Halaman Depan / Pertanian / Harga Cabe Naik? Pelajari Cara Menanam Cabe Merah Ini

Harga Cabe Naik? Pelajari Cara Menanam Cabe Merah Ini

gambar cara menanam cabe merah image
gambar cara menanam cabe merah

Apa jadinya jika masakan khas Indonesia tanpa menggunakan cabe merah? Niscaya rasanya akan sangat hambar dan warnanya pun kurang menggugah selera bukan? Melihat fenomena itu saja sudah cukup untuk menjadikan alas an bahwa budidaya cabe merah sangatlah menggiurkan dengan potensi pasar yang sangat luas.

Cara menanam cabe merah membutuhkan beberapa kiat – kiat khusus agar tanaman cabe yang Anda budidayakan menghasilkan panen yang melimpah dan menguntungkan. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda terhindar dari kerugian dalam cara menanam cabe merah adalah :

  • Pemilihan lahan yang cocok bagi tanaman cabe merah, yaitu lahan yang bersuhu 25 hingga 28 derajat celcius, mendapat sinar matahari 10 jam perhari, ber PH 6 – 7, tanah ideal adalah tanah lempung berpasir dengan kelembaban 80%.
  • Cara menanam cabe merah erat kaitannya dengan ketepatan memulai menanam. Tidak dianjurkan menanam cabe merah jika harga cab di pasaran sedang anjlok untuk menghindari kerugian.
  • Proses perawatan yang tepat juga sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya cara menanam cabe merah yang Anda lakukan.

Cabe merah sebenarnya tergolong tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Anda tidak perlu repot bahkan kawatir jika harga cabe melojak tinggi. Tentu jika Anda mengusai cara menanam cabe merah yang tepat.  Cara menanam cabe merah ada beberapa tahapan.

Bagi Anda yang hendak mencoba cara budidaya cabe merah, berikut kami berikan tahap – tahap cara menanam cabe  merah yang baik dan benar :

1. Persiapan Lahan Budidaya Cabe Merah

Langkah pertama dalam cara menanam cabe merah adalah mempersiapkan tanah sebagai media tanam bibit cabe merah. Berikut adalah langkah – langkah mempersiapkan lahan menanam cabe merah :

  1. Gemburkan tanah dengan cara dibajak maupun dicangkul kemudian taburkan pupuk kandang dengan dosis 1 ton / hektar .
  2. Diamkan selama satu minggu agar pupuk kandang terserap sempurna oleh tanah.
  3. Jika tanah terlalu asam ( PH kurang dari 5 ) maka perlu di lakukan tindakan pengapuran dengan memberikan dolomite dengan dosis 500 kg / hectare dan diamkan kembali lahan selama satu minggu setelah proses pengapuran.
  4. Persiapan cara menanam cabe merah selanjutnya, dengan membuat bedengan. Ukuran lebar 120 cm dan panjang menyesuaikan keadaan lahan, tinggi bedengan kurang lebih 50 cm.
  5. Berikan jarak antar bedengan sekaligus berfungsi sebagai drainase dengan jarak 80cm hingga 100 cm tergantung kondisi lahan Anda.
  6. Tutuplah bedeng dengan plastik mulsa kemudian dilubangi, jarak lubang tanam adalah 50cm x 60cm dengan sistem zig zag
  7. Biarkan bedengan yang sudah tertutup plastik mulsa tersebut selama 1 minggu sebelum memulai cara menanam cabe merah.

4. Persemaian dan pemilihan Benih Cabe Merah

Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe merah setelah bedengan sebagai media tanam dipersiapkan adalah tahap persemaian benih. Namun sebelum itu Anda sudah menemukan bakal biji cabe merah unggul yang dapat Anda peroleh di toko pertanian terdekat.

Langkah persemaian benih cabe merah :

  1. Rendam biji cabe merah dengan air hangat dengan ditambah sedikit obat perangsang perkecambahan ( banyak di took pertanian ) dan diamkan selama semalam.
  2. Siapkan lahan untuk persemaian bibit cabe merah, dianjurkan lahan menghadap ke timur dengan dinaungi plastic maupun atap yang terbuat dari jerami.
  3. Persiapkan media tanam di dalam polibag dengan diisi perpaduan antara tanah serta pupuk kandang dengan dosis 3 : 1.
  4. Masukkan biji cabe merah unggulan kedalam polibag, kemudian tutup dengan tanah tipis kira – kira 1 cm.
  5. Siramilah benih setiap pagi dan sore hari selama kurang lebih 30 hari sejak biji cabe merah ditanam kedalam polibag. Cara menanam cabe merah ini perlu Anda lakukan, supaya pertumbuhan tanaman dapat optimal.

3. Penanaman Bibit cabe Merah

Selanjutnya setelah bibit disemai, langkah selanjutnya dari cara menanam cabe merah adalah meindahkan bibit cabe merah yang telah disemai, ke dalam lubang tanam di bedengan.

Umumnya setelah bibit cabe merah disemai selama 30 hari, maka tunas daun akan muncul kurang lebih 4 hingga 6 helai per tanaman cabe merah. Cara menanam cabe merah paling baik adalah diwaktu pagi hari, maupun sore hari. Untuk menghindari panas terik matahari.

Cara menanam cabe merah yang harus Anda lakukan yaitu, lepas polybag dari benih cabe merah, kemudian pindahkan kedalam media tanam di dalam bedengan, setelah itu uruk kembali dengan tanah, hingga batas ujung pangkal batang tanaman cabe merah. Berikan sedikit tekanan agar tanaman berdiri dengan tegak.

Cara menanam cabe selain pada media lahan kebun. Anda juga dapat memindahkan tanaman pada media pot. tentunya kebutuhan tanaman cabe di pot  berbeda degan di lahan.

Kunci keberhasilan cara menanam cabe merah pada media pot adalah Anda harus gunakan pot yang besar. Dan yang terpenting, kebutuhan unsur hara pada tanaman cabe merah ini harus Anda penuhi dengan baik. cara menanam cabe merah dengan cara yang lain. bisa Anda lihat disini Selengkapnya…..

gambar cara menanam cabe merah media pot image
gambar cara menanam cabe merah media pot

4. Pemeliharaan Tanaman Cabe Merah

Memerihara pertumbuhan tanaman adalah tahap selanjutnya dari cara menanam cabe merah yang baik dan benar. Lakukan penyiraman dengan rutin terlebih jika menghadapi musim kemarau, setidaknya sehari 2 kali setiap pagi dan sore hari.

Berikan juga pupuk susulan dengan dosis Urea 250gr, lalu SP36 250gr dan KCl 250gr diberikan setiap seminggu sekali dengan cara mengucurkannya kedalam lubang tanam cabe merah.

5. Waktu Panen

Tahapan terakhir cara menanam cabe merah adalah masa panen. Biasanya setelah berusia 60 hingga 70 hari sejak benih ditanam di dalam bedengan. Lakukan panen rutin setiap 3 hari sekali hingga buah cabe merah habis.

Lakukan panen cabe merah pada pagi hari dengan cara dipetik langsung dengan tangan dari pohonnya. Sebaiknya cabe merah yang dipanen dalam keadaan tidak terlalu tua untuk menghindari pembusukan ketika proses penyimpanan sebelum dijual kepada konsumen.

gambar cara menanam cabe merah - siap panen image
gambar cara menanam cabe merah – siap panen

Demikianlah cara menanam cabe merah yang dapat Anda praktekkan sendiri di lahan Anda. Ayo tunggu apalagi, mumpung musim hujan telah tiba, Mari Menanam Cabe Merah … !!!

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

7 komentar

  1. terimakasih gan sudah berbagi info… sangat membantu

  2. sy mau tanam cabe merah dgn sistem tumpang sari dgn semangka.apa berpengaruh thdp cabenya…TRIMAKASIH

  3. PT. BASMAA KURNIA UTAMA

    Jual Dolomite, Kapur Tohor/Quick Lime, Calcium Carbonate CaCo3 Powder, Hydrated Lime Ca(OH)2. Hubungi PT. BASMAA KURNIA UTAMA ‭+62 822 11855757‬, 085329475858.

Harga Cabe Naik? Pelajari Cara Menanam Cabe Merah Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Harga Cabe Naik? Pelajari Cara Menanam Cabe Merah Ini