Halaman Depan / Pertanian / Jahe / Cara Menanam Jahe Merah : Metode Vertikultur & Polybag

Cara Menanam Jahe Merah : Metode Vertikultur & Polybag

gambar cara menanam jahe merah image
gambar cara menanam jahe merah

Cara menanam jahe merah umumnya di lakukan pada lahan kebun atau tegalan. Kali ini kami akan mengupas cara menanam jahe merah dengan media media karung, polybag,  dengan mengabungkan teknik vertikultur.

Hal ini cukup selaras dengan keadaan para petani saat ini, yang memang tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam jahe merah di lahan. Cara menanam jahe merah yang efisien, praktis, dan hemat tempat.

Cara menanam jahe merah dengan cara vertikultur harus diawali dengan pembuatan rak bertingkat untuk menyusun media tanam, supaya tidak memakan banyak tempat. Kemudian Anda juga harus menyiapkan media lainnya seperti karung bekas atau polibag, fungsinya sebagai media tanam. Cara menanam jahe merah dengan media karung/polybag memiliki berbagai keuntungan diantaranya :

  • Penggunaan lahan dan juga air jauh lebih hemat daripada bertani konvensional.
  • Media tanam dapat disesuaikan dengan barang yang ada, diantaranya karung bekas, pot, bahkan polybag.
  • Lebih mudah dalam pemeliharaan.
  • Hasil panen lebih banyak, bahkan jika lebih rajin dan tekun, efiensi hasil panen dapat mecapai 80% dibandingkan cara konvensional.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menanam jahe merah, kami akan membagikan ilmunya dalam cara budidaya jahe merah menggunakan media polybag atau karung sebagai berikut :

1. Persiapan Media tanam

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara menanam jahe merah adalah menentukan media apa yang akan Anda pakai. Cara menanam jahe merah bisa dengan polybag, namun hal ini tergantung dari ketersediaan barang yang Anda punya, untuk lebih mengefisiensi biaya budidaya. Anda juga dapat memanfaatkan karung bekas yang banyak terdapat di sekitar Anda.

Setelah itu, barulah langkah selanjutnya adalah mengisi polybag atau karung tersebut dengan media tanam yang terdiri dari tanah, pasir dan juga pupuk organik dengan komposisi 1 : 1 : 1.

Untuk pupuk sendiri sebaiknya gunakan pupuk organik yaitu pupuk kandang yang sudah difermentasikan agar lebih mudah terserap oleh media tanam di dalam karung, dan sebagai pemenuhan kandungan unsur hara yang diperlukan benih jahe merah nantinya.

Seperti halnya budidaya jahe gajah yang sudah kami bahas pada Artikel sebelumnya, jika lahan terlalu asam. Maka sebaiknya di tambahkan kapur pertanian, supaya PH tanah menjadi netral. Selengkapnya disini

2. Bibit Jahe Merah

Setelah media tanam siap, langkah berikutnya dalam cara menanam jahe merah adalah mencari bibit unggulan agar hasil panen nantinya jauh lebih maksimal. Ciri – ciri bibit yang baik adalah berumur tua, bebas dari berbagai macam penyakit, berwarna cerah serta tidak ada luka.

Setelah bibit ungguan jahe merah didapat, selanjutnya adalah merendam bibit jahe merah tersebut di dalam larutan fungisida selama 15 menit. Hal ini bertujuan agar bibit jahe merah Anda terbebas dari berbagai penyakit akibat jamur maupun gangguan bakteri jahat lainnya penyebab kebusukan.

Cara menanam jahe merah selanjutnya adalah menyemai bibit tersebut di daerah yang lembab serta dijauhkan dari sinar matahari langsung. Anda dapat menaruhnya didalam gudang dengan diberi alas jerami. Letakkan bibit jahe merah di atas jerami tersebut kemudian tutup kembali dengan jerami ataupun alang – alang.

Pada saat tahap penyemaian, bibit perlu dikontrol setiap hari agar kelembaban bibit jahe merah tetap terjaga. Atau jika bibit terlalu kering, Anda dapat menyiraminya sedikit demi sedikit hingga kembali lembab. Biasanyanya tunas baru akan tumbuh setelah usia semai mencapai umur 2 minggu, dan setelah tunas keluar, pertanda bibit jahe merah sudah siap untuk dipindahkan.

3. Teknik Cara Menanam jahe Merah

Cara menanam jahe merah setelah bibit mengeluarkan tunasnya, Anda dapat langsung memindahkannya kedalam media tanam yang sudah Anda persiapkan tadi.

Kemudian tancapkan 3 hingga 5 rimpang pada media tanam karung. Cara menanam jahe merah yang memperhatikan posisi tunas. Dimana cara menanam jahe merah ini diletakan dalam posisi berdiri, dengan mata tunas diatas. Setelah itu uruk dengan tanah sedikit saja (3-5 cm) atau tutup dengan media jerami kering dengan ketebalan yang sama.

Siramilah bibit tersebut dengan air secukupnya, dan tempatkan di daerah yang tidak terkena sinar matahari langsung, hingga tunas mulai tumbuh menjadi daun,  karena tunas muda dapat menguning, akibat paparan sinar matahari.

Di bawah ini gambar cara menanam jahe merah dengan media karung dan polybag

gambar cara menanam jahe merah media polybag image
gambar cara menanam jahe merah media polybag
gambar cara menanam jahe merah media karung image
gambar cara menanam jahe merah media karung

4. Pemeliharaan Jahe Merah

Cara menanam jahe merah juga tidak lepas dari tahap pemeliharaan. Diantaranya adalah rutin menyirami bibit jahe yang masih baru tersebut setiap hari ( terlebih jika musim kemarau ) untuk menjaga kelembaban tanaman jahe merah tersebut. Penyiraman rutin setiap sore hari Anda lakukan hingga usia tanaman mencapai  0 – 3 bulan.

Penyiangan juga penting dilakukan terlebih sebelum tanaman jahe merah menginjak usia 4 bulan. Penyiangan bertujuan untuk menghilangkan gulma pengganggu yang dapat menyedot kandungan unsure hara tanah yang seharusnya hanya untuk tanaman jahe merah Anda.

Selanjutnya cara menanam jahe merah juga perlu dilakukan pemupukan susulan agar kandungan unsure hara dalam tanah tetap terjaga. Berikan pupuk susulan dengan menggunakan pupuk organik pada usia tanam 2 bulan dengan dosis kurang lebih 1/5 dari kapasitas media tanam karung tersebut. Untuk hasil terbaik, lakukan pemupukan sebanyak 3 kali hingga sebelum panen tiba.

5. Cara Panen Jahe Merah

Setelah masa tanam berumur 10 – 12 bulan, biasanya jahe merah sudah dapat dipanen. Namun untuk hasil terbaik, tunggulah hingga tanaman jahe merah berumur genap satu tahun, agar tanaman jahe merah Anda ketika di panen dalam keadaan benar – benar sudah tua, dan tentu saja agar rimpang jahe merah bertambah berat.

Cara panen jahe merah dengan media polybag/karung sangatlah mudah, Anda tinggal menyobek polybag/karung tersebut, ambil rimpang jahe merah tersebut kemudian dibilas dengan air hingga bersih. Setelah itu di angin-anginkan atau dijemur dan siap untuk dipasarkan atau dikonsumsi.

Demikianlah beberapa tips tentang cara menanam jahe merah dengan media karung atau polybag yang sangat praktis. Cara menanam jahe merah dengan cara ini, umumnya hasil panen satu  karung, dapat me hasilkan rimpang jahe merah hingga 2- 5 kg. Wah tentunya itu hasil panen yang sangat menggiurkan.

Bagaimana ? Anda tertarik untuk mencobanya ???

Untuk tahu lebih jelasnya jika ada yang kurang dipahami tentang cara menanam jahe merah, silahkan berikan komentar Anda. Terima Kasih

Sumber gambar : jaheasa.com

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman lada perdu

Sukses Pembibitan Tanaman Lada Perdu Tingkat Keberhasilan 80%

Kisah sukses pembibitan tanaman lada perdu ini berasal dari Banyumas Jawa Tengah. Nasrul Majid adalah …

83 komentar

  1. pake kompos kotoran ayam banyak sieur (guram) bagaimana menghilangkan sieurnya di kompos itu

    • Iya terimaksih sebelumnya telah berkunjung.

      Penggunaan pupuk kompos dari kotoran ayam/ sapi/kerbau/kambing.
      Pada prinsipnya harus memperhatikan kematangan pupuk kompos tersebut,
      (kotoran yang terurai dan tidak berbau).
      untuk menghilangkan guram cukup tambahkan Zat pengurai, untuk merangsang
      kematangan pupuk kompos. Saat pupuk sudah siap barulah digunakan. trims
      tambahkan zat pengurai

  2. Mau tanya mas. Jarak antar karung yang optimal berapa ya mas.tq

    • Iya Baik mas Eko.

      Untuk jarak antar karung menyesuiakan saja. Berdekatan tidak masalah.
      yang terpenting, ada jarak yang bisa Anda lewati, untuk melakukan perawatan

      Terima kasih

      • Tahan jahe ditanah bekas sawah bisa tdk.terimakasih.

        • admin-infoagribisnis

          Sangat bisa sekali pak, Justru itu sangat bagus, karena lahan terbuka dan kondisi tanah sudah gembur. sehingga jika proses budidaya jahe dilakukan dengan baik maka hasil budidaya jahe dapat optimal.

    • Mas klo untuk 1 kg bibit bisa jadi berapa media tanam?

      • admin-infoagribisnis

        Baik Pak.
        Untuk 1 kg bibit umumnya bisa menjadi 30 bibit.
        sebaiknya cara menanam jahe dalam proses pembibitan
        mengunakan 2-3 mata tunas pak.

        Jika ada hal lainya silahkan berikan komentar Anda kembali. terima Kasih

  3. Saya tanam jahe merah dengan cara membuat petak dari batako dan saya isi dengan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk,ada teman menyampai kan untuk menimbun tanaman jahe tersebut per 2 bulan.Apakah dengan cara begitu bisa mendapat kan hasil yang kita ingin kan.terimah kasih

    Salam
    Myd

    • Terima Kasih Sebelumnya Pak Maryadi

      Perlakuan dengan menimbun atau menambahkan tanah
      memiliki tujuan untuk menambah unsur hara yang
      dibutuhkan olah tanaman jahe yang sudah diserap
      oleh tanaman untuk pembesaran rimpang

      Nah, Jadi yang perlu Anda ketahui dalam budidaya jahe merah
      dalam proses pemeliharaan ada yang disebut pembubuhan.
      yang bertujuan untuk menutup rimpang yang menjalar keluar.

      Proses pembubuhan serperti hanya penggemburan tanah.
      Jadi pelakuan tersebut baik untuk Anda lakukan, akan tetapi
      harus melihat kondisi tanaman perlu atau tidaknya.
      Karena jika terlalu lembab, pertumbuhan rimpang kurang sempurna
      dan dapat menyebabkan busuk pada rimpang jahe.

      Terima kasih

      • Penimbunan atau menambahkan tanah, apakah tanah yang sudah ada dalam polibag perlu dikurangi atau ditambah saja terus menerus atau bagaimana. Mohon penjelasannya

        • admin-infoagribisnis

          Tindakan penimbunan atau penambahan tanah dilakukan karena menyusutnya usur hara yang ada didalam media tanam karena diserap untuk pembentukan rimpang jahe. Jadi bisanya tanah yang sudah terlalu padat bisa kurangi 1/3-1/2 polybag. Kemudian diganti dengan media tanam yang baru, sehingga unsur hara bisa terpenuhi kembali dan pembentukan rimpang bisa lebih optimal.

  4. mau tanya mas. tanah yang sudah di gunakan untuk nanam jahenya apakah bisa di gunakan untuk nanam lagi atau diganti dengan tanah yang baru. terima kasih.

    • Baik Pak Wawan

      Jadi berdasarkan pengalaman beberapa praktisi dilapangan,
      lahan yang telah digunakan untuk menanam jahe dapat
      Anda gunakan kembali.

      Akan tetapi sebaiknya pola tanam harus di atur mas,
      setelah panen budidaya jahe lahan sebaiknya diganti untuk menanam
      tanaman lainya, seperti jenis kacang-kacangan yang masa panennya cepat’
      dan dapat berfungsi untuk mengembalikan kesuburan tanah.

      Terima kasih Pak Wawan, Jika ada hal lainnya, silahkan berikan komentar kembali.

  5. Kalo beli bibitnya di mana? Saya cari di bogor gak ketemu,kalau pun ada berapa kisaran harganya?

  6. Di atas bpk menjelaskan kalau pupuk organik yg digunakan sebaiknya yg sdh difermentasikan. Jika belum difermentasikan apa resikonya? mhn dijelaskan jg cara fermentasinya.
    Satu lagi, untuk mengetahui kadar keasaman lahan apa bisa dilihat secara fisik atau harus diukur dg alat tertentu? terima kasih sebelumnya.

    • Baik Mas imam. Terimaksih sebelumnya.

      Pengunaan pupuk organik jika masih mentah atau belum
      matang itu cukup beresiko bagi tanaman, karena pada pupuk
      organik yang masih mentah penguraian belum terjadi secara sempurna.
      jika digunakan dapat menyebabkan busuk akar dan penyakit tersebut bisa
      dengan cepat menular ke tanaman lainnya.

      Untuk proses Fermentasi Anda bisa baca tips ini mas Selengkpanya Proses Fermentasi dan Pengomposan

      Untuk mengetahui kadar keasaman, masnya bisa gunakan kertas lakmus/alat ukur kadar asam-basa
      Bisa Anda dapatkan di toko / Kios-kios pertanian terdekat.

      Jika ada penjelasan yang kurang silahkan berikan komentar kembali. Trims

  7. Mas..dimana bisa saya dapatkan bibitnya…sedangkan saya tinggal di indramayu..terus apakah cocok untuk di wilayah indramayu…?

  8. mau tanya mas…boleh ga pupuk organik di gabung dgn pupuk anorganik yg sdh di fermentasi,,pd tanamamn jahe dlm karung…

    • Baik mas ahmad rivai

      Bisa saja mas, yang penting pencampuran media tanam’
      baik tanah, dan pupuk seimbang. Karena jika pencampuranya
      terlalu berlebihan, pertumbuhan tanaman kurang maksimal.

      Misalnya : penggunaan pupuk yang berlebih, dapat menyebabkan
      daun menjadi kuning, akibat usur N terlalu tinggi.

      Jika ada pertanyaan lain, silahkan berikan komentar Anda kembali.

  9. hasil maksimal dan minimal dari tanam jahe merah di karung panennya bisa kena berapa kilo ya mas dalam satu karung kalo di isi 3 rimpang bibit dlam satu karungnya,,,

  10. Selamat siang,

    Mohon informasi alamat yang menjual bibit jahe merah di wilayah jawa barat dimana ya?
    Terma kasih

  11. ass..untuk membeli bibit jahe yang udah umur 1 bulan pesan apa bisa

  12. restu pakar tanaman

    pd usia berapa jahe d tanam ke dlm polybag

    • Aditya Permadi

      Jahe ditamam polybag yaitu pada saat usia bibit siap (gunakan rimpang usia 9-10 bulan).
      rimpang jahe dipotong sisakan 2 mata tunas, celupkan kedalam larutan fungisida, diangin-anginkan.
      setelah itu rimpang bisa langsung ditanam ke media polybag.

      Proses pengecambahan bisa dilakukan secara langsung di polybag.

  13. saya pemula,apa saran anda pak,dimana saya bsa dapat bibitnya,saya di rembang jateng,mksh

    • Aditya Permadi

      Sebelum melakukan budidaya jahe sebaiknya dipahami
      secara mendetail, tahapan-tahannya terlebih dahulu.
      baik
      – Cara pembibitan
      – Cara persiapan lahan
      – Cara penanaman
      – Cara pemeliharaan
      – Cara pememanen
      – Analisis usaha budidaya jahe

      Kami juga menyediakan E-book panduan praktis budidaya jahe
      yang dikupas secara lengkap dan detail.

      Untuk bibit bisa kami bantu pak untuk mencarikanya. terima kasih

      • Mas Pemadi, saya tinggal di Pekalongan. saya butuh secara detail tahapan yang anda maksudkan diatas.Bagaimana caranya saya mendapatkannya.

        Makasih sebelumnya,
        Soesilo Slamet

        • admin-infoagribisnis

          Baik pak Soesilo Slamet, salam kenal. Untuk secara detailnya bagaimana cara menanam jahe merah sudah ada pak, dalam versi ebook cara budidaya jahe. Dalam ebook tersebut sudah saya kupas secara detail bagaimana cara menanam jahe baik pada lahan maupun dengan sistem polybag. bahkan ada 3 jenis varietas yang saya contohkan yaitu janis jahe merah, jahe gajah dan jahe emprit. serta lengkap dengan panduan analisis usahanya dalam 60 halaman. Terima kasih

  14. Assalamualaikum gan, Buat bibit nya kalo gk d semai dulu gimana, langsung d taro d polibag, mohon bantuan nya,,,

    • Waalaikumsalam Nanang.

      Dalam proses pembibitan jahe bisa dilakukan
      dengan menanam secara langsung maupun melalui proses penyemaian.
      Namun jika melalui penyemaian Anda akan lebih bisa mengkontrol pertumbuhan bibit.

      Untuk lebih jelasnya bisa hub. Admin service ditlp./SMS 082226401457
      atau invite PIN BB 550CD03D. Kami menyediakan panduan bagi Anda yang
      ingin belajar melakoni Usaha budidaya jahe.

      Terima kasih atas komentar yang Anda berikan.

  15. pak saya mau tnya..bisakah pasir laut di gunakan untuk cmpuran media tanam..soalny rumahku dkt laut,mksh tuk jwbnnya.?

    • Terimaksih pak.

      Mohon maaf sedikit terlambat kami membalasnya.
      Jadi berdasarkan narasumber kami, terkait penanaman
      jahe dengan media yang ada campuran pasir laut.
      tetap bisa dilakukan.

      Akan tetapi, harus ada penambahan media lain,
      seperti pupuk kandang, sekam, jerami, dan pupuk organik
      agar pertumbuhan rimpang tidak terhambat.

      Kami juga menyediakan modul berupa ebook, yang bisa di download
      via email. Disitu kami membahas secara detail dari metode pesiapan lahan
      (tegalan, kebun, sawah, polybag dan karung), Cara mentukan bibit, proses pengecambahan,
      Hingga proses akhir serta Analisis Usaha untuk estimasi biaya.

      Jika berminat silahkan Hubungi Admin service dilp. 082226401457
      atau invite PIN BB 550CD03D .
      Ebook Vademecume Tanaman Jahe bisa Anda dapatkan di email Anda. Terima kasih

  16. Slmt mlm pak says ingin budidaya jahe me rah mhn in formasi utk mencari bibit krn says ada do kota MLG Jaws Timur. Thks

    • Terimaksih pak,

      Terkiait bibit dan modul (ebook) Vademecume Tanaman Jahe
      Silahkan menghubungi call Admin service di tlp 082226401457
      dan invite PIN BB 550CD03D

      Trims

  17. Klau pakai pupuk dari kotoran cacing tanpa tambahan media lain bisa gak

  18. Mas sy mau tanya penyiangan it apa ?

    • admin-infoagribisnis

      Baik Pur (camps84@ymail.com)

      Penyiangan merupakan pembersihan gulma / tanaman penggangu
      yang tumbuh disekitar tanaman jahe. Misalnya ruput-ruputan
      maupun tanaman yang tidak dikehendaki lainya.

      Dalam budidaya tanaman jahe interval penyiangan perlu dilakukan
      secara intens, karena jika di diamkan akan menghambat pertumbuhan
      tanaman jahe, gulma bisa merebut nutrisi yang seharusnya diperuntukan
      bagi tanaman jahe.

      Untuk lebih jelasnya ada ebook paduan budidaya jahe yang menjelaskan secara jelas teknis
      pemeliharaan tanaman jahe. klik http://www.infoagribisnis.com/cara-menanam-jahe/

      Demikian, yang bisa kami jawab. jika Ada hal lainya yang ingin ditanyakan
      silahkan berikan komentar kembali. Terima Kasih

  19. Trimakasih pak infonya,
    Mau tanya,kalo misal kita mulai tanam pada musim kemarau bagaimana?apakah ada teknik khusus untuk perawatan pada musim kemarau?

    • admin-infoagribisnis

      Baik Pak Hadikusumo.

      Jika penananan jahe dilakukan saat musim kering, berdasarkan informasi dari para praktisi
      dan juga hasil praktek dilapangan. hal tersebut jelas akan mempengaruhi produktifitas
      dalam budidaya jahe. Meskipun tanaman dapat tumbuh dengan baik, tentu bagaimana pun usaha budidaya
      tanaman tidak dapat melawan faktor cuaca atau iklim.

      Nah untuk teknis yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga kelembaban serta melakukan penyiraman
      secara rutin. Pada lahan baiknya ditutup dengan paranet supaya kelembaban udara tetap terjaga.

      Demikian info yang dapat kami sampaikan, Jika ada pertanyaan lainya silahkan berikan komentar kembali.

  20. assalamu alaikum mas, saya sedang mencoba menanam jahe merah dan jahe gajah, tetapi kadang saya jumpai daunya menguning, terus batangnya dan akhirnya busuk, dan ada daun yang belobang lobang bagaimana cara mengatasinya mas.

    apakah untuk memperbanyak rumpunya batang jahenya harus dipangkas atau bagaimana ya mas ? atas bantuan dan penjelasannya saya aturkan terima kasih

  21. kalo tanaman jahe yang sudah berusia 2 bulan apa masih perlu dilakukan pembersihan lahan dari rumput sekitar tanaman jahe?

    trims

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak mujib.

      Pembersihan lahan dari rumput atau gulma (penyiangan). Sebaiknya dilakukan
      secara rutin. Karena pada budidaya jahe tujuannya adalah untuk mengoptimalkan
      pertumbuhan rimpang.

      Maka, nutrisi atau unsur hara pada media tanah harus mampu diserap tanaman dengan baik.
      Jika rumput dibiarkan otomatis terjadi perebutan unsur hara antara tanaman jahe dan
      rumput yang tumbuh disekitaran.

      Jadi kesimpulanya “penyiangan” wajib dilakukan secara rutin.

  22. apakah binatang seperti kambing, lembu dan babi bisa menjadi hama (memakan) jahe? binatang apa saja yang menjadi hama?

    trimakasih jawabannya

  23. selmat mlm.
    mengenai penjualanx bagaimana pak?
    dan apakh bisa di simpan bertahun2?

  24. Malam Mas,,,mau minta info _kl nanam jahe didaerah yg tenggat atau terpapar sinar matahari langsung bisa ngak ,,suwun

    • admin-infoagribisnis

      Hallo mas imam

      Oke kami akan mencoba menjelaskanya untuk mas imam.
      Budidaya jahe pada lahan terbuka dengan penyinaran matahari
      secara penuh dan secara langsung, tidak masalah. Hal tersebut
      lebih baik, ketimbang budidaya jahe yang lahanya ternaungi oleh
      tanaman atau pohon.

      Dari segi hasil produksi rimpang justru akan lebih lebih tinggi,
      ketimbang budidaya jahe yang dilakukan pada lahan yang ternaungi
      pohon. Jadi kesimpulanya, budidaya jahe sangat membutuhkan penyinaran
      matahari secara langsung.

      Demikian, yang bisa kami jawab. Jika ada lainya yang ingin ditanyakan
      silahkan konfirmasi komentar Anda mas imam. Terima Kasih

  25. mau tanya pak, untuk media tanam pasirnya berupa pasir apa? apakah juga butuh kapur pertanian? semisal media tanamnya cukup tanah merah, pupuk kandang dan berambut padi bgm? suwun

  26. tanaman jahe ini rawan penyakit nga ya?
    terima kasih untuk jawabannya

  27. Name (required)

    Apa2 sajakah kegunan jahe Merah itu……………………………..???

  28. BERAPAKAH HARGA PASARAN JAHE MERAH……………….?????????????????

  29. Anton Pranajaya

    Admin yth :
    Saya baru belajar menanam Jahe Merah..
    Tentunya saya masih kurang pengalaman dalam hal tersebut…
    Yang ingin saya tanyakan adalah..
    1. Apakah baik /bagus kalau Pupuk Organik yg saya gunakan menggunakan campuran Merang Padi, Kulit Kopi yg sdh di Fermentasi dan Kotoran Kambing.
    2. Kebetulan Jahe yg saya tanam itu hanya terkena matahari pagi saja (jam 8 sd 12)..sedangkan untuk siang sd sore hari tidak terkena matahari.. apakah bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan Jahe tersebut.
    Untuk para pengunjung, salam kenal dr saya di Lampung.

    Terimakasih.

  30. pak tolong informasikan tentang jahe merah dan Ebook vademecume ke email saya . t kasih

  31. salam super admin…
    D mana saya bisa belajar secara langsung untuk lebih banyak mengetahui tentang budi daya jahe merah karna ini sangat menarik untuk d pelajari yg mana jahe merah sudah tembus sampai pasar eropa dan setelah panen cara pemasarannya bagaimana…..
    Teimaksih admin

  32. maaf mau nanya, untuk menyemainya apa prl d ksh tanah apa cma pkai jerami saja mas, ini msh agak bingung, trus tunas yg sudah siap d tanam d media polybek ukuranya kira2 brapa ya mas? maaf trimaksh sblmnya

  33. thanks gan buat tipsnya.. semoga saya berhasil dengan tips ini

  34. Asalamualaikum.wr.wb, salam sukses,salam sejahtera, saya tertarik sekali untuk menanam jahe dengan polybag, hal yang ingin saya tanyakan adalah , apakah pada proses penyemaian jahe bisa langsung diletakkan dalam polybag? Terimakasih.

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum Salam Pak.

      Baik pak, dalam budidaya jahe ada beberapa langkah penyemaian
      yang dapat bapak lakukan. Pembibitan budidaya jahe pertama dengan
      menyemai terlebih dahulu, keutungan penyemaian itu, memudahkan Anda
      untuk mengontrol pertumbuhan bibit, menyeleksi bibit yang tumbuh dengan baik
      untuk ditanam pada polybag.

      Biasanya cara budidaya jahe akan lebih efektif dengan penyemaian sendiri.

      Untuk cara kedua pembibitan dibarengi secara langsung dengan menanam di polibag.
      namun mememiliki beberapa kelamahan dalam budidaya jahe. Seperti pertumbuhan bibit
      yang tidak seragam, sehingga dapat mempengaruhi hasil panen.

      Saran kami sebaiknya budidaya jahe diawali dengan menyemai bibit terlebih dahulu..

  35. Kompos apakah seperti yang di jual di karung tempat tanaman hias?

    • admin-infoagribisnis

      Iya pak itu salah satunya.

      Untuk pupuk kompos ada dua jenis yaitu 1. berasal dari kotoran hewan 2. berasal dari dedaunan.
      Kedua jenis pupuk kompos ini dapat Anda gunakan untuk budidaya jahe. Terima Kasih

  36. Utk penjualan hasil panen jahe merah gmn mas ya..makasih…

  37. salam Jahe Organik.
    selama ini saya mencoba menanam jahe merah dengan menggunakan polybag. Namun dalam perjalanan waktu daun jahe merah tersebut tidak dapat membuka. sehingga hal mempengaruhi pertumbuhan daun daun muda berikutnya. Yang ingin saya tanya apa penyebab daun jahe tidak mau membuka dan apa solusinya ?
    Terima kasih.

  38. saya mau tanya mas,,,,
    saya bru prtama kli in mau mnanam zahe,,,tp stlh saya tanam hmpir 1 bulan,,trnyata tumbuhnya tidak sma,,bhkn ad yg sudah berdaun 3 tp ad jg yg blm tumbuh…itu gmna solusinya y mas?????? mohon jwbnnya

  39. saya mau tanya mas
    .di daerah kediri apa ada orang yg budidaya jahe merah ,kalau ada saya minta alamat dan nomer yang di hubungi
    ,saya pemula dan mau konsultasi langsung ke lapangan mas biar lbh jelas
    makasih, mhon di balaz

  40. Saya ingin belajar wirausaha khususnya berkebun. Sdh banyak yg saya baca dan pelajari. Referensi dari internet dan buku2. Kiranya sya mohon bantuan untuk bibit sana panduan e-book nya. Untuk menambah pengetahuan. Saya domisili dijambi. Terimakasih.

  41. tanah yg digunakan untuk media kalo tdk tanah merah apa tidak bisa

  42. saya mau tanya kenapa pohon jahe saya setelah 3 bulan daun nya kuning kunig apakah itu hama jika hama obat apa yg harus saya pakai dan gimana caranya dan bisa di beli dimana

  43. Assalamualaikum wr,wb.
    Mau tanya gan,, sy pernah membaca tentang bawang merah dan bawang putih yg bisa di gunakan untuk zat perangsang tumbuh, setelah sy mengaplikasikannya tanaman jahe sy justru malah mati dengan daun menguning, bisa di jelaskan penyebabnya gan,, terimakasih,,

  44. yudistira Natapraja

    assalamualaikum wr.wb
    saya sangat pemula tapi saya sangat tertarik minta infonya dong untuk bibit di daerah lampung. dan cara perawatanya???

  45. Apakah media kebon di bawah pohon jati bisa pak ?
    Mohon penejelasan nya.. terima kasih.

    • admin-infoagribisnis

      Cara menanam jahe merah jika dilakukan dibawah kebon jati tetap bisa dilakukan.
      Namun upayakan penanaman dilakukan dibagian lahan yang tetap terkena sinar matahari.
      Dalam budidaya jahe merah penyinaran matahari cukup penting untuk pembentukan rimpang.
      Pada lahan yang terlalu teduh biasanya tanaman jahe merah tetap bisa tumbuh,
      tetapi hasil kurang maksimal, bisanya pertumbuhan akar menjadi semakin banyak ketimbang
      pembentukan rimpang jahe.

      Jika ada hal lainya yang ingin ditanyakan tentang cara menanam jahe merah, Silahkan Anda berikan komentar kembali. Terima kasih

  46. saya tertarik dengan informasi budidaya tanaman jahe di atas. kami, urban poor consortium (UPC) mendampingi beberapa desa korban lumpur lapindo di porong. para perempuannya berminat membudidayakan tanaman jahe karena ada lahan yang bisa digunakan, juga kemungkinan pasar.

    kami meminta bantuan tenaga narasumber yang bisa melatih para perempuan tersebut untuk budidaya sebagaimana dimaksud.

    terimakasih, saya menunggu kabar lebih lanjut.

    salam,
    wardah hafidz

  47. assalamu alaikum,,mas mw tnya,,penyemprotan pada tanaman jahe merah dlm polybag jenis pestisida apa yg bgus untuk pertumbuhan pada jahe merah 7 HST

  48. 1 polibag bisa menghasilkan 2 sampai 5 kg jahe, adakah pupuk khusus agar rimpang jahe jadi besar ?

    • admin-infoagribisnis

      Cara menanam jahe agar hasilnya maksimal sebenarnya tidak ada pengunaan pupuk khusus. Namun banyak faktor yang perlu Anda perhatikan dalam budidaya jahe ini. Seperti : Pengunaan bibit jahe berkualitas, media tanam, cara menanam jahe dengan teknik yang tepat, pemupupukan, pemeliharaan, dan penanggulangan hama penyakit secara berkala.

  49. saya jual Minuman ktrak jahe Merah.. silakan dicoba & Buktikan sendiri Rasanya..
    085606602252

  50. Salam kenal ,saya dari kalimantan mw tanya kalau tanam jahe merah dalm karung menggunakan media pupuk kandang sudah matang tanpa d campur tanah apabisa ?trims

Cara Menanam Jahe Merah : Metode Vertikultur & Polybag


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Jahe Merah : Metode Vertikultur & Polybag