Halaman Depan / Perkebunan / Budidaya Durian Montong : 5 Hal Utama Yang Harus Anda Lakukan

Budidaya Durian Montong : 5 Hal Utama Yang Harus Anda Lakukan

gambar durian montong image
gambar durian montong

Jika Singa kondang dengan julukan: “Rajanya Hewan”, lalu banyak orang bilang Durian adalah “Rajanya Buah”, maka Durian Montong adalah “Rajanya Durian”.

Salah satu buah khas Thailand ini juga kerap disebut “Buah Mewah”, sebab harga Durian Montong ini berkisar antara 30.000 – 40.000 rupiah per kg. Bahkan di beberapa Toko Swalayan terkemuka harganya bisa mencapai 70.000 – 80.000 rupiah per kg.

Nah, coba Anda bayangkan jika anda mempunyai perkebunan yang berisi Durian Montong. Hitung sendiri berapa keuntungan yang didapat, padahal satu Durian Montong beratnya bisa mencapai 3-4kg. Dan satu saja Durian Montong dewasa bisa menghasilkan 50-60 buah sekali panen.

Bagi Anda yang tertarik untuk Budidaya Durian Montong, ada beberapa tips dari kami agar hasil yang diperoleh juga maksimal sesuai dengan harapan Anda. Langkah demi langkah akan kita kupas tuntas disini. Sssssttt…. Jangan keras-keras bacanya, nanti semua orang Budidaya Durian Montong, terus siapa dong yang mau beli hasil panen Durian Anda, hehehe…

Tips-Tips Budidaya Durian Montong

1. Persiapan Lahan Budidaya

Lahan yang baik bagi pertumbuhan pohon Durian Montong adalah 500 – 700 meter diatas permukaan laut, beriklim tropis dan memiliki curah hujan tinggi. Diutamakan lahannya gembur dan tidak mengandung cadas.

Setelah Anda menemukan lokasi yang cocok, langkah pertama adalah

  1. Lubangi tanah kurang lebih 50-60 cm agar akar dapat berkembang dengan baik
  2. Diamkan lubang tersebut selama 2 minggu agar tingkat keasaman tanah berkurang
  3. Pupuklah lubang tersebut dengan pupuk kandang dan diamkan kembali selama 7 hari agar pupuk dapat bercampur dengan tanah dengan sempurna

2. Pemilihan Bibit Durian Montong

Setelah lahan beres, langkah berikutnya adalah memilih bibit yang sempurna. Ciri-ciri bibit yang bagus bisa kita lihat dari segar atau tidaknya warna daun bibit tersebut.

Biasanya jika bibit Durian Montong tersebut daunnya berwarna segar, maka pertumbuhan Durian nantinya juga bagus dan berbuah banyak.

Nah kalo sudah dapat bibit yang bagus, tanamlah pada lahan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya, dan waktu yang paling tepat untuk menanam adalah musim penghujan agar bibit dapat langsung mendapat suplay air hujan dengan baik.

gambar bibit durian montong image
gambar bibit durian montong

3. Perawatan Tanaman Secara Berkala

Setelah bibit ditanam, perawatan berkala pada pohon Durian Montong sangat diperlukan, diantaranya adalah membersihkan gulma atau benalu disekitar pohon agar nutrisi dari tanah tidak dihisap oleh parasit yang ada disekitar pohon.

Jangan lupa juga untuk rutin memberikan pupuk kandang setiap 1-2 bulan sekali agar unsur hara pada lahan tetap terjaga dengan baik. Usahakan untuk menggunakan pupuk alami agar kualitas rasa dari Durian Montong tetap terjaga.

Perhatikan juga sekeliling pohon Durian Montong tersebut, apakah ada pohon yang lebih besar dan dahannya menutupi akses sinar matahari yang menuju pohon durian tersebut, maka sebaiknya dahan tersebut dipangkas.

Sebab pertumbuhan dan proses penyerbukan pohon Durian Montong tersebut sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya dan kandungan air tanah yang ada dibawah akar pohon.

4.Penyakit Umum pada Durian Montong

Beberapa penyakit tanaman yang biasanya menyerang Pohon Durian Montong adalah penyakit busuk akar akibat jamur Phytophthora palmivora. Gejalanya adalah bagian pangkal pohon terlihat keropos dan membusuk.

Jika hal ini dibiarkan, lama kelamaan penyakit tersebut akan menyebar naik ke batang dan akhirnya pohon tersebut mati sebelum berkembang.

Makanya sebelum nasi menjadi bubur, semprotlah pangkal batang pohon Durian Montong tersebut dengan pestisida yang khusus diperuntukkan untuk jamur tanaman. Agar penyakit busuk akar tersebut tidak menjalar sampai ke batang pohon.

5. Tahapan Panen Durian Montong

Umumnya pohon Durian Montong mulai berbuah setelah umur 4-5 tahun, setelah buah Durian berdiameter kira-kira 10cm, ikatlah buah durian tersebut pada dahan pohon Durian dengan menggunakan tali raffia.

Tujuannya adalah agar ketika buah sudah matang tidak jatuh ke tanah dan rusak. Sebab kualitas rasa Durian Montong adalah ketika buah tersebut matang pohon tanpa dikarbit.

Sebenarnya Anda tidak perlu repot untuk memilih dan memetik buah Durian tersebut dengan cara menciumi satu persatu buah sambil menerka apakah buah sudah matang atau belum, sebab buah yang matang akan jatuh sendiri dari dahannya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir buah akan jatuh ke tanah dan pecah, itulah kenapa diharapkan untuk mengikat semua buah yang sudah kelihatan tua dengan dahan diatasnya agar ketika matang, buah tidak sampai jatuh ke tanah.

gambar budidaya durian montong image
gambar budidaya durian montong

gambar : mantodolphi.blogspot.com

Potensi Keuntungan Budidaya Durian Montong

Budidaya Durian Montong jelas sangat menggiurkan, sebab tidak perlu perawatan yang melelahkan dan pemupukan yang mahal, namun hasilnya sangat besar dan mencengangkan.

Bayangkan saja jika seandainya harga Durian Montong adalah 40.000 rupiah /kg, dan satu buah durian biasanya berbobot 4 kg, maka satu buah saja Anda dapat mengantongi 120.000 rupiah.

Padahal satu pohon Durian Montong dewasa umumnya sekali periode panen bisa menghasilkan sampai 50 buah, maka satu pohon durian tersebut bisa menghasilkan 50 x 120.000,- = 6.000.000 rupiah.
Coba Anda bayangkan jika anda memiliki 50 pohon Durian Montong, sekali panen setahun sekali anda bisa mendapat penghasilah 50 x 6.000.000,- = 300.000.000 juta rupiah sekali panen.Sungguh angka yang fantastis disamping Anda dapat menikmati Durian Montong sepuasnya.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik dan sangat potensial bukan? Ayo tunggu apalagi besok pagi setelah sarapan segeralah ambil cangkul Anda dan mulailah menggarap lahan kosong Anda untuk ditanami pohon Durian Montong, sang “Rajanya Durian”.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Kurma Tropis

Gila! Ternyata Budidaya Kurma Tropis Bisa Untung 900 Juta/Tahun

Kurma Tropis – Berbeda dengan menu sarapan keluarga lain, keluarga Muaimin Iqbal setiap paginya sering …

Durian Montong, Baca Cara Budidaya Durian montong Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Durian Montong, Baca Cara Budidaya Durian montong Ini