Halaman Depan / Pertanian / Jahe / Cara Cerdas Budidaya Jahe Gajah Di Lahan Sempit

Cara Cerdas Budidaya Jahe Gajah Di Lahan Sempit

gambar budidaya jahe image
gambar budidaya jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman yang sangat berkhasiat bagi Kesehatan. Permintaan pasar yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat para petani tergiur untuk mencoba Budidaya Jahe.

Jenis – jenis jare yang memiliki nilai jual tinggi diantaranya adalah Jahe Merah, Jahe Gajah, dan Jahe Emprit. Selain sangat dibutuhkan di pasar local Indonesia, Jahe juga sangat dicari untuk kepentingan ekspor ke Negara – Negara di belahan bumi lainnya.

Sekarang Budidaya Jahe pun semakin digemari, dikarenakan modal yang diperlukan relative sedikit namun keuntungan yang didapat jauh berlipat ganda.

Apalagi jika Anda mengetahui trik Budidaya Jahe dengan memanfaatkan lahan sempit dengan media tanam cukup dengan polybag ataupun karung bekas. Modal terjangkau, tidak perlu lahan yang luas,namun keuntungan penjualan bisa bikin dompet Anda tidak muat karena kebanyakan isinya hehehe.

Kami kasih bocoran sedikit tentang keuntungan Budidaya Jahe Gajah ya. Misal Anda beli Bibit Jahe Gajah 10.000 rupiah per kg, kemudian Anda menggunakan media tanam karung bekas yang tentunya gratis, kan Anda tinggal ambil di gudang rumah atau minta sama tetangga hahaha.

Satu Kg bibit bisa Anda pecah menjadi 15-20 bibit tanaman. Setelah 8 bulan masa tanam, hasil panen pertanaman Jahe bisa mencapai berat 25kg / karung lho. Jika harga Jahe Gajah di pasaran 5000-6500 rupiah/kg, hitung sendiri pundi – pundi uang Anda dari Budidaya Jahe. Bisa – bisa Anda disangka Budidaya tuyul gara – gara Anda cepat kaya dari hasil Budidaya Jahe tersebut hehehe.

Mau lebih untung lagi? Semai sendiri saja rimpang Bibit Jahenya, mudah koq. Jadi Anda hanya perlu membeli beberapa bibit Jahe dan menyemaikannya sendiri.

Tentunya Rimpang Jahe yang digunakan sebagai Bibit harus sudah terpilih baik itu dari segi usia Jahe (minimal 1 tahun), maupun kualitas rimpang Jahe tersebut jangan sampai memilih rimpang yang gembos ya.

gambar budidaya jahe gajah media karung plastik image
gambar budidaya jahe gajah media karung plastik

Alasan Kenapa Budidaya Jahe Sangat Menggiurkan

  • Budidaya Jahe dapat di lakukan pada ketinggian 0 – 2100 meter diatas permukaan laut, jadi cakupan lahan Budidaya Jahe relative luas.
  • Permintaan terhadap Jahe Merah, Jahe Gajah, maupun Jahe Emprit sangat tinggi, baik untuk pasokan local maupun kepentingan Ekspor
  • Cara Budidaya Jahe mudah dan murah meriah, cukup dengan polybag besar ataupun karung bekas, sehingga tidak perlu lahan khusus yang luas dan modal yang besar
  • Harga jual Jahe menurut analisa para pakar saat ini nilai ekonomi olahan lebih tinggi daripada harga Jahe mentah
  • Masih sedikit yang melakukan Budidaya Jahe, sehingga pasokan masih sangat membutuhkan dan masih sedikit saingan.

Nah jika Anda tertarik untuk memulai Budidaya Jahe, langkah paling utama dan terpenting adalah proses pembibitan. Sebab jika dari bibitnya saja sudah salah, maka jangan harap hasilnya akan memuaskan.

1. Pembibitan Jahe Gajah

  1. Siapkan beberapa rimpang Bibit Jahe Gajah
  2. Larutkan 1 tutup botol PHEFOC ke dalam 15 liter air, dan tambahkan 2 sendok makan gula pasir, diamkan selama 15 menit agar larutan teremulsi sempurna
  3. Celupkan rimpang ke dalam larutan PHEFOC tadi selama 15 menit kemudian keringkan
  4. Larutkan 5 tutup botol SOT BINAGRO dalam 15 liter air, dan tambahkan 3 sendok makan gula pasir, diamkan selama 15 menit agar semuanya larut sempurna.
  5. Rendam kembali dengan zat pengatur tumbuh SOT BINAGRO yang sudah dipersiapkan tadi kurang lebih 6 jam
  6. Setelah 6 jam, angkat rimpang dan tiriskan hingga kering
  7. Bibit Jahe Gajah siap untuk disemaikan

2. Keuntungan Menggunakan SOT BINAGRO

  • Mampu memperkuat jaringan akar dan batang
  • Hasil panen meningkat hingga 80%
  • Daya tahan tanaman terhadap jamur dan penyakit lebih kuat
  • Mampu meningkatkan jumlah tunas hingga 200%
  • Mempercepat panen tanpa mengurangi kualitas tanaman
  • Mampu mengendalikan hama

3. Proses Penanaman Budidaya Jahe

  1. Siapkan media tanam dan juga polibag besar atau karung bekas
  2. Tanam Bibit Jahe yang tadi sudah dipersiapkan
  3. Setelah ditanam, sirami secukupnya
  4. Jangan langsung diletakkan di tempat terbuka sebelum usia tanam mencapai umur 2 bulan
  5. Setelah 2 bulan, tempatkan tanaman jahe tersebut di ruangan terbuka agar mendapat suplay sinar matahari yang cukup
gambar penanaman bibit budidaya jahe image
gambar penanaman bibit budidaya jahe
gambar perawatan tanaman jahe media karung image
gambar perawatan tanaman jahe media karung

4. Perawatan Tanaman Jahe

  1. Penyiraman dilakukan rutin setiap 2 hari sekali
  2. Pemupukan rutin dilakukan setiap 2 bulan sekali

5. Masa Panen Tanaman Jahe

Masa panen Jahe biasanya dilakukan setelah umur tanaman mencapai usia tanam 8 bulan hingga 12 bulan. Proses memanen Jahe jika kita menggunakan media Polybg atau Karung bekas tentunya tidak perlu penanganan khusus dan jauh lebih mudah.

hasil yang didapat pun jauh lebih besar daripada Anda menanam Jahe di lahan biasa. Sebagai perbandingan, jika Anda menanam Jahe di kebun, untuk satu rumpun Jahe biasanya menghasilkan 1 – 5 kg Jahe siap panen. Sedangkan dengan media karung bekas maupun polybag, hasil yang didapat bahkan bisa mencapai 10 – 25 kg setiap rumpunnya.

gambar hasil panen budidaya jahe gajah image
gambar hasil panen budidaya jahe gajah

Keuntungan lain dari Budidaya Jahe menggunakan polybag atau karung bekas adalah waktu tanam yang relative singkat yaitu hanya 8 – 10 bulan saja Jahe sudah siap panen.Bandingkan jika Anda Budidaya Jahe dengan media lahan kebun yang harus memerlukan waktu tanam minimal 12 bulan.

Nah bagaimana menurut Anda, menggiurkan sekali bukan Budidaya Jahe dengan media Polibag maupun Karung Bekas? Kalo sudah tau begitu, tunggu apalagi ? ayo kumpulin Karung Bekas milik tetangga – tetangga dekat rumah Anda, syukur dikasih cuma-Cuma, untung banyak kaan. Semoga menjadi Inspirasi dalam bertani….

Tentang Aditya Permadi

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam hidroponik tomat

Cara Menanam Hidroponik Tomat Dengan Mudah Di Rumah

Cara menanam hidroponik tomat – Bertanam dengan hidroponik saat ini sedang menjadi trend dimasyarakat, baik …

132 komentar

  1. Terimakasih atas infonya gan semoga bermampaat.

  2. mau tanya2 nich mas,dmn bisa kita dpatkan sot binagro???
    lalu apakah phefoc it termasuk jenis fungisida??apakah perlu kita campurkan kapur/dolomit pada media tanamnya??katanya tanah kalimantan itu terlalu asam untuk menanam tanaman jenis rimpang…terima kasih mas…

    • Iya mas,

      Oke mas, Jadi berdasarkan info yang kami dapatkan dari narasumber kami, terkait perlu atau tidaknya kapur/dolomit, akan kami jelaskan sebagai berikut :

      Jadi Dolomit (ca Co 3) atau sering dikenal dengan kapur pertanian adalah : mineral alam yang mengandung sumber hara kalsium yang memiliki reaksi basa. Sehingga dapat berfungsi untuk menaikan kandungan PH tanah. Jenis kaptan (kapur pertanian) yang digunakan yaitu Kalsit (ca co3)

      Berikut ini manfaatnya :
      Dapat menetralkan PH tanah (pada tanaman holtkultura/sayuran/dll)
      Sebagai penaggulangan bakteri/jamur tanah. Yang dapat membusukan rimpang/akar
      Pada lahan gambut, pengapuran selain untuk mentralkan asam juga dapat meningkatkan kesuburan pada tanah.

      Iya betul, bahwa Phefoc adalah salah satu jenis fungisida. Tepatnya Phefoc merupakan jenis produk fungisida organik cair, yang berfungsi untuk membasmi jamur pada tanaman, dan dapat merangsang proses pemulihan tanaman agar tumbuh dengan baik. Phefoc ada ber bagai jenis (fungisida, herbisida, dan pestisida). Produk pertainan dari Pt. HCS

      Mengenai sot binagro memang sekarang sulit untuk didapatkan. Karena sudah jarang didapatkan dipasaran. Solusi dari kami, Anda juga bisa gunakan suplemen sejenis yang mudah didapatkan di daerah, supaya lebih mudah dan efisien. Misalnya : Petro Biofertil atau SoT HCS atau lainnya, Sejenis suplemen untuk merangsang pertumbuhan tanaman, yang berperan sebagai mikroba perombak bahan organic (Streptomyces sp).

      Demikian penjelasan dari kami. Jika Ada yang ditanyakan kembali, silahkan? Terima kasih

  3. Aku menyukai tanam jahe . Teruskan ….maju terus…..

    • Siap. Kalo ada yang ingin dibantu jangan sungkan-sungkan untuk kontak kami. Terimakasih

      • Muhammad Sapriyansah arifin

        Mas Aditya Permadi salam kenal dari saya ” Muhammad Sapriyansah arifin ” umur 32 tahun alamat di Prabumulih Sumatera selatan. Boleh saya minta no kontak mas aditya or pin bb nya? karena kebetulan saya tertarik untuk merintis Bisnis Jahe ini di daerah tempat tinggal saya di Prabumulih. terima kasih

  4. min mau nanya, kisaran harga PHEFOC sama SOT BINAGRO berapa yah? sama kedalaman tanah untuk media tanam berapa yah?makasih

    • Baik Mas kenji.

      Mengenahi informasi tetang harga suplemen Phefoc yang dipasaran yaitu 60rb per botol 500 ml. Sedangkan untuk SOT binagro informasi Sekarang Suplemn tersebut sudah jarang dipasarkan mas.

      Jadi Anda bisa coba produk suplemen sejenis lainnya seperti Petro Biofertil atau lainya. Nah pada prinsipnya Anda gunakan sejenis suplemen untuk merangsang pertumbuhan tanaman, yang berperan sebagai mikroba perombak bahan organik.

      Untuk kedalaman tanah menanam bibit jahe, yang ideal adalah 5 – 7 cm. Dengan posisi berdiri, mata tunas diatas, supaya pertumbuhan tidak terhambat.

      Bedasarkan narasumber kami : Ada alternatif cara menanam jahe yang bisa mas kenji gunakan agar lebih maksimal yaitu, cukup benamkan bibit jahe ke media tanah (posisi berdiri), kemudian uruk dengan pupuk kandang (pupuk kandang sempurna) atau pupuk yang benar-benar matang / sudah terurai.

      Urugkan pupuk kandang hingga tertutup merata (3-5 cm). Kemudian tumpuk dengan mulsa jerami kering (3-5 cm). Fungsinya selain menjaga pertumbuhan gulma, menahan erosi tanah, juga beperan menjadi pupuk alami untuk meningkatkan kesuburan.

      Demikian penjelasan dari kami, terima kasih

  5. Untuk bibit gajah 1kg Berapa?? Terus pemesanannya kemana?..thanks

    • Terima kasih sebelumnya telah berkunjung kesini.

      Berdasarkan Informasi terkini untuk harga bibit jahe gajah yaitu berkisar 15.000/kg.
      Sebenarnya Anda dapatkan bibit di pasar, namun terkadang kualitas kurang terjamin.

      Jika Bapak ingin memesan, kami bisa bantu untuk mendapatkan bibit jahe gajah yang sudah tersertifikasi. Untuk info pemesanan bibit, untuk lebih jelas bisa hubungi kami langsung di Nomer Hp. 085747300032. Terima Kasih

  6. min mau nnya nih?
    tuk bibit jahe gajah beli/kilonya brapa?
    dan dmana,da stok ga.sya di cirebon/jabar

    • Terima kasih Pak Purwo Sugianto sebelumnya telah berkunjung kesini.

      Berdasarkan Informasi terkini untuk harga bibit jahe gajah yaitu berkisar 15.000/kg.

      Jika Bapak ingin memesan, kami bisa bantu untuk mendapatkan bibit jahe gajah yang sudah tersertifikasi. Untuk wikayah Cirebon bisanya kami kirim bibit jahe gajah dari wilayah Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.
      Untuk info pemesanan bibit, untuk lebih jelas bisa hubungi kami langsung di Nomer Hp. 085747300032. Terima Kasih

  7. maz apakah phefoc bisa didapat di toko2 pertanian terdekat? atau dimna bisa mendapatkanya…?

    • Iya pak Kholiq, untuk produk phefoc bisa didapatkan di kios/toko pertanian terdekat, jika tidak ada, kami bisa bantu untuk mendapatkan produk phefoc tersebut. terimakasih

  8. Assalamu’alaikum, mau nanya nih min..
    Saya kn mahasisswi Agribisnis mau melaksanakan Praktek Lapangan tentang teknik budidaya tanaman jahe dalam karung. Nah waktunya dibatasi hanya dalam 3-4 bulan. Pada umur segitu bagaimana perkembangan jahe ? Apa udah bisa dipanen walau belum maksimmal ?

    • Waalaikum Salam mb Sintia.

      Pada usia tanaman jahe 3-4 bulan, yaitu pada fase perkembangan rimpang,
      dengan di tandai munculnya tunas-tunas baru. Jika di panen’ bisa saja, akan tetapi
      rimpang jahe belum maksimal (masih terlalu muda), kualitas rendah, karena
      kadar air masih tinggi, dan rasa tidak pedas.
      Begitu mb Sintia, apakah ada yang ingin didiskusikan kembali? thx

  9. Assalamualaikum Mas,
    berapa banyak rimpang bibit yang di dapat per kilo bibitnya?

    Apakah menyediakan pengiriman bibit ke Sumatera barat Mas?

    Terimakasih atas perhatiannya,
    Beni, Lintau.

    • Waalaikumsalam Pak.

      Terimaksih pak sebelumnya,
      Untuk satu rimpang itu bisa menjadi banyak bibit jahe,
      tergantung ukuran rimpangnya. Pembibitan dilakukan dengan memotong
      rimpang menjadi beberapa bagian dengan cukup menyisakan 2 mata tunas
      dan setelah itu dilakukan perlakuan sebelum penanaman.

      untuk pemesanan bibit, bisa lewat kami pak, untuk wilayah jawa-luar jawa. trims
      Kontak : 085747300032

  10. Dear admin,
    Mohon petunjuknya, saya daerah garut untuk mendapatkan bibit jahe merah siap tanam ada gak ya yg dekat garut dan kira kira harga per pohon berapa?

    Terimakasih.
    Semoga sukses

    • Iya baik. Terima kasih sebelumnya

      Untuk wilayah garut (jawa barat), kami belum punya tempat pembibitan.
      Biasanya bibit untuk jahe merah kami kirim dari jogjakarta atau wilayah jawa tengah kab. pekalongan.

      Untuk harga bibit jahe merah antara 20 rb/kg nya, terimakasih

  11. Mas…saya d daerah Indramayu untuk penjualan pasca panennya bisa di bantu gak y….atau di pasarkan kemana ya…makasih mas sebelumnya

  12. maaf mas adit mau nnya jadi klo kita tanam di dataran tanah 0 mdpl itu perlu tambahan perhatian khusus lg tidak?nhun

    • Iya pak Agan.

      Jika penanaman didaerah dataran rendah dengan ketinggian 0 mpl maupun dataran tinggi, perlakuan tetap wajib.
      Tetapi untuk dataran rendah, umumnya keadaan tanah berpasir, maka pengolahan tanah dengan penambahan’
      unsur hara (pupuk kompos) dengan jumlah lebih banyak, agar pertumbuhan rimpang dapat maksimal. Thanks

  13. Minta catalog/ brosur/ email2nya ya gan.
    Modal awal berapa & bgmn simulasi itungan bisnisnya ya

    • Baik Pak Ajat.

      Coba nanti kami email untuk itungan analisis bisnis budidaya jahe
      Nah, Kira2 berapa luas lahan yang akan bapak gunakan?
      Sehingga bisa kami rincikan analisanya lebih jelas, dan terperinci. Trims
      Atau Bisa email langsung ke email kami.

      • Mas Adit, bisa juga email ke saya anlisi bisnis budidaya jahe ini…. ..?? Ulasannya cukup bagus dan menarik. H

        • admin-infoagribisnis

          Baik mas Haykal, akan saya kirim ulasan lebih lengkapnya
          jika ingin mempelajari lebih detail, Kami juga menyediakan
          E-book Premium yang membahas 3 jenis jahe secara mendetail
          yaitu : Jahe gajah, jahe merah, dan jahe emprit (kecil).

          Semuannya dikupas dari tahapan persiapan awal (lahan).
          Pembibitan (cara menentukan bibit siap tanam, menghitung rasio bibit jahe
          pada lahan tertentu, Teknik-teknik pengecambahan bibit).
          Penananaman jahe, pemeliharaan (pemupukan, pemangkasan, pengemburan, penyiangan)
          Tahapan panen, serta analisis usaha ketiga jenis jahe tersebut.

          Untuk lebih lengkap silahkan : KLIK LINK http://www.infoagribisnis.com/cara-menanam-jahe/

  14. maaf mw tny utk perawatan’a apakah perlu dilakukan pemangkasan batang/daun’a…trmksh

    • Trerimakasih Mbk indah sebelumnya,

      Untuk perawatan jahe apakah perlu pemangkasan?
      Jadi secara umum untuk budidaya tanaman jahe ini tidak perlu dilakukan
      pemangkasan baik pada daun maupun batang. Tks

  15. tks infonya mas adit, oh iya maaf mas adit klo sy pesan bibitnya untuk daerah pangandaran apa bisa?sistemnya mainnya gmn?nhun

  16. dimana bisa mendapatkan obatnya?

    • obat yang jenis apa ya pak? umumnya Anda bisa dapatkan ditoko-toko pertanian
      namun jika tidak tersedia, kami bisa membantu untuk mencarikan pak. thanks

  17. Terima kasih sebelumnya,
    salam kenal,saya zaky di gresik,jawa-timur
    saya tertarik dengan tanaman jahe gajah/jahe merah, kebetulan ada laha belankang rumah kira 8×14 apakah cukup?dg media polybag/sak bekas
    apa saja komposisi media tanamnya.
    kalau boleh saya minta catalognya,analisa prospek bisnis jahe

    • iya mas Zaky. terima kasih

      Untuk luas lahan sangat cukup,
      artinya penggunaan lahan untuk budidaya jahe gajah untuk langkah awal cukup seadaanya.
      bisa manfaatkan halaman, pekarangan, kebun, dll, pada prinsipnya dapat memperoleh penyinaran.
      Jika ingin lebih bisa menghemat tempat, mas Zaky bisa coba dengan membuat rak bertingkat.

      Untuk komposisi pada media tanam budidaya jahe gajah, yaitu : tanah liat, pupuk kandang (organik),
      dan campurkan sedikit pasir, agar ruang di dalam polybag tidak terlalu lembab.

      Untuk edisi modul panduan praktis cara budidaya jahe gajah/merah, sementara sedang kami proses,
      didalamnya kami membahas secara lengkap dari proses awal persiapan, pemeliharaan, pemanenan dan Alalisis usahanya.

      Terimaksih sebelumnya.

      • Assmlkm mas adit,

        Utk modul nya sudah ªϑª mas? Bagaimana cara saya mendapatkannya?
        Matur suwun

        Edy – Kendal, JATENG

        • Baik pak edi. ini sebetar lagi modul sudah mulai terbit.
          Untuk mendapatkan modul sementara bisa melakukan pemesanan
          ke no 085747300032. Jika sudah nanti Ada konfirmasi terkait
          modul cara budidaya jahe secara lengkap dan praktis.

          Thanks

  18. Klau luar jawa bisa kirim bibit ndak?

  19. Mas saya mau minta tolong . Saya sudah panen jahe gajah 13ton bisa bantu jualin kan ?

    Makasih

  20. salam kenal…
    saya abdul di pontianak, Kal-Bar.
    kalo sampai pontianak harga bibit jahe berapa, trus obat2an tsbt di atas apa bisa di bikin sendiri…??

  21. Agung Hardiyanto

    Assalamu’alaikum mas, saya dari Gedongtataan Pesawaran Lampung. Saya disini masih bingung tentang sistem pemodalan menanam jahe dan pada saat persiapan bibit.

    saya termasuk pemula karena baru pertama kali ingin menanam jahe ini, mohon bantuannya mas.

  22. Asalamualaikum .,
    Saya dr banyuwangi mw tanya tntang penanam n perawatan n pengobatannya .,

    • Waalaikum Salam Mas David.

      Dalam budidaya jahe gajah ada beberapa tahapan.
      Langkah yang harus Anda lakukan terkait penanaman, dan perawatan yaitu:

      1) Persiapan media tanam terlebih dahulu
      untuk budidaya jahe gajah, maka silahkan Anda tentukan
      apakah lahan/polybag/karung atau pot?

      2) Pengolahan media tanam budidaya jahe gajah
      Dengan mencangkul lahan, pembuatan bedengan,
      penambahan pupuk dasar dan sedikit penambahan kapur
      (jika keasaman tinggi).
      Campuran tanah + pupuk kandang + kapur
      Anda bisa gunakan (3:1, 5:1,7:1) + kapur sedikit.
      dan masukan kedalam media tanam.

      3) Bibit, gunakan bibit yang sudah tua
      dalam budidaya jahe gajah minimal Anda harus gunakan bibit
      umur diatas 1 th. Potong menjadi beberapa bagian (rendam larutan fungisida),
      idealnya bibit budidaya jahe gajah minimal 2 mata tunas rimpang.

      4) Penanaman
      setelah tunas mulai terlihat, meskipun belum tumbu keluar,
      bibit rimpang sudah siap ditanam.
      Penaman bibit sebaiknya dalam possi berdiri, timbun dengan campuran
      pupuk kandang + tanah atau mulsa jerami (3-5 cm)

      5) Perawatan/pemeliharaan
      Budidaya jahe tidaklah rumit, pada umumnya taman Holti
      (penyiangan,pengemburan, dan pemupukan tambahan).
      Untuk penyiraman dan pengunaan pestisida situatif saja,
      artinya jika Anda perlukan. i

      Itulah ringkasan sederhana dalam budidaya jahe gajah’
      Jika ada hal lainya yang ingin di tanyakan silahkan berikan
      Komentar Kembali. terima Kasih

  23. Min.,q mau bisnis ne bsa ksh saran ndak pemilihn bibit ma prospek k dpanx gmana???

    • Iya mas terimaksih.

      Untuk pemilihan bibit jahe tentunya ada beberapa kreteria,
      pertama memastikan bahwa rimpang yang di jadikan bibit
      berusia lebih dari 1 tahun, jenis bibit buka hasil
      pranakan yang sudah berkali-kali di kembangbiakan,
      karena jelas penurunan kualitas akan terjadi.
      Dari fisik lihat ukuran bibit, kematangan umur,
      tidak terdapat luka/lecet, dan tentunya tidak terserang jamur.

      Itu Adalah dasar, seleksi lebih lanjutnya ada bebapa tahapan yang akan kami kupas
      pada pembahasan budidaya jahe berikutnya.

      Untuk prospek kedepan, banyak sekali parameternya mas,
      minimal Anda harus memahami potensi wilayah dan bisnis plan.

      Terimaksih jika ada hal lain, silahkan berikan komentar kembali.

      • Mz kalo saya pesan bibit jahe cuma 25 kg bisa gak mz? Soale cuma ditanam di pekarangan.saya tinggal di wilayah pekalongan.

        • Iya Pak Winarso.

          Bisa kami bantu, Nanti kami konfirmasi,
          jika bibit jahe gajah sudah siap.

          Karena ini sedang menyediakan bibit
          untuk pemesan sebelumnya
          Thanks

  24. di pandaan susah nyari phefoc dan sot untuk mengganti keduanya ada nggak?

  25. Min, tolong di bantu untuk pembelian phefoc dan sot binagro karna di pontianak msh susah beli’y. Bibit jahe yg bersertifikat berapa harga’y..??

  26. bagus sekali infonya pak

  27. Mz kalo saya pesan bibit jahe cuma 25 kg bisa gak mz? Soale cuma ditanam di pekarangan.saya tinggal di wilayah pekalongan.

  28. mas pertanyaannya apakah bisa ditanam di lahan kering, artinya sulit untuk mendapatkan air. terimakasih

    • Baik mas Udin’

      Untuk budidaya tanaman jahe idelanya dilakukan di ketinggian 300-900 dpl
      Jika dilahan kering maka, hal yang perlu Anda cermati adalah pola tanam.

      Artinya : Anda harus menentukan waktu yang tepat untuk budidaya jahe gajah ini.
      Curah hujan dibutuhkan saat awal tanam, minimal 4 bulan pertama setelah tanam.
      Setelah melewati 4 bulan pertama, maka kebutuhan curah hujan mulai berkurang.

      Jadi dilahan kering bisa saja Anda lakukan budidaya jahe, akan tetapi sebaiknya
      dilakukan di awal musim penghujan. Jika kondisi terlalu kering, penyimaran intensif
      wajib Anda lakukan.

      Jika Ada hal lain yang ingin ditanyakan, silahkan berikan komentar kembali. Thanks

  29. Admin yang baik.
    Petani jahe merah di tempat kami kab. Merangin prov. Jambi kesulitan mencari harga pasar yang baik. Bisa bantu salurkan dengan harga yang baik ga mon?
    Terima kasih

  30. Selamat malam
    Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap admin,saya ingin berbagi informasi tentang kemitraan jahe
    Terutama jahe gajah dan jahe merah
    Posisi kami di daerah jember jawa timur
    Mayoritas mitra jahe kami di daerah ex karisidenan besuki(mayoritas di jember,bondowoso,banyuwangi)
    Kami menyediakan bibit,polibak,bokasi,pupuk(organik),pemandauan persiapan tanam,masa pemeliharaan hingga pasca panen
    Mungkin jika ada yg berkenan mohon kontak admin

  31. saya azwin di batang limpung…apakah jahe yang sudah di tanam perlu di semprot dengan fungsida mas? Sebab pohon jahe yg saya tanam daunnya ada bercak putih terus lama2 berlubang…mohon informasinya mas, saya pemula.

    • Iya Pak Azwin

      Budidaya jahe jika terserang bercak daun, biasanya disebabkan oleh serangan cendawan
      atau parasit Phyllosticta sp. Penyakit ini sangat mudah menyebar ketanaman jahe lainya.
      Persebaran cendawan ini, cukup melalui angin dapat menyebar ke seluruh lahan Anda.

      Jadi hal tesebut harus segera Anda atasi:

      Pertama
      Penanggulangan : Dengan melakukan sanitasi (penjarangan tanaman)

      Kedua
      Pengolahan Lahan : Mengatur drainase, dan selanjutnya pemberian mulsa, supaya kelembaban tetap terjaga

      Ketiga
      Jika penyakit terlanjur menyerang sebaiknya lakukan secepatnya ngendalian dengan fungisida
      Anda dapat menggunakan jenis fungisida (Ditnane M-45, Delsene MX-200 dan Bavistin <0,25%>)

      Jika ada hal lebih lanjut silahkan berikan komentar kembali. Terima kasih

      • maaf mas yg di maksud penjarangan itu gimana si mas..maklum petani baru..hehehe..
        Terus cara penyemprotan ditane 45 itu gimana mas, selang waktu berapa hari atau berapa minggu? Berapa gram untuk tanaman jahe…trimakasi sebelumnya.

  32. mas untuk 1 karungnya harus di tanami brp bibit biar bibit bs tumbuh secara optimal..??? tq

    • Iya Terima kasih

      Penggunaan bibit sebaik disesuaikan dengan ukuran karung.
      untuk Idealnya dalam 1 karung ukuran 5 kg dengan menggunakan
      bibit jahe 3-5 bibit. Demikan Yang dapat kami jelaskan.
      Terima Kasih.

      Jika ada pertanyaan lain, terkait budidaya jahe gajah / merah
      silahkan berikan komentar Kembali.

  33. Tanaman jahe saya Daunnya ke kuning kuningan & Bolong,Tapi saya menanam jahe di lahan terbuka,
    Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

  34. Pak aditya saya kesulitan menjual jahe gajah d daerah cianjur..mungkin pak aditya bisa bantu saya? Trimakasih

  35. saya minta informasi harga bibit jahe gajah yang sudah siap tanam ( yang sudah tersetifikasi ),nuhun

  36. mas adit,sudah ada bibit jahe gajah-nya blm???

    • bibit yg sudah siap tanam sudah ada blm mas???

      • Terimaksih pak Yoga.

        Untuk saat ini bibit yang siap tanam belum kami sediakan.
        Namun untuk panduan proses pembibitan secara lengkap.
        Hingga tahapan Analisis Usaha Tani, segera akan kami rilis
        untuk bisa dijadikan rujukan. Terima kasih

  37. prasetya bumisakti

    mas aditya.. bila ada penjual jahe gajah siap panen mohon diinfokan.. saya butuh dalam jumlah besar.. bisa dikirim lewat email atau 082232269068.. trimakasih

  38. maaf mas yg di maksud penjarangan
    itu gimana si mas..maklum petani
    baru..hehehe..
    Terus cara penyemprotan ditane 45 itu
    gimana mas, selang waktu berapa hari
    atau berapa minggu? Berapa gram untuk tanaman jahe…trimakasi
    sebelumnya.

  39. maaf mas saya pernah ada yang menyarankan nanti klo batang daunnya udah agak tinggi agar dipotong agar pertumbuhannya lebih ke rimpang… apakah benar seperti itu. terima kasih

  40. saya mau tanam jahe di media sawah
    apakah bisa

    • Iya pak hadi.

      Budidaya jahe dengan media sawah apakah bisa?
      Iya bisa pak, namun sebaiknya sawah dikeringkan dahulu
      kemudian dibentuk dengan pola bedengan pada lahan yang
      akan digunakan.

      jika ada yang ingin ditanyakan kembali silahkan berikan komentar kembali. trims

  41. Raditya Ferry Irawan

    Selamat siang Mas aditya.
    mau tanya, jika kita beli bibit siap tanam, apakah ada kemungkinan berhasil tumbuh?

    Info yang saya terima, beli bibit siap tanam, belum tentu mau beradaptasi dengan tanah tempat penanaman, jadi lebih baik membuat bibit sendiri. Apakah itu benar?

  42. Mas saya minta tolong obat yg gampang carinya di pasaran biasanya apa mas,,,mohon di beri ptunjuk seprti gantinya pherfoc dll.

  43. Saya agus di pontianak kalbar, mtanya mas harga bibit perkg+ onhkos kirim berapa. Dan obat2 tersebut brp harga prbotol atau perkg nya dan apakah sdh ada perwakilannya di pontianak, trm kasih

  44. Name (required)

    maaf mas,mau nanya.kalo tanam jahe gajah di bulan ini(mei)cocok nggak,soalnya mendekati musim kemarau.trus apakah panen di bulan tertentu mempengaruhi harga jual jahe?makasih mas.

    • Baik terimaksih sebelumnya

      Untuk usia panen jahe tergantung dari pasar yang Anda tunjukan
      tentunya. Pertimbangan umur rimpang sangat mempengaruhi kualitas
      dan juga harga jual.

      Dalam pemanenan budidaya jahe, bisa dikategorikan menjadi 2.
      yaitu panen jahe di usia muda dan di usia tua.

      Untuk lebih jelasnya ada modul (ebook) panduan budidaya jahe
      yang bisa membuat Anda lebih jekas.
      Pemesanan Modul (ebook) Vademecume Tanaman Jahe
      Silahkan Hub. Admin service di tlp. 082226401457 dan PIN BB 550CD03D

  45. Salam knal min

    Saya dari padang sumatra barat

    Saya mau tanya

    Bibit nya bisa pesan dan krim ke padang
    Beserta obat2nya

    Tolong di jelasa kan rincian harga nya

    Terima kasih

  46. Salam knal min

    Saya dari padang sumatra barat

    Saya mau tanya

    Bibit nya bisa pesan dan krim ke padang
    Beserta obat2nya

    Tolong di jelas kan rincian harga nya

    Terima kasih

    • Salam kenal kemabali pak.

      Untuk saat ini bibit sementara sedang kosong.
      namun untuk info lebih jelas bisa hubungi no kami
      terkiait bibit dan modul (ebook) Vademecume Tanaman Jahe
      Admin service di 082226401457 dan invite PIN BB 550CD03D

  47. Peni Srirejeki

    Salam kenal p Adit.
    Sy mohon penjelasannya,kenapa rimpang jahe merah dan jahe emprit yg sy tanam di lahan samping rumah terdapat bintik2 putih dan rimpannya gk bisa besar pdhl sy panen umur 1 th.
    Maaf sy cuma ibu tumah tangga biasa yg senang bertanam toga di sisa pekarangan rumah yg berukuran 8×15 m.
    Sy tinggal di Kediri Jawa Timur.
    Terima kasih

    • Salam kenal kembali ibu peni.

      Bintik-bintik putih yang menyerang pada rimpang jahe
      itu disebabkan oleh serangan jamur atau cendawan seperti
      Rigidoporus lignosus (Klotzch) Imazeki.

      Jamur ini tumbuh pada lingkungan yang kurang sehat,
      berkembangnya terjadinya jamur tersebut bisa disebabkan oleh
      kelembaban pada tanah, pengunaan pupuk kandang yang kurang sempurna,
      dan sanitasi media tanam yang kurang baik.

      untuk menangulangi sebaiknya tanaman dicabut, dan jangan di tanami
      jahe kembali, ganti dengan tanaman lainnya. Seperti kacang-kacangan
      untuk mengembalikan kesuburan tanah. jahe yang sudah dicabut jangan
      digunakan sebagai bibit bu. Karna sudah terinfeksi cendawan.

      Sebelum melakukan penanaman, tanah dicangkul dan didiamkan hingga 2-3 minggu
      agar terjadi penguapan dan peresapan sinar matahari. Tambahkan sedikit kapur
      (dolomit) untuk menetralkan PH tanah bu, supaya tidak asam.

      Demikan yang bisa kami jelaskan, Jika ada hal lainya, silahkan berikan komentar kembali. Trims

  48. maaf mz admin mau tanya nih.apakah bisajahe yg sudah berumur 8 bln di dlm karung diatasnya kita letakan tanah kembali dan kita tanam lagi bibit nya,agar jahe nya lbh banyak hasilnya trims.

    • Aditya Permadi

      Terima Kasih Sigit Prasetyo

      Sabaiknya jangan dilakukan karena jika ditanami dengan bibit baru maka,
      proses panen akan lebih lama, selain itu rimpang yang sudah berusia
      8 bulan akan menyusut atau busuk akibat tidak ada asupan tumbuh dari batang tanaman.

      Jadi bukan malah semakin banyak hasilnya akan tetapi penurunan. Belum lagi rugi waktu
      dalam pemeliharaan. Saran kami sebaiknya dilakukan pemanenan dahulu, baru dilakukanan penanaman
      bibit jahe kembali.

      Nah, jika Ada yang ingin ditanyakan. Silahkan berikan komentar kembali

  49. Mas admin… Klw Kta tanam jahe dkarung pas panen kan banyak tanah sisa tuh.. apakah tanah tu mash bagus untuk dipakai lagi buat tanam jahe?
    Mksh mas ..

    • Baik mas Aan

      Tanah yang telah digunakan untuk penanaman jahe pada media karung/polybag.
      sebaiknya jangan langsung digunakan kembali. Namun baiknya tanah dikeluarkan
      dari media karung, diamkan terurai hingga 1 bln, baru tambah dengan pupuk kandang, dan
      tanah baru, setelah itu ulangi persiapan media tanam seperti awal.

      Begitu penjelasanya mas aan. Jika Ada hal lainya tentang budidaya jahe yang ingin
      ditanyakan silahkan berikan komentar kembali.

  50. masa panen 8 bulan itu apa mulai dari semai bibit dari rimpang atau mulai dari kita tanam bibit yg sudah bertunas? menurut bapak yg paling bagus prospeknya dan juga hasilnya (keuntungannya) jahe apa? merah, gajah apa emprit terima kasih

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak Arif, Itu dihitung dari persiapan pembibitan jadi sebenarnya
      waktu tanam yang diperlukan untuk dalam budidaya jahe gajah adalah 7 bulan.

      Namun jika yang diperlukan adalah untuk memproduksi bibit maka baiknya usia
      panen, dilakukan saat jahe berumur diatas 8 bulan.

      Untuk analisisnya dari ke tiga jenis sebenernya sama2 menguntungkan.
      Akan tetapi dalam perhitungan penambahan nilai ratio paling besar adalah jahe gajah.
      Untuk lebih jelasnya Anda dapat memperoleh info lebih lengkap dengan perhitungan
      akurat serta angka normatif. Selengkapnya dapat dipelajari lewat Ebook Budidaya Tanaman Jahe

      Info pemesanan Ebook buku Panduan Budidaya Jahe KLIK SELENGKAPNYA

      Terimaksih

  51. Omm admint, ,,
    Saya Mau tanya sdikit omm,,
    Klu sya ada jahe hasil dari panenan saya sendiri,,
    Baik jahe gajah/ jahe merah,
    Apakah omm admint mau membelinya,,?
    masalah harganya bgaimana..?
    dan nominal jahe terendahnya brp kwintal/ton omm admint mau membeli/mengambil jahe tsb…?
    Possi saya di boyolali jateng omm…
    Trimakasih sebelumnya omm….

  52. Hello Admin ..

    Saya berada di Batam dan tertarik utk budidaya jahe.
    Dengan kondisi tanah di Batam ( dengan suhu udara rata – rata 26 – 34 derajat Celcius. Tanahnya merah …

    Apakah dengan suhu udara tsb bagus utk tanam jahe pak ?
    Jika kurang bagus..bagaimana solusinya ?

    Thank,Rgds
    TAmi

  53. salam mas adit, mksh ni imfo ny yg pasti byk berguna unt saya

    • admin-infoagribisnis

      Baik Hamdan adam.

      sama-sama terimakasih kembali. Jika ada hal lain yang lain yang ingin ditanyakan
      silahkan berikan komentar kembali.

  54. mas admin mau pesan Ebooknya donk,,,,

    caranya gimana?

    thx

  55. Salam pak admin…

    Sy kebetulan mencoba menanam jahe gajah dgn sistem polybag.
    Pertumbuhan di umur 0-3bln cukup baik. Sy mulai menanam pd awal bln maret. Tp setelah itu tanaman menguning dr bag pangkal batang sampe ke daun. Padahal di msm kemarau ini sy udh memberi penyiraman tiap 2hari sekali pada sore hari. Sekitar jam 4-5 sore.
    Mohon infonya pak.

    Terima kasih.

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak, dalam budidaya jahe banyak faktor yang menyebabkan daun berubah menguning.
      selain faktor hama penyakit, iklim, suhu, dan cuaca.

      umumnya dimusim kemarau kurang baik dilakukan penanaman budidaya jahe, karena suhu udara
      luar yang terlalu panas, meskipun penyiraman dilakukan secara rutin.
      Sebaiknya penanaman dimulai pada akhir musim kemarau pak, atau diawal musim penghujan.

      Nah, jika daun tetap mengering usahakan mengunakan paranet untuk melindungi tanaman, sehingga
      suhu udara terjaga pak. terina kasih pak

      jika Ada hal lain yang ingin ditanyak terkait budidaya jahe silahkan untuk memberikan komentar
      kembali.

  56. salam kenal mas aditya saya mau tanya kalau ditanam pake media karung apakah langsung bibitnya di tanam di karung atau kita semai di polibak

    • admin-infoagribisnis

      Baik Terima Kasih.

      Dalam budidaya jahe, dengan media karung memiliki keunggulan.
      yaitu salah satunya dengan penyemaian secara langsung, dengan menanam 2-3 potong bibit jahe.
      Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu, posisi mata tunas harus diatas, supaya pertumbuhan
      tanaman jahe tidak terhambat.

      Penyemaian dengan media polybag memerlukan mulsa jerami sebagai perangsang media tumbuh dan
      akan berperan sebagai pupuk setelah jerami membusuk. Jika Ada hal lainya
      tetang budidaya jahe, Anda bisa memberikan komentar kembali. Terima Kasih

  57. Tapi mertua saya tanam jahe ditanah hasilnya malah sangat banyak mencapai 15 kg rata2 dan cepat panen. Ya tentunya tanahnya digemburkan terlebih dahulu, baru dicampur tanah pupuk dan pasir sedikit.
    Sedangkan tetangga saya tanam jahe di polybag hanya dapat 2 kg per polybagnya.

  58. Salam mas Adit,

    Saya Zulfan dari Aceh, mau nanya pak

    1. Untuk 500 karung butuh bibit berapa banyak,,?
    2. Apakah pencampuran kompos dalam media tanam itu keharusan,?

    itu saja, sebelumya saya ucapkan terima kasih.

    salam Sukses.

    • admin-infoagribisnis

      Salam kembali Zulfanhadi

      Jadi dalam budidaya jahe untuk kebutuhan bibit
      dapat disesuiakan dengan media tanam. Artinya tergantung
      ukuran karung atau polybag. Umumnya untuk polybag atau karung
      ukuran 5 kg. digunakan 2-3 potong bibit dengan 2 mata tunas.

      Jika 500 buah karung maka : Kebutuhan bibit budidaya jahe
      * Asumsi 1 kg = +- 30 potong bibit
      * 1 Karung di isi 3 Potong

      Maka kebutuhan bibit budidaya jahe Anda adalah 1500 potong/50 kg.

      2. Apakah dalam budidaya jahe mengunakan kampos wajib.

      Sebenarnya tidak juga, yang terpenting adalah asupan nutrisi bagi tanaman.
      Nah’ namun perlu Anda tahu juga bahwa dalam budidaya jahe yang dihasilkan adalah
      berupa “rimpang” Untuk mendorong pertumbuhan rimpang optimal, pengunaan kompos dalam
      budidaya jahe sangat diperlukan. Karena dengan pencampuran kompos, tanah menjadi lebih gembur
      dan unsur-usur hara yang dibutuhkan tanaman dapat terurai.
      Sehinga pasokan nutrisi tanaman jahe optimal.

      Demikan penjelasan singkat kami tentang budidaya jahe.
      Jika ada yang ingin ditanyakan kembali terkait budidaya jahe, silahkan berikan Komentar Anda. Terima Kasih

  59. Artikel yg sangat bagus Mas Aditya. Saya Mozaa ingin nanam jahe sistem polybag di pekarangan rumah. Tapi sebelumnya mau nanya, boleh kan? Ada gak pengaruh naungan terhadap pertumbuhan dan produksi jahe? Kalau ada pd umur brp saja sebaiknya diberi naungan dan apakah jenis naungan yg baik utk jahe? Tks Mas

  60. Syaiful Ahmad Kodri

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    salam kenal untuk admin mas aditya,.. saya syaiful ahmad kodri dari Pekanbaru Provinsi riau.
    sedang butuh bantuan dalam penanaman dan pemasaran jahe.
    berencana untuk membeli ebook nya dalam penanaman,..
    tapi kebingungan dalam pemasarannya,.
    mohon bantuan dalam pemasaran nya ya mas.
    Wassalam,

    • admin-infoagribisnis

      Waallaikumsalam Pak Ahmad Kodri.

      Baik pak, untuk teknis budidaya jahe
      sudah kami bahas pak secara lengkap
      dan detail tahapan-demi tahapan.

      Untuk pembahasan lebih lengkap terkait
      ebook panduan Budidaya Jahe Silahkan KLIK DISINI Pak.

      Terima Kasih Pak Kodri

  61. Mas utk pemasaran/penjualan hasil panen jahe merah gmn ya mas…

  62. Mlm mas, sya iwan
    Mau tanya,klau pengunaan dolomit agk banyak sblum penanaman pa da pengaruh ke pertumbuhan bibit/rimpang
    Trims:

    • admin-infoagribisnis

      Pengunaan kapur atau dolomit dalam budidaya jahe pada prinsipnya adalah untuk menyetabilkan PH tanah.
      Proses pengunaan dolomit umumnya dilakukan diawal bersamaan dengan proses persiapan lahan.

  63. saya butuh info tentang jahe merah,ada kah yg bisa menyediakan jahe merah sebayak 5ton.
    informasi lebih lanjut silahkan hubungi saya
    nama:annysha
    telpn:081337686271

  64. Selamat sore mas..! Saya lagi mulai budidaya jahe tapi saya sulit mendapatkan bibit unggul jahenya yaitu jahe gajah ataupun jahe emprit. Bisa bantu saya mas saya mau pesan..banyaknya kira”untuk 200 polybek. Terima kasih sebelumnya. Tlg info ke kontak sy 085215240348 atau Wa sy 089508350064. Wassalam.

  65. Salam kenal mas…
    Saya Ramadhan sigek di Aceh…
    lagi memulai menanam jahe,tahap pertama yg sdh saya tanam 1000 karung/goni..
    Yg saya ingim tanyakan disini Mas,bagaimana cara saya memasarkan hasil tanaman saya kelak
    dengan hasil panen di atas satu ton lebih perbulannya?
    Mohon di bantu solusinya Mas..Trimksi.

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak untuk info pemasaran, nanti jika sudah panen jahe Anda bisa menghubungi kami. Kami akan mencoba membantu link pemasaran di wilayah bapak. Terima Kasih

  66. Selamat malam mas salam sukses….
    Saya mohon untuk pembelian bibit jahe gajah di wilayah tasik malaya.

  67. Salam kenal pak adit….
    Saya tertarik untuk mrintis bisnis jahe di daerah saya tp…
    Bgaimn cara mengatasi untuk lahan terbuka…..
    Sdgkn klu pkai polybag untuk lahan terbuka bgaimn pak….

  68. Salam kenal mas aditya sy agus baru coba tnm jahe gajah dipolybag dg membeli bibit dri psr dijakarta untuk tnm ditenjo bogor klo sy ada kendala baik itu dlm budidaya maupun pemasaran nanti sy akan hub bpk untuk sharingnya. Terima kasih salam kenal

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak Agus Suryo. Dengan senang hati, silahkan kontak pak, kita bisa diskusikan dan saling berbagi pengalaman tentang budidaya jahe merah.

  69. assalamu’alaikum kk.
    saya nadira di Padang, sumatra barat. mau budidaya jahe gajah. masalahnya saya gak tau harus dapat bibit unggulnya dari mana & nanti klo udah panen mau di pasarkan kemana..

    mohon bantuannya kk. makasih… 🙂

Cara Cerdas Budidaya Jahe Gajah Di Lahan Sempit


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Cerdas Budidaya Jahe Gajah Di Lahan Sempit