepat gemuk untuk segera dipanen dagingnya.

Jadi manfaat biji mahoni tersebut dapat membatu mempercepat pengemukan pada ternak. baik itu ternak sapi, kambing, atau kerbau.

Inilah Kandung Manfaat Buah Mahoni

Berikut beberapa kandungan yang dimiliki oleh buah mahoni yang membuat manfaat buah mahoni sangat bagus untuk kesehatan :

1. Kandungan Flavonoid

Di dalam setiap buah mahoni terdapat senyawa aktif yang bernama flavonoid, dimana senyawa tersebut memiliki khasiat penting untuk mlancarkan peredaran pembuluh darah Anda, sehingga menghindari gangguan penyumbatan pada pembuluh darah.

Senyawa flavonoid juga bermaanfaat sebagai peluruh lemak yang tertimbun di dalam pembuluh darah serta mengontrol kadar kolesterol di dalam darah Anda sehingga tentu saja hal tersebut dapat mengurangi resiko terjadinya gejala gangguan stroke akibat penimbunan kolesterol dalam darah.

Letak manfaat buah mahoni dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini :

gambar manfaat buah mahoni image
gambar manfaat buah mahoni
gambar manfaat buah mahoni image
gambar manfaat buah mahoni

Manfaat buah mahoni dengan flavonoidnya pula dapat membantu mengurangi rasa sakit serta mempercepat terhentinya pendarahan pada luka luar Anda. disamping itu flavonoid dapat berfungsi sebagai antioksidan alami sebagai penangkal zat radikal bebas yang berbahaya sebagai penyebab berkembangnya sel kanker di dalam tubuh Anda.

2. Kandungan Saponin

Manfaat buah mahoni yang tidak kalah penting dikarenakan buah mahoni terdapat zat yang bernama Saponin, dimana fungsi dari zat tersebut diantaranya dapat membantu mengurangi kadar lemaak di dalam tubuh, serta merangsang pembentukan hormone insulin yang diperlukan tubuh untuk mengontrol produksi gula di dalam darah Anda.

Saponin juga terbukti mampu memperkuat dan mengontrol kerja fungsi hati sebagai penawar racun di dalam tubuh Anda, membantu memperlambat darah yang membeku, serta sebagai peningkat system kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah terserang bakteri maupun virus pembawa penyakit.

Di China sendiri, manfaat buah mahoni banyak digunakan sejak zaman dahulu kala oleh para tabib di negeri bambu untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti obat penurun demam, penyembuh penyakit kulit yang disebabkan jamur serta sebagai obat penurun hipertensi atau darah tinggi.

Para tabib di China zaman dahulu membuat obat dari biji buah mahoni dengan cara mengeringkannya dibawah terik matahari hingga benar – benar kering, lalu menghaluskannya hingga lembut atau berbentuk seperti serbuk. Nah serbuk itulah nantinya sebagai puyer dan ditambahkan air pada saat hendak dikonsumsi oleh penderita.

Manfaat buah mahoni juga diketahui karena mampu berperan sebagai astringent dimana kandungan buah mahoni dapat mengendapkan protein pada dinding usus sehingga menghambat asupan glukosa yang terlalu berlebihan oleh usus Anda.

Sebuah penelitian dari NIHRD yang diuji coba pada hewan bahkan menyimpulkan bahwa manfaat buah mahoni dengan kandungan pentingnya mampu secara signifikan menurunkan kadar glukosa di dalam darah sehingga dapat digunakan sebagai terapi bagi penderita diabetes mellitus atau kencing manis.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat buah mahoni untuk kesehatan, karena rasanya pahit, Anda dapat mengakalinya dengan cara dibuat serbuk seperti orang tiongkok pada zaman dahulu kala.

Ambil buah mahoni beserta bijinya, cuci hingga bersih kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai benar – benar kering. Setelah kering segera dihaluskan dengan cara digiling hingga menjadi serbuk. Simpanlah serbuk mahoni tersebut sebagai jamu seduh apabila suatu saat terdapat keluarga Anda yang sakit.

gambar manfaat buah mahoni di dunia kedokteran image
gambar manfaat buah mahoni di dunia kedokteran

Sebagai contoh untuk membantu mengobati hipertensi, dosis yang dianjurkan adalah ½ sendok teh serbu mahoni dan larutkan pada segelas air hangat, tambahkan madu sesuai selera kemudian minumkan rutin kepada penderita dua hari sekali hingga tekanan darahnya normal.

Untuk penderita diabetes mellitus, larutkan serbuk mahoni pada segelas air hangat dengan dosis 1 sendok teh, aduk hingga rata, tambahkan madu 1 sendok makan dan diminumkan 30 menit sebelum penderita hendak makan.

Demikianlah manfaat buah mahoni yang sangat banyak, maka tidak ada salahnya jika Anda memiliki simpanan serbuk mahoni tersebut untuk dapat digunakan sewaktu – waktu. Apabila ada anggota keluarga Anda yang sakit, maka tidak ada salahnya Anda mencoba Manfaat buah mahoni ini.

Artikel dimuat dari berbagai sumber.

Jika ada saran atau pertanyaan tentang Artikel manfaat buah mahoni? Berikan komentar Anda dibawah, masukan Anda sangat berarti bagi kami. Terima kasih

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam srikaya

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang …

2 komentar

  1. Yth bp. Aditya Permadi

    Terima kasih info manfaat biji Mahoni
    Bila tdk keberatan mohon info u/penderita diabetes militus krn sy terkena gejala stroke penyumbatan darah di otak
    1. Kalau 1 sendok teh sama dengan brp gram, karena mau sy masukkan dlm kapsul hindari pahit
    2. Sehari brp kali minumx
    3. Biji mahoni hanya untuk mengatasi atau menyembuhkan diabet
    4. Terima kasih.

    boedi. 081808967377
    boedionogondo@gmail. com

Mengupas Rahasia Dibalik Manfaat Buah Mahoni ?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengupas Rahasia Dibalik Manfaat Buah Mahoni ?