Halaman Depan / Perkebunan / Buah Lengkeng Varietas Baru : Kriteria Standar Carefour

Buah Lengkeng Varietas Baru : Kriteria Standar Carefour

gambar lengkeng  varietas rubi unggulan image
gambar lengkeng varietas rubi unggulan

Buah lengkeh saat ini ibarat smartphone atau model gaya rambut yang senantiasa memunculkan model maupun varietas terbaru. Varietas yang paling terbaru dan mutakhir adalah jenis lengkeng merah yang sangat menggoda mata, karena warna merahnya yang sangat mencolok mata. Berbeda dengan lengkeng pada umumnya yang berkulit coklat.

Buah lengkeng merah tersebut disebut sebagai lengkeng rubi. Budidaya lengkeng jenis lengkeng rubi biasanya berbuah setelah usia tanam 6 hingga 8 bulan dari penanaman pohon lengkeng cangkok pertama.

Ukuran buah lengkeng jenis rubi juga beragam, biasanya berdiameter antara 1,5 hingga 3 cm. kehadiran lengkeng rubi menambah berbagai jenis varietas lengkeng unggulan lainnya yang sudah lebih dulu hadir di sekitar masyarakat.

Varietas Baru Buah Lengkeng

Dalam waktu dua tahun belakangan ini memang banyak bermunculan tanaman lengkeng dengan varietas unggulan, yang memiliki kriteria diantaranya rasa manis, hasil panen tinggi, dan lebih tahan terhadap berbagai hama, penyakit tanaman, dan memiliki ukuran besar. Salah satunya adalah lengkeng jenis king long.

gambar varietas lengkeng unggulan image
gambar varietas lengkeng unggulan

Sosok lengkeng jenis king long memang bisa dibilang jumbo, bahkan diameter buah lengkeng dari jenis ini berukuran hingga lebih dari 3 cm. jauh lebih besar dibandingkan dengan varietas buah lengkeng unggulan terdahulu seperti jenis lengkeng itoh, maupun lengkeng diamond river yang rata – rata hanya berdiameter kurang lebih 2,5 cm.

Disamping ukuran dari buah lengkeng king long yang besar, daging buah yang dapat dimakan pun jauh lebih tebal bahkan mencapai 75% dari total berat buahnya sendiri. Kehadiran lengkeng jenis king long – di China disebut Long Yen – tersebut semakin menambah varietas lengkeng unggulan yang dapat ditanam di dataran rendah.

Pada medio 2000an memang mulai bermunculan varietas lengkeng yang dapat ditanam baik di dataran rendah, dimana pada sebelum tahun 2000 semua orang sepakat bahwa buah lengkeh hanya tumbuh baik di dataran tinggi. Sebut saja diantaranya jenis lengkeng diamond river atau lengkeng pingpong, dimana kedua tumbuh baik meskipun ditanam di dataran rendah.

Kedua varietas dari lengkeng tersebut bahkan mampu berbuah kurang dari usia tanam 2 tahun, dan terus rajin berbuah setelah periode berbuah pertama, meskipun ditanam di dataran rendah yang berketinggian dibawah 300 meter diatas permukaan laut sekalipun. Itulah generasi pertama dari varietas lengkeng dataran rendah.

Kemudian kemunculan varietas jenis lengkeng dataran rendah, generasi kedua ditandai dengan ditemukannya jenis lengkeng unggulan lainnya, yang di namakan lengkeng puang rai, pada pertengahan 2007. Maka kemunculan jenis lengkeng unggulan seperti lengkeng rubi maupun lengkeng king long termasuk generasi ketiga dari tanaman lengkeng dataran rendah.

gambar varietas buah lengkeng unggulan image
gambar varietas buah lengkeng unggulan

Inovasi tiada henti dari kemunculan varietas baru tanaman lengkeng di dunia pertanian Indonesia adalah berkah tersendiri bagi para penjual bibit. Prakoso misalnya, seorang penjual bibit asal Demak tersebut mengatakan kebanjiaran pesanan hingga 10.000 bibit tanaman lengkeng jenis diamond river setiap bulannya. Itu belum bibit tanaman lengkeng varietas unggulan lainnya.

Rasa dan Bentuk Buah Lengkeng

Jika buah lengkeng yang dinilai adalah soal rasa juga bentuk dan ukuranya, maka varietas dari buah lengkeh tersebut diatas sangat layak untuk mengisi pasar konsumen buah di Indonesia. Bahkan tingkat kemanisan dari lengkeng jenis rubi, atau lengkeng merah mencapai level 21 briks. Sementara itu kemanisan lengkeng king long sangat pas di lidah.

gambar varietas tanaman lengkeng unggulan image
gambar varietas tanaman lengkeng unggulan

Jika dilihat dari penampilannya, buah lengkeng varietas terbaru tersebut memiliki penampakan kulit yang halus mulus yang sangat memikat mata. Apalagi jika Anda melihat buah lengkeng yang berwarna merah yaitu lengkeng rubi, pastilah sangat tergoda untuk segera membelinya ketika melihat di toko buah maupun swalayan terdekat

Potensi Pasar Buah Lengkeng

Menurut Caesario Parlindungan, General Manager dari Carefour mengungkapkan bahwa pada tahun 2014 penjualan lengkeng di Carefour mengalami penurunan yang sangat drastis. “Kualitas lengkeng Thailand emang lagi turun, buahnya kecil dan rasanya kurang manis” begitu ungkap Caesario.

Itupun dibuktikan dengan semakin sepinya para pengunjung di stan buah lengkeng.  “Padahal tahun lalu, tiap datang lengkeng, langsung diserbu dan selalu habis hanya dalam waktu sehari lho”, demikian Caesario menambahkan.

Carefour sendiri setiap bulannya membutuhkan pasokan buah lengkeng hingga 18 ton untuk kebutuhan 45 tokonya di Jabodetabek. Selama ini Carefour di pasok oleh buah lengkeng asal Thailand, bahkan mencapai angka 99%, sisanya diisi oleh pembudidaya lengkeng asal Jawa Tengah.

Nah, penurunan kualitas buah lengkeng asal Thailand merupakan peluang besar bagi Anda para petani lokal. “asal sesuai kriteria, kami sangat terbuka kok dengan pemaso lokal” , begitu janji Caesario.

gambar kualitas buah lengkeng unggulan image
gambar kualitas buah lengkeng unggulan

Kriteria permintaan satandar buah lengkeng pihak Carefour adalah :

  • Diameter buah minimal 2,5 cm
  • Batang buah lengkeng terlihat segar tidak layu
  • Kulit lengkeng tidak busuk dan tidak kempot
  • Tingkat kemanisan minimal yaitu 15 briks

Inilah kesempatan bagus untuk Anda yang hendak memulai budidaya lengkeng, maupun bagi Anda yang sudah lama menginginkan memasok toko swalayan sebesar Carefour. Ayo buktikan bahwa buah lengkeng lokal tidak kalah manis dan menggoda dibandingkan dengan lengkeng impor.

Sumber gambar : trubus

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya jagung manis

Budidaya Jagung Manis Organik Sederhana Hasil Melimpah

Budidaya jagung manis – Saat ini budidaya dengan cara organik menjadi pilihan banyak masyarakat. Sayuran …

Buah Lengkeng Varietas Baru : Kriteria Standar Carefour


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buah Lengkeng Varietas Baru : Kriteria Standar Carefour