Halaman Depan / Perkebunan / Fantastis !! Investasi Pohon Jabon Untung Berlipat-Lipat

Fantastis !! Investasi Pohon Jabon Untung Berlipat-Lipat

gambar pohon jabon image
gambar pohon jabon

Bagi Anda yang memiliki lahan kosong dan kurang produktif, cobalah untuk menanam Pohon Jabon. Yak, sejenis pohon yang hampir mirip dengan Pohon Sengon ini memang sedang naik daun dalam dunia perkayuan.

Kualitas Kayu Jabon pun tak kalah bagus dengan kayu sengon. Bahkan jika kayu sengon sangat rentan terhadap hama karat tumor yag hingga kini masih belum ketemu cara menanggulanginya, Pohon Jabon justru lebih imun terhadap penyakit tersebu.

Dari segi umur tanam pun Pohon Jabon terbilang cepat untuk kategori kayu – kayuan. Umumnya Pohon Jabon sudah dapat dipanen pada usia 5 – 6 tahun. Bahkan uniknya lagi, Pohon Jabon dapat dipanen hingga 2 – 3 kali dalam sekali pembibitan, sebab sifat Pohon Jabon yang bertunas membuat Pohon ini tidak hanya sekali bibit sekali tebang.

Dari segi harganya sendiri, Pohon Jabon berkisar antara 600 ribu hingga satu setengah juta tergantung diameter dan panjang kayu. Harga tersebut juga bergantung pada pabrik masing – masing. Biasanya setiap pabrik pengolahan kayu memiliki kriteria yang berbeda – beda untuk menentukan harga yang pantas.

Untuk Anda yang hendak berinvestasi Pohon Jabon, ada baiknya untuk survey terlebih dahulu. Disamping survey lahan, bibit, dan proses perawatannya, mengetahui harga jual di beberapa pabrik kayu juga tidak kalah penting. Hal ini bertujuan agar Investas Pohon jabon yang hendak Anda lakukan benar – benar matang persiapannya dari awal proses tanam hingga pasca panennya.

gambar bibit pohon jabon image
gambar bibit pohon jabon

Beberapa perusahaan pabrik kayu yang siap menampung Kayu Jabon diantaranya adalah PT. Serayu Makmur Kayuindo. Perusahaan yang memiliki tiga cabang ini disinyalir siap menampung berapapun Kayu jabon hasil panen Anda.Anda tinggal memilih cabang mana yang paling dekat dengan lokasi Perkebunan Anda.

Ketiga cabang PT. Serayu makmur Kayuindo tersebut ada masing – masing provinsi di Jawa untuk menjangkau Anda dimanapun berada. Pabriknya ada di daerah Lumajang ( jawa timur ) , Banjarnegara ( jawa tengah ), dan Cirebon ( jawa barat ).

Untuk masalah laku atau tidaknya Kayu jabon Anda tidak perlu khawatir. Contoh untuk satu perusahaan kayu saja baru mendapat pasokan Kayu Jabon dari petani sekitar 10% dari total Kayu yang dibutuhkan pabrik untuk produksi. Itu baru satu pabrik, jadi berapa kebutuhan Kayu Jabon untuk 10 pabrik kayu yang ada di sekitar Anda? Banyak sekali bukan ?

gambar budidaya pohon jabon
gambar budidaya pohon jabon

Kebutuhan pasokan Kayu Jabon tersebut bukan tanpa alasan, sebab memang masih sedikit para petani yang beralih dari Sengon ke Pohon Jabon. Sementara permintaan hasil produk olahan Kayu Jabon sangatlah tinggi. Hal inilah kesempatan emas bagi Anda membaca peluang.

Sebagai contoh potensi pasar Pohon Jabon Anda adalah Negara Jepang yang sangat membutuhkan hasil olahan Kayu Jabon tersebut untuk bahan baku dinding rumah masyarakat disana. Sebab seperti kita ketahui, Jepang yang sering gempa tentunya membutuhkan bahan baku kayu yang ringan namun kuat untuk membuat dinding rumah mereka. Salah satunya adalah Pohon Jabon yang hendak Anda tanam.

Potensi dan perkembangan pasar Pohon Jabon tersebut juga semakin meningkat akibat kebijakan pemerintah Indonesia tentang pelarangan penebangan kayu dari hutan lindung maupun hutan alam. Jadi tidak perlu risau memikirkan pasca panen dari pohon Jabon ini.

gambar kayu pohon jabon image
gambar kayu pohon jabon

Setelah Anda menemukan beberapa Pabrik Kayu yang siap menampung hasil tanam Pohon Jabon Anda, mari bersama menghitung asumsi biaya dan keuntungan yang didapat jika Anda Berbudidaya Pohon jabon :

Asumsi Investasi Pohon Jabon

Unit Jumlah Harga satuan Total Harga
Lahan 1 ha 600 batang 1.700 1.020.000
Persiapan lahan 1.000.000
Biaya tanam 2.000.000
Biaya pupuk dasar 600 batang 2000 1.200.000
Biaya perawatan 600 batang 1000 x 5 th = 5000 3.000.000
Biaya pupuk 5 th 600 batang 10.000 6.000.000
Biaya tak terduga 5.000.000
TOTAL 19.220.000

Setelah proses tanam 5 – 6 tahun, dengan asumsi biaya seperti diatas, kini Anda tinggal menghitung asumsi pendapatan yang akan Anda peroleh dari Budidaya Pohon Jabon Anda :

  • Total Pohon Jabon Anda 600 pohon dari 1 hektar lahan
  • Kayu Jabon yang Anda panen kurang lebih 500 meter kubik setelah masa tanam 5 – 6 tahun
  • Harga kisaran untuk 1 meter kubik Kayu Jabon adalah 700 – 1,5 juta. Kita ambil tengahnya saja 1 juta , berarti total hasil yang Anda dapatkan adalah:

500 m3 x 1.000.000 = Rp. 500.000.000

  • Dikurangi total biaya investasi 19.220.000
  • Maka total pendapatan bersih Anda adalah:

 500.000.000 – 19.220.000 = Rp. 480.780.000

Waaww… angka yang sangat fantastis bukan? Dan tentu saja perawatan Pohon Jabon tidak seribet menanam cabe maupun padi. Waktu Anda masih banyak untuk melakukan kesibukan lainnya tidak hanya dihabiskan untuk merawat Pohon jabon yang memang tidak memerlukan perawatan khusus.

gambar peluang bisnis pohon jabon
gambar peluang bisnis pohon jabon

Daripada Anda punya sedikit uang untuk membeli sepeda motor baru, mendingan keinginan mengganti motor Anda tunda dulu sejenak. Uangnya belikan bibit Pohon Jabon, dan setelah 5 tahun Anda bisa membeli 20 sepeda motor baru sekaligus sekalian buat bengkel sepeda motor dari hasil Pohon Jabon Anda.

Baca Selengkapnya : Peluang Bisnis Budidaya Durian Montong, Jadikan Sektor Agribisnis Ungulan Indonesia


Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman bintaro

Tanaman Bintaro, Tanaman Racun Yang Bermanfaat

Tanaman bintaro digolongkan pada kelompok tanaman peneduh. Tanaman ini bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan lingkungan. …

12 komentar

  1. Investasi pohon jabon memang sangat menggiurkan, saya menggeluti bidang ini sudah lebih dari 5 tahun,, InsyaAllah bisa meningkatkan aset mencapaii 300% selama lima tahunn.

  2. Kami ada tanah kosong cukup luas di Sulawesi Tengah.
    Masalahnya, kalo ditanami kayu FGS (fast growing species) spt: Jabon, Sengon dll. Siapa nanti yang akan beli di sana ?

  3. Mungkin ada yang membutuhkan lahan untuk tanam jabon. 85 jt per hektar. Nego. Jawa timur. Hub. 081336306090 atau 082301702655

  4. Bagaimana cara menjual hasil panennya pak saya di daerah kalimantan?

    • admin-infoagribisnis

      Untuk penjualan hasil panen pohon jambon, Anda bisa berkerja sama dengan para pengrajin kayu atau perusahaan kayu disekitar wilayah Anda pak. Terima kasih

  5. Mas bibit jabon di medan ada gak di jual….?

    Mohon informasinya

    • admin-infoagribisnis

      Untuk saat ini kebanyakan bibit pohon jambon yang tersedia dan kami rekomendasikan di Wilayah Jawa Tengah pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *