Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Wortel : Cegah Penuaan Dini !!

Manfaat Buah Wortel : Cegah Penuaan Dini !!

Manfaat buah wortel bagi kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Wortel atau Daucus carota umumnya berwarna kuning kemerahan yang menyala sebagai tanda kandungan betakarotennya yang kaya. Cara mendapatkan manfaat buah wortel, dapat dijadikan jus buah wortel, sop wortel, bahkan dimakan langsung.

Berbagai kandungan buah wortel seperti betakaroten, vitamin A, Vitamin C, serat, hingga sodium membuat khasiat wortel sangat baik bagi vitalitas dan kebugaran fisik tubuh Anda.

gambar manfaat buah wortel image
gambar manfaat buah wortel

Beberapa manfaat buah wortel bagi kesehatan tubuh Anda :

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang kaya di dalam buah wortel merupakan berkah tersendiri bagi system percernaan Anda. Mengkonsumsi buah wortel setiap hari dapat melancarkan system pencernaan Anda, sehingga manfaat buah wortel ini dapat mencegah penyakit saluran pencernaan seperti, sembelit yang biasa disebabkan oleh kurangnya serat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah wortel bagi mata Anda dikarenakan kandungan vitamin A yang berlimpah dalam setiap buah wortel. Asupan vitamin A yang cukup akan membuat pandangan mata Anda semakin tajam dan bebas dari segala macam penyakit yang berhubungan dengan mata.

gambar manfaat buah wortel di campur  buah apel image
gambar manfaat buah wortel di campur buah apel
gambar manfaat buah wortel di campur  buah apel image
gambar manfaat buah wortel di campur buah apel

Berbagai masalah gangguan penglihatan seperti rabun senja, glaucoma, mata minus , katarak di usia senja, retina sensitif terhadap cahaya, dan masalah mata lainnya dapat Anda cegah hanya dengan mengkonsumsi buah wortel setiap hari. Konsumsilah minimal dua buah wortel setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin A tubuh Anda.

3. Menyehatkan Kulit Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah wortel yang tidak kalah penting adalah kntribusinya dalam menjaga kesehatan dan elastisitas kulit Anda. Perpaduan kandungan vitamin A dan vitamin C dalam jumlah yang besar di setiap buah wortel mampu menghindarkan Anda dari kerusakan sel kulit sekaligus meregenerasi jaringan sel kulit yang rusak.

Kedua vitamin penting tersebut, juga mampu menjaga kulit dari iritasi akibat paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Manfaat buah wortel dapat menghambat penuaan dini pada kulit, mencegah dan menghilangkan jerawat, hingga membantu menyamarkan bercak kulit yang diakibatkan oleh pigmentasi.

4. Pencegah Kanker yang Berbahaya

Didalam buah wortel terkandung zat baik yang bernama betakaroten dimana zat tersebut berperan penting sebagai antioksidan yang mampu menjadi tameng tubuh Anda dari berbagai macam zat berbahaya dari luar yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker ganas yang mematikan.

Manfaat buah wortel dalam kaitannya mencegah penyakit kanker juga disebabkan adanya kandungan falcarinol yang juga aktif melawan kanker yang menggerogoti tubuh Anda. Untuk Anda yang menderita kanker, cobalah mengkonsumsi jus wortel dan ditambahkan sedikit minyak zaitun setiap hari sebagai terapi kanker yang Anda derita.

5. Mampu Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat dan juga magnesium dalam buah wortel dapat membantu menurunkan kolesterol jahat didalam aliran darah Anda. Kandungan kolesterol yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah Anda yang pada gilirannya dapat mengakibatkan stroke hingga berujung kematian.

Manfaat buah wortel sebagai pengontrol kadar kolesterol itulah salah satu alasan penting kenapa Anda mulai hari ini harus rajin mengkonsumsi buah wortel demi kesehatan Anda.

Manfaat buah wortel dapat Anda peroleh dengan membuat jus dicampur jeruk, agar rasa makin enak.

gambar manfaat buah wortel di campur  buah jeruk image
gambar manfaat buah wortel di campur buah jeruk
gambar manfaat buah wortel di campur  buah jeruk image
gambar manfaat buah wortel di campur buah jeruk

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika manfaat buah wortel dapat menurunkan kadar kolesterol, maka efek lanjutannya adalah Jantung Anda pun akan semakin sehat dan menjauhkan Anda dari penyakit Jantung yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah.

Penyakit jantung biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah arteri akibat kolesterol jahat berlebih hingga menghambat pasokan oksigen menuju jantung. Untuk mengatasi hal tersebut Anda tidak perlu meminum suplemen kimia ini itu, cukup konsumsi buah wortel setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Menghindarkan Anda dari Stroke

Stroke adalah penyakit mematikan yang disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di dalam tubuh Anda. Hal itu bisa terjadi karena pembuluh darah Anda tersumbat oleh kolesterol sehingga pembuluh darah lama kelamaan membesar  kemudian pecah akibat tidak mampu menahan aliran darah yang terus menerus menekan.

Stroke juga diperparah jika penderita mengidap penyakit hipertensi. Pada kasus tertentu bahkan dapat mengakibatkan kematian bagi penderita. Mengkonsumsi buah wortel dapat mencukupi kebutuhan serat dan juga vitamin A yang mampu meluruhkan kolesterol sebagai awal mula penyebab penyakit stroke.

8. Mencegah Masalah Gigi dan Bau Mulut

Mengkonsumsi buah wortel langsung atau dikunyah dalam keadaan mentah terbukti ampuh membersihkan plak gigi akibat menumpuknya sisa makanan maupun nikotin jika Anda adalah perokok aktif.

Kandungan vitamin c pada buah wortel juga bermanfaat untuk mencegah gusi berdarah, sariawan, radang gusi, dan berbagai masalah mulut lainnya yang biasa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan vitamin C yang cukup.

Betapa banyak manfaat buah wortel yang bisa Anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsinya setiap hari. Jadi mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak menyukai buah wortel yang kaya akan manfaat ini.

Setelah Anda mengetahui manfaat buah wortel , apakah ada pertanyaan? jika ada berikan saran Anda pada kolom dibawah. Terima kasih

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

2 komentar

  1. artikelnya berguna sekali. Dapat buat nambah pengetahuan saya,
    izin share di twitter saya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *