Halaman Depan / Pertanian / Panduan Lengkap dan Praktis : Cara Menanam Kacang Hijau

Panduan Lengkap dan Praktis : Cara Menanam Kacang Hijau

gambar cara menanam kacang hijau image
gambar cara menanam kacang hijau

Kacang – kacangan adalah salah satu jenis tanaman yang sangat berguna bagi nutrisi kesehatan masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif terjangkau namun dengan kandungan protein nabati yang sangat tinggi membuat kacang – kacangan adalah pilihan tepat bagi pemenuhan nutrisi masyarakat Indonesia.

Kacang hijau merupakan jenis kacang – kacangan yang dimaksud. Cara menanam kacang hijau hampir sama dengan cara menanam kacang tanah maupun cara menanam kacang panjang. Budidaya kacang hijau sangat menjanjikan karena harganya yang terjangkau namun dengan protein tinggi membuat Anda memiliki pangsa pasar yang luas dari masyarakat bawah sampai masyarakat kelas atas.

Sebelum Kami membahas lebih jauh tentang cara menanam kacang hijau, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui dengan seksama habitat hidup kacang hijau, dan sifat pertumbuhannya, agar Anda lebih mundah dalam memahami cara menanam kacang hijau yang baik dan benar.

Habitat asli tanaman kacang hijau tumbuh baik di dataran renda,  di daerah tropis seperti Indonesia. Namun yang paling pas adalah tanah dengan ketinggian kira – kira 500 meter diatas permukaan laut, dengan suhu yang panas seperti, umumnya dataran rendah di Indonesia.

Kemudian untuk PH tanah, yang baik dalam cara menanam kacang hijau adalah tanah ber PH netral yaitu, kisaran 5 -6 . Dan jika Anda kebetulan mempunyai lahan yang ber PH kurang dari 5 ( bersifat asam ), maka sebaiknya lakukan dulu pengapuran, dengan cara memberikan dolomit, kurang lebih 1 ton untuk setiap 1 hektar lahan. Proses pengapuran, sebaiknya dilakukan 1 bulan sebelum  Anda menanam.

Tanaman kacang hijau lebih suka dengan tanah jenis gembur, yang kaya akan unsur hara, dan memiliki saluran parit atau pembuangan air yang tertata dengan baik. Anda dapat menggunakan lahan bekas sawah. Misalnya bekas menanam padi, bergilir dengan penanaman kacang hijau.

Setelah Anda menemukan lahan yang cocok, berikutnya cara menanam kacang hijau diawali dengan tahap – tahap sebagai berikut :

1. Persiapan Lahan

Cara menanam kacang hijau, yaitu pertama lakukan pengolahan tanah, dengan cara dibajak atau dicangkul. Tambahkan pupuk kandang, untuk meningkatkan nutrisi tanah yang diperlukan tanaman kacang hijau, diamkan selama 1 minggu agar pupuk dapat tercampur sempurna dengan tanah.

Buatlah bedengan dengan ukuran panjang disesuaikan dengan kondisi lahan, luas 100 cm, tinggi 50 cm. Berikan jarak antar bedengan 200cm untuk akses aliran air hujan. Cara menanam kacang hijau ini agar tanaman tidak terbawa arus air hujan.

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah membuat lubang tanam, dengan jarak antar lubang kira – kira 25cm x 25cm, atau 20cm x 20cm, sesuai dengan kondisi lahan.

Buatlah lubang tanam, dengan memakai tugal yang memiliki mata tiga. Hal ini dimaksudnya 1 lubang untuk benih kacang hijau, dan 2 lubang lainnya untuk memasukkan pupuk.

Untuk lubang yang akan digunakan menaruh benih kacang hijau cukup dengan ke dalaman 4cm, sedangkan 2 lubang lainnya sebagai tempat pupuk, berikan kedalaman kira – kira 8cm sampai 10cm.

2. Persemaian Benih

Langkah selanjutnya dalam cara menanam kacang hijau adalah melakukan persemaian benih, terutama jika lahan yang Anda persiapkan sebelumnya, belum pernah ditanami kacang hijau.

gambar menentukan benih cara menanam kacang hijau image
gambar menentukan benih cara menanam kacang hijau

Persemaian benih pada tanaman kacang hijau, sering juga disebut dengan inokulasi bakteri. Caranya dengan membasahi benih kacang hijau dengan air, kemudian dikringkan dengan diangin – anginkan, kurang lebih selama 4 jam hingga timbul kecambah pada benih.

3. Penanaman Bibit Kacang Hijau

Proses cara menanam kacang hijau yaitu, setelah benih berkecambah, lakukan segera penanaman, pada lubang yang sudah dipersiapkan. Setiap lubang berikan 2 benih kacang hijau yang sudah berkecambah.

Masukkan juga pupuk pada 2 lubang yang lain, kemudian ketiga lubang tersebut di tutupi dengan tanah tipis, hingga rata dengan tanah lainnya. Cara menanam kacang hijau dengan pelubangan ini, bertujauan mempermudah Anda dalam proses pemupukan berikutnya.

4. Penyiraman Tanaman Kacang Hijau

Berikutnya dalam cara menanam kacang hijau adalah memberikan penyiraman pada benih, yang baru ditanam. Untuk tanah yang lembab, dan cukup memiliki kandungan air tanah, maka penyiraman cukup dilakukan sehari sekali.

gambar pemeliharaan - cara menanam kacang hijau image
gambar pemeliharaan – cara menanam kacang hijau

Namun jika tanah tempat Anda menanam kacang hijau tersebut bertekstur kering, maka penyiraman perlu dilakukan, dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore.

5. Penyulaman Tanaman Kacang Hujau

Lakukanlah penyulaman setelah tanaman menginjak usia tanam 15 hari sejak benih ditanam. Gantilah benih kacang hijau yang tidak tumbuh sempurna, dengan benih yang baru agar pada saat panen nantinya akan merata.

6. Penyiangan Tanaman Kacang Hijau

Lakukan juga pembersihan gulma, dan rumput liar yang tumbuh mengganggu disekitar tanaman kacang hijau. Proses penyiangan kacang hijau, dapat  Anda dilakukan pada saat usia tanam berumur 15 hari, dan pada saat usia tanam berumur 30 hari.

7. Pemupukan Kacang Hijau

Untuk cara menanam kacang hijau, tahap selanjutnya adalah memberikan pupuk yang dibutuhkan tanaman kacang hijau tetap terjaga.

Tahap pemupukan dilakukan 2 tahap yaitu, pertama pada saat Anda berbarengan menanam benih kacang hijau, dan tahap pemupukan selanjutnya pada saat tanaman mulai hendak berbunga, atau 1 bulan setelah masa tanam.

Untuk dosis pupuk yang diberikan yaitu, Urea 50 kg / hektar lahan, TSP 100kg / hektar lahan, dan juga pupuk KCL dengan dosis 50kg / hektar lahan.

gambar pemeliharaan - cara menanam kacang hijau image
gambar pemeliharaan – cara menanam kacang hijau

Cara pemupukan adalah dengan cara memasukkan pupuk kedalam lubang yang dipersiapkan, kemudian ditutup kembali dengan tanah. Berikan jarak antara lubang pupuk dengan benih, agar pupuk tidak sampai mengenai benih yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman.

 8. Masa Panen

Masa panen tanaman kacang hijau, umumnya setelah menginjak usia tanam 60 sampai 80 hari. Ciri – ciri tanaman kacang hijau siap panen, ditandai dengan polong yang gampang pecah dan mengering.

Panen  dapat dilakukakan setiap hari, setelah polong dipetik kemudian dijemur hingga menguning, dan masukkan kedalam karung kemudian dipukul dengan kayu pelan – pelan agar biji terlepas dari polong.

gambar panen - cara menanam kacang hijau image
gambar panen – cara menanam kacang hijau

Demikianlah cara menanam kacang hijau yang dapat segera Anda praktekan sendiri di lahan Anda.

Jika ada pertanyaan atau saran tentang cara menanam kacang hijau atau lainnya, berikan komentar Anda pada kolom dibawah. Terima Kasih

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

3 komentar

  1. Pupuk apa Yang do gunakan untuk kacang hijau

  2. Jika batang kacang hiaju berubah warna apakah itu wajar?

  3. Saya ingin menanam kacang hijau di dalam pot .apakah bisa dengan pot dari gelas plastik ukuran 20×20..
    Dan apakah bisa bila lahan di dalam pipa paralon ukuran Besar 4 inci.
    Ide saya itu pipa paralon di bolongin sebesar gelas plastik ukuran 20×20.
    Mohon sarannya
    Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *