Halaman Depan / Pertanian / Manis dan Berkhasiat, Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng

Manis dan Berkhasiat, Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng

gambar manfaat buah kelengkeng image
gambar manfaat buah kelengkeng

Satu lagi kekayaan alam Indonesia yang sangat beragam dan dapat menjadikan masyarakatnya semakin bersyukur adalah buah kelengkeng. Manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan berbanding lurus dengan rasanya, yang sangat manis dan nikmat.

Buah kelengkeng atau lengkeng (beberapa daerah menyebutnya buah mata kucing, karena bentuknya yang kecil bulat seperti mata kucing ) pada awalnya memiliki habitat di wilayah Asia Tenggara dan kini penyebarannya sudah hampir di semua wilayah tropis dan sub tropis di dunia.

Bentuknya yang bulat kecil sebesar kelereng, dengan kulit tipis berwarna coklat muda dan biji buah yang sangat keras dan berwarna hitam membuat buah kelengkeng yang memiliki nama latin Dimocarpus logan ini sangat mudah dikenali.

Jika Anda menumbuk biji buah kelengkeng yang keras kehitaman itu maka, akan terlihat daging bijinya yang sesungguhnya berwarna putih, dimana di dalam daging biji buah kelengkeng tersebut mengandung karbohidrat dan juga senyawa saponin, yang sangat baik bagi tubuh Anda.

gambar manfaat buah kelengkeng dan pohon klengkeng image
gambar manfaat buah kelengkeng dan pohon klengkeng

Tinggi pohon klengkeng bervariasi, namun dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 meter. Kelengkeng pada awalnya adalah salah satu jenis tanaman berkelamin tunggal dimana setiap pohon kelengkeng hanya memiliki satu jenis kelamin.

Oleh sebab itu janganlah heran jika Anda kerap menemukan pohon kelengkeng yang sama sekali tidak berbuah, itu berarti pohon klengkeng tersebut berkelamin laki – laki. Namun seiring perkembangan teknologi perkawinan rekayasa pada tanaman, kini budidaya kelengkeng dapat diupayakan, agar semua pohon dapat berbuah dengan baik.

Manfaat buah kelengkeng sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Dimana pada buah kelengkeng mengandung berbagai macam Vitamin diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, Vitamin B1, Vitamin B2, hingga Vitamin B3 yang sangat dibutuhkan tubuh Anda.

Beragam mineral dan senyawa banyak terdapat pada buaha ini, sehingga manfaat buah kelengkeng baik bagi tubuh Anda tentunya. Senyawa – senyawa baik tersebut diantaranya adalah Kalsium, Mangan, Kalium, Magnesium, Fosfor, Seng, Asam Tartik, Zat Besi, glukosa, protein, lemak, bahkan sukrosa semuanya ada di dalam buah kelengkeng.

gambar manfaat buah kelengkeng image
gambar manfaat buah kelengkeng

Berikut adalah beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh anda :

  1. Mengobati Amnesia, Disfungsi Mental, dan Rasa Cemas

Manfaat buah kelengkeng, yaitu kombinasi senyawa fitokimia yang dimilikinya diketahui mampu mengendurkan saraf dan memperbaiki system kerja safat Anda. Oleh sebab itulah kelengkeng ampuh untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, yang berkaitan dengan saraf seperti amnesia ( lupa ingatan ), disfungsi mental, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat buah kelengkeng tersebut, dapat dilakukan dengan cara mendidihkan 500 gr buah kelengkeng. Dicampur dengan 500gr gula pasir dalam air 500 cc hingga mengental. Konsumsilah secara rutin ramuan tersebut dengan dosis 1 hari 1 sendok setiap pagi atau sebelum tidur.

  1. Mempercepat Pemulihan Pasca Sakit

Jika Anda terasa lemas lunglai setelah sakit, cobalah mengkonsumsi 4 buah kelengkeng setiap hari untuk mempercepat proses pemulihan pasca sakit. Manfaat buah kelengkeng dapat memperkuat Limpa serta meningkatkan produksi eritrosit dalam darah, dimana hal tersebut sangat diperlukan bagi Anda setelah sakit.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Jika anak Anda memiliki nafsu makan yang kurang, tidak perlu khawatir. Berikan anak Anda buah kelengkeng segar saja. Untuk mengembalikan kembali nafsu makan, yang menurun pada Anak Anda. Berikan 2 buah kelengkeng pada Anak Anda setiap hari hingga Manfaat buah kelengkeng dapat meningkatkan nafsu makannya.

  1. Mengobati Kulit Gatal dan Kaki Bernanah

Manfaat klengkeng lainya adalah mengatasi iritasi kulit, gatal – gatal hingga bernanah. Manfaat buah kelengkeng dapat mengatasi hal tersebut. Caranya panggang beberapa biji buah kelengkeng diatas bara api. Kemudian ditumbuk hingga halus. Taburkan pada kulit Anda yang mengalami iritasi.

  1. Manfaat Buah Kelengkeng bagi Ibu Hamil

Buah kelengkeng juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai kandungan vitamin dan mineralnya, mampu secara signifikan mengenbalikan daya tahan tubuh pada ibu hamil. Sehingga manfaat buah kelengkeng ini dapat menjaga kondisi ibu hamil tersebut selalu sehat bugar, tidak terlihat lemas tak bertenaga.

  1. Manfaat Buah  Kelengkeng Menyembuhkan Luka Bakar

Untuk Anda yang mengalami luka bakar dan susah untuk sembuh. Jangan berkecil hati, ambillah beberapa kulit Buah kelengkeng kemudian dibakar hingga menjadi arang. Setelah itu tumbuklah arang kulit kelengkeng tersebut hingga halus dan segera tempelkan pada bagian yang mengalami luka bakar.

  1. Menghentikan Pendarahan Akibat Luka Gores

Pernahkah tangan Anda terluka tergores pisau dan jauh dari klinik atau puskesmas? Tumbuk saja biji buah kelengkeng kemudian taburkan pada tangan yang terluka.

Senyawa Saponin yang terkandung dalam biji buah kelengkeng sangat ampuh untuk menghentikan pendarahan akibat luka gores, maupun luka luar lainnya.

Itulah tadi sekilas artikel singkat yang membahas tentang beberapa manfaat buah kelengkeng, yang Kami sajikan dari berbagai sumber.

gambar manfaat buah kelengkeng image
gambar manfaat buah kelengkeng

Selain manfaat buah kelengkeng, baca di halaman selanjutnya :

Selengkapnya di www.infoagribisnis.com

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

menanam anggur dalam pot

Langkah Mudah Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di sini

Tanaman anggur selain dapat Anda tanam pada kebun juga dapat Anda tanam di dalam pot. …

Manis dan Berkhasiat, Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manis dan Berkhasiat, Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng