Halaman Depan / Pertanian / Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel

Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel

gambar cara menanam wortel image
gambar cara menanam wortel

Wortel atau Daucus carrota adalah salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A,  dan baik untuk kesehatan mata Anda. Awalnya wortel berasal dari dataran Asia Timur, hingga Asia Tengah.

Di Indonesia sendiri sentra budidaya wortel tersebar di wilayah Jawa, Sumatra Utara, Bengkulu, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Makasar, Ambon, Papua, Bali, Kaltim, Sulawesi Tengah, hingga Sumatra Barat.

Untuk mengetahui cara menanam wortel Anda bisa mengunjungi daerah – daerah tersebut. Namun jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk datang ke lokasi langsung, berikut akan kami sampaikan cara menanam wortel yang benar :

  • Syarat tumbuh ideal bagi wortel. Ketinggian tanah yang ideal adalah 1000 sampai dengan 1500 meter diatas permukaan laut.
  • Habibat yang baik untuk menanam wortel adalah dataran tinggi, dengan suhu udara yang dingin dan lembab. Makanya tidak salah jika awal mula budidaya wortel adalah di Lembang dan di Cipanas , Jawa Barat. Dimana kedua lokasi tersebut berhawa dingin.
  • Lebih tahan terhadap cuaca. Wortel dapat tumbuh baik meskipun musim kemarau ataupun musim hujan.
  • Lahan yang akan digunakan untuk menanam wortel haruslah subur, dan gembur, serta banyak mengandung unsur hara yang diperlukan tanaman.
  • PH tanah berkisar antara 6 – 7, jika PH tanah kurang dari 5, hendaklah dilakukan pengapuran dengan dolomite sebelum ditanami.

Setelah menentukan lahan yang tepat, langkah – langkah selanjutnya dalam cara menanam wortel adalah :

1. Pemilihan Bibit Wortel

Sebelum melakukan tahap demi tahap cara menanam wortel, sebelumnya Anda harus menentukan dulu bibit  wortel yang akan Anda tanam. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.
Bibit wortel unggul tersebut, biasanya memiliki ciri – ciri bentuk seragam, hasil panen tinggi, bebas dari segala hama penyakit, pertumbuhannya subur serta kuat, dan berasal dari benih  wortel yang berumur pendek.

Langkah cara menanam wortel, Anda harus menentukan bibit yang berkualitas, yang bisa didapat di kios pertanian.

gambar contoh bibit - sebagai langkah awal cara menanam wortel image
gambar contoh bibit – sebagai langkah awal cara menanam wortel

2. Pembenihan Bibit Wortel

Setelah bibit unggulan didapat, langkah selanjutnya dalam cara menanam wortel adalah proses pembenihan bibit. Cara pembenihan bibit wortel dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Pilihlah benih wortel yang unggul dan berasal dari varietas yang sudah diketahui kualitasnya.
  • Gosok antar benih dengan menggunakan telapak tangan agar antar benih wortel tidak menyatu dan berlekatan.
  • Kemudian rendamlah benih tersebut di dalam air dingin, selama sehari semalam. Untuk mempercepat keluarnya kecambah dari benih wortel tersebut.
  • Tiriskan benih yang sudah keluar kecambahnya, dan rapikan dalam wadah, biarkan hingga setengah kering.
  • Benih wortel siap untuk dipindahkan kedalam lahan tanam.

3. Persiapan Lahan

Berikutnya cara menanam wortel yang benar, tahap selanjutnya setelah bibit sudah siap tanam adalah mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam wortel.

  • Bersihkan tanah dari gulma maupun rumput liar yang ada di sekitar lahan.
  • Bila PH lahan kurang dari 5 atau bersifat asam, lakukanlah pengapuran dengan cara memberikan dolomite kurang lebih 1 ton untuk 1 hektar lahan.
  • Gemburkan tanah dengan cara dicangkul sedalam 30 cm, dan tambahkan pupuk kandang secara merata ke seluruh area lahan.
  • Diamkan tanah tersebut selama 2 minggu, agar pupuk tercampur sempurna dengan tanah sebelum ditanami wortel.
  • Setelah itu buatlah bedengan, dengan lebar 150 cm, tinggi bedengan 40 cm, dan panjang disesuaikan dengan lahan.
  • Berikan jarak antar bedengan kurang lebih 50 cm untuk akses air hujan agar tidak menggenangi bedengan.

4. Penanaman Benih Wortel

Setelah lahan siap, berikutnya cara menanam wortel adalah taruh benih merata kedalam alur yang sudah dipersiapkan. Ingat posisi unjung pakal akar dibawah. Kemudian jangan lupa tutup kembali benih wortel dengan tanah tipis.

Tutuplah alur dengan dedaunan kering atau bisa juga menggunakan pelepah daun pisang, untuk menghindari benih wortel hanyut terbawa air hujan. Baru setelah tanaman wortel mulai tumbuh, dedaunan tersebut dibuka kembali.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa lihat gambar cara menanam wortel di bawah ini

gambar cara menanam wortel image
gambar cara menanam wortel

5. Pemeliharaan Tanaman Wortel

Cara menanam wortel yang benar, juga harus di imbangi dengan pemeliharaan tanaman. Lakukanlah penjarangan tanaman wortel setelah mencapai usia tanam 4 minggu, dengan tujuan untuk mendapatkan wortel yang subur, dan maksimal, sehingga mendapatkan hasil panen yang tinggi.

Dalam cara menanam wortel yang benar juga diperlukan penyiangan yaitu, membersihkan rumput liar maupun gulma di sekitar lahan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman wortel Anda. Sehingga semua unsur hara, dan air yang ada di dalam lahan benar – benar dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh tanaman, tanpa terganggu tanaman lainnya.

Berikan pupuk susulan untuk menjaga unsur hara tanah dengan dosis 20 kg Urea, 30kg Sp, 40 kg KCI ( I hektar lahan ). Pemupukan dapat dilakukan setelah tanaman wortel berumur 1 bulan sejar wortel tersebut ditanam.

Lakukanlah penyiraman rutin terutama jika musim kemarau tiba. Penyiraman dapat dilakukan setiap pagi hari dan sore hari. Namun jika musim hujan tiba, proses penyiraman tersebut dapat dikurangi cukup dengan sehari sekali.

gambar pemeliharaan - cara menanam wortel image
gambar pemeliharaan – cara menanam wortel

6. Panen Wortel

Tahap terahir dalam cara menanam wortel berikutnya adalah saat panen yang dinanti – nantikan. Umumnya panen wortel sudah dapat dilakukan setelah tanaman menginjak usia kurang lebih 12 minggu, setelah masa tanam.

Hindarilah kejadian terlambat panen. Memanen wortel pada saat tanaman sudah dalam keaadaan terlalu tua, menyebabkan  woetel mengeras, dan kurang laku dipasaran. Tentunya hal ini sangat merugikan Anda disaat menjual hasil panen wortel tersebut.

Untuk cara memanen wortel cukup dengan mencabut tanaman wortel tersebut sampai ke umbinya. Wortel yang ditanam dengan cara yang baik biasanya akan menghasilkan panenan 25 ton / hektar.

gambar panen - cara menanam wortel secara tepat image
gambar panen – cara menanam wortel secara tepat
gambar cara menanam wortel media pot image
gambar cara menanam wortel media pot

Bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas, Tanaman wortel juga dapat ditanam di dalam pot di depan rumah Anda dengan tahap yang hampir sama seperti tersebut diatas.

Semikian cara menanam wortel yang benar, semoga dapat menginspirasi Anda. .. Selamat Bercocok Tanam !!!

Jika ada pertanyaan atau saran tenang cara menanam wortel? Anda bisa berikan komentar di bawah.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya tanaman lada

Sejahtera Karena Budidaya Tanaman Lada Di lahan Sempit

Budidaya tanaman lada tidak selamanya memerlukan lahan yang luas. Romli telah membuktikannya. Dengan menggunakan lahan …

8 komentar

  1. Terima kasih, sangat bermanfaat

  2. Q petani kcil d hulu kalbar msh hrs banyak blajar ,tks infonya

  3. Ilmu yg baik akan dapat bermanfaat bg pembacanya salam pertanian sukses selalu matur nuwun

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih pak atas atensinya. Kami tunggu kritik dan saran untuk terus menyebarkan informasi pertanian indonesia.

  4. pk, klu pmbenihan wrtel sdh brkcmbah, brp wkt pling lma utk tnam, krna ssuai info, bgtu sdh brkcmbah,bru persiapan lhan, msalnya pmbersihn gulma2.

  5. Makasih infonya ,sangat bermanfaat

Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel