Halaman Depan / Perkebunan / Ingin Budidaya Mangga di Halaman Rumah, Ini Dia Caranya

Ingin Budidaya Mangga di Halaman Rumah, Ini Dia Caranya

gambar budidaya mangga image
gambar budidaya mangga

Siapa yang tidak suka Buah Mangga ? dari anak kecil, dewasa sampai orang tua sangat menyukai buah yang tergolong dalam kerabat Anacardiceae ini. Budidaya Mangga saat ini pun banyak dilakukan oleh para petani karena rasanya yang enak dan harga jualnya yang sangat menguntungkan.

Buah yang terasa manis dan bertekstur lunak saat matang ini sangat beragam jenisnya, dari Mangga Golek, Mangga Gadung, Mangga Lalijiwo, Mangga Manalagi, Mangga Chokanan, dan satu lagi Mangga Harum Manis yang menjadi mangga Primadona di tanah air.

Saya yakin Anda pun sudah pernah merasakan manisnya Mangga Harum Manis, Dan tahukah Anda bahwa Mangga Harum Manis yang asli varietas local Indonesia ini sudah sejak lama enembus pasar ekspor dunia? Maka tidak heran jika banyak orang yang sangat menyukai buah satu ini.

Nah jika Anda tertarik untuk Budidaya Mangga, apalagi jika lahan Anda berketinggian 60-300 meter diatas permukaan laut, berstruktur remah dan berbutir-butir, tidak perlu berfikir lama untuk segera merealisasikan keinginan tersebut.

Budidaya mangga tidak harus dijalankan dengan lahan luas, dengan memanfaatkan pekarangan rumah budidaya mangga tetap bisa Anda jalankan.

Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk memulai Budidaya Mangga, yang hasil buahnya nanti bisa Anda ekspor ke luar negeri untuk menambah pundi-pundi uang Anda. Tahap-tahap tersebut diantaranya sebagai berikut:

Persiapan Lahan Budidaya Mangga

Hal pertama yang harus dilalukan dalam Budidaya Tanaman Mangga adalah mempersiapkan lahan, proses awal ini jangan dianggap sepele, sebab Pohon Mangga tidak akan tumbuh semurna jika Anda menanamnya diatas tanah berbatu,menanam di garis pantai apalagi Anda menanamnya dijurang, iya kan hehehe.

Tuh kan jadi ngelantur kemana-mana, baiklah untuk langkah pertama mempersiapkan lahan budidaya mangga adalah sebagai berikut :

  1.  Lubangi tanah untuk budidaya mangga dengan cangkul, ukuran 1m x 1m x1m dengan jarak tanam 6m x 8m. Diamkan selama satu bulan agar sisa racun yang ada di tanah menguap tersapu angin.
  2. Setelah satu bulan, tanah galian ditutup kembali dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kandang, dan diamkan kembali selama dua minggu agar pupuk tercampur sempurna dan merata.
  3. Setelah dua minggu, siapkan Bibit Mangga Unggul untuk persiapan menanam, waktu tanam yang paling baik dalam budidaya mangga adalah musim penghujan antara September – januari.

Proses Penanaman Mangga

Setelah lahan Anda siap dan bibit sudah ditangan, tahap berikutnya dalam budidaya mangga adalah :

  1. Lepaskan kantong plastik atau polybag yang membungkus akar bibit mangga, jangan sampai ada sisa plastik yang tersisa dan ikut tertanam. Alih-alih Mangga yang dipanen, malah buah plastic nanti yang keluar hehehe.
  2. Lubangi tanah untuk budidaya mangga, kurang lebih 20cm diatas leher akar
  3. Setelah bibit diletakkan kedalam lubang tanam, tutup dengan tanah dan ditekan kearah tanaman mangga, hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak mudah roboh ketika hujan atau terkena angin kencang.
  4. Naungi tanaman mangga tersebut dengan posisi miring ke barat, hal ini tujuannya agar bibit mangga muda tidak terlalu terpapar sinar matahari yang terlalu terik ketika siang hari.

Proses Pemupukan Tanaman Mangga

Tak kalah pentingnya dalam Budidaya Tanaman Mangga, setelah proses persiapan lahan dan penanaman, langkah berikutnya adalah Pemupukan. Agar Budidaya Mangga Anda menuai hasil yang maksimal, disamping pemberian pupuk kandang, perlu dibantu dengan pupuk buatan sebagai berikut:

  1. Pada awal musim penghujan, biasanya dibulan September, berikan pupuk kandang. Caranya pemupukan dalam budidaya mangga adalah dengan benamkan pupuk kandang tersebut disekitar pohon selebar tajuk tanaman. Bisa juga dengan cara menggali lubang disekitar tanaman Mangga dan taburkan pupuk kandang tersebut di lubang tersebut kemudian ditutup tanah kembali.
  2. Setelah Mangga berusia 2 – 5 tahun, berikan lagi pupuk kandang dengan dosis 30kg, dan pada usia 6-15 tahun, dosis pupuk kandang yang diberikan untuk tanaman mangga adalah 60kg.
  3. Untuk hasil lebih maksimal, dapat juga menggunakan pupuk Supernasa dengan dosis ½ sendok makan / 5 liter air per pohon Mangga.
  4. Atau bisa juga dengan cara encerkan 1 botol Supernasa kedalam 2 liter air bersih, jadikan larutan tersebut sebagai larutan induk. Lalu setiap akan menyirami Pohon Mangga Anda, campurkan 20ml larutan induk tadi dengan 1 liter air bersih.
  5. Untuk pemupukan berkala, berikan dosis larutan Supernasa diatas setiap 3-4 bulan sekali pada tanaman mangga Anda.
  6. Selanjutnya agar Budidaya mangga Anda menuai hasil yang maksimal, bisa dilakukan penyemprotan POC NASA dengan dosis 4 tutup botol per tangki semprot setiap 2 bulan sekali.
  7. Jangan lupa juga untuk menambahkan pupuk NPK 2 kali dalam setahun, yaitu diawal November-Desember, dan pada akhir musim penghujan yaitu antara April-Mei dengan dosis sebagai berikut :

 Tabel Proses Pemupukan Dalam Budidaya Mangga

Usia Tanaman Pupuk Kandang Dosis Pupuk Makro ( per pohon )
ZA TSP KCl
1 – 3 tahun 20 kg – 30 kg 0.5 kg – 1 kg 0.25 kg-0.5 kg 0.25 kg-0.5 kg
4 – 6 tahun 30 kg – 40 kg 1 kg – 2 kg 0.5 kg – 1 kg 0.5 kg – 1 kg
7 – 10 tahun 50 kg – 60 kg 2 kg – 3 kg 1 kg – 1.5 kg 1 kg – 1.5 kg
> 10 tahun 50 kg – 60 kg 3 kg – 4 kg 1.5 kg – 2 kg 1.5 kg – 2 kg

Permangkasan Dalam Budidaya Mangga

Proses selanjutnya dari Budidaya Mangga setelah pemupukan beres, adalah tahap pemangkasan batang dan cabang Tanaman Mangga dengan tahap sebagai berikut :

  1. Tahap Pertama

Pada usia 1 tahun pasca tanam dengan memotong 50cm batang dari permukaan tanah, dan juga pemotongan di atas bidang sambungan. Sisakan 3 cabang yang arahnya menyebar kesegala arah.

  1. Tahap Kedua

Pangkaslah ketiga cabang yang disisakan tadi setelah berumur 2 tahun, sisakan 1-2 pupus. Kemudian tunas yang tumbuh pada setiap cabang dipelihara 3 tunas. Jika lebih dari itu segera dipangkas. Pada tahap ini maka akan diperoleh pohon dengan rumus cabang 1-3-9.

  1. Tahap Ketiga

Pada tahap ini, lakukan cara yang sama seperti tahap kedua, namun tunas yang tumbuh biarkan dipelihara semua untuk menghasilkan pertumbuhan pohon Mangga yang sempurna.

  1. Tahap Keempat

Pangkaslah setiap cabang pohon yang mengering atau mati, cabang yang tumbuh kebawah atau kedalam, dan cabang air ( cabang muda yang tidak akan berbunga ) . Tahap pemangkasan ini dilaksanakan setelah masa panen.

Setelah semua tahap dilalui dengan penuh semangat dan kerja keras, tibalah saatnya Pohon Mangga Anda berbunga, nah setelah berbunga, biasanya buah akan siap dipanen setelah 90 – 120 hari dari awal berbunga.

Demikian step by step tehnik Budidaya Mangga yang Kami sampaikan, kini Anda tidak lagi cuma mimpi memetik Mangga dari pohon ditanah sendiri. Budidaya mangga cukup mudah bukan? Dengan lahan seadanya budidaya mangga bisa Anda lakukan sendiri. Selamat memanen hasil kerja keras Anda hehehe ….

Selain Budidaya Mangga, Silahkan baca juga Artikel kami tetang Cara Budidaya Durian Montong…

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam srikaya

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang …

2 komentar

  1. Kalau cara mengatasi agar bunga mangga tidak rontok bagaimana ya? Mohon solusinya

Ingin Budidaya Mangga di Halaman Rumah, Ini Dia Caranya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin Budidaya Mangga di Halaman Rumah, Ini Dia Caranya