Halaman Depan / Pertanian / Budidaya Buah Naga: Efek Sambung Produksi Meningkat 250%

Budidaya Buah Naga: Efek Sambung Produksi Meningkat 250%

gambar budidaya buah naga kuning sambungan image
gambar budidaya buah naga kuning sambungan

Budidaya buah naga mulai banyak dikembangkan di Indonesia sejak tahun 2000-an. Permintaanya yang kian melonjak membuat para petani makin kualahan. Beberapa inovasi budidaya buah naga juga terus dikembangkan yang bertujuan meningkatkan hasil produksi.

Salah satunya yaitu pengembangan budidaya buah naga yang dijalankan oleh Asroful Uswatun. Di desa Sidomulyo, Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Budidaya buah naga tidak semuanya dapat berjalan dengan lancar, berbagai kendala tentunya dapat saja terjadi, seperti yang di alamai  Asroful ini.

Demi menyelamatkan 1.200 tanaman buah naga kuning yang terserang busuk batang Wanita berusia 45 tahun ini, berupaya melakukan berbagai cara dengan menyemprot fungisida pada tanaman. Meskipun hal tersebut telah dilakukan, namun sayang 400 batang pohon buah nanga akhirnya mati.

Resiko dalam budidaya buah naga adalah serangan busuk batang oleh cendawan (Sclerotium rollfsii). Umumnya menyerang pada saat tanaman berusia 0-3 tahun. Serangan cendawan ini jika tidak diantisipasi dengan baik dapat menyebabkan kematian hingga 100%. Jelas berakibat Budidaya buah naga rugi total.

Dari pengalaman tersebut akhirnya Asroful Uswatun berupaya mengatasi serangan busuk batang. Cara yang ia lakukan adalah dengan menyambung (menempelkan batang bawah) buah naga merah ke batang buah naga kuning.

A. Efek Sambung Batang Dalam Budidaya Buah Naga

Dengan menyambung seluruh tanaman buah naga yang tersisa yaitu 800 tanaman. Akhirnya budidaya buah naga dikebun milik Uswatun mampu terselamatkan dan dapat tumbuh subur.

Tiga pekan berselang pasca penyambungan, tanaman buah naga tak disangka-sangka sudah mulai tumbuh sulur dan berbunga. Padahal perlu biasanya rata-rata budidaya buah naga memerlukan waktu kurang lebih 2 tahun, tanaman baru mulai berbunga “kata Uswatun”.

Cepat sekali bukan? Dalam waktu satu tahun tanaman buah naga sudah mulai berbuah. Dengan melakukan penyambungan ini Asroful dapat memanen rata-rata 27 buah tiap tanaman. Dan bobot buah berkisar kurang lebih 225 gram, jika ditaksir maka 1 tanaman buah naga menghasilkan 6,5 kg buah per tanaman.

Menurut Uswatun, produksi ini cukup luar biasa. Karena budidaya buah naga tanpa perlakuan menyambung, satu tanaman hanya dapat menghasilkan 10-15 buah saja. Berbeda setelah dilakukan penyambungan batang.

Efek yang dihasilkan dari menyambung batang, yaitu produksi buah mencapai 2,5 kali lipat lebih besar. Dengan kata lain hasil panen kebun budidaya buah naga wanita berusia 45 tahun ini meningkat menjadi 250% pertanaman “waw luar biasa”. Bagaimana Apakah Anda tertarik dengan cara ini?

B. Alasan Mengapa Produksi Buah Naga Meningkat

Menurut Dosen Fisiologi Tumbuhan ITB, menyambung batang buah naga merah (red) pada batang buah naga kuning, dapat menambah kemampuan tanaman untuk menyerap asupan air, bahan organik, dan mineral dari tanah. Sehingga sehingga pertumbuhan tanaman dalam budidaya buah naga menjadi semakin baik.

Adanya penambahan kaki yang menempel pada batang utama, membuat asupan usur hara menjadi dua kali lipat, sehinga bahan baku untuk proses fotosintesis sersuplay dengan baik. Akibatnya pertumbuhan sulur dan buah menjadi semakin cepat, dan produktivitas tanaman pun meningkat.

Sama halnya yang dikemukakan oleh Ir. Retno Mastuti, Dosen Biologi Brawija Malang. Dengan melakukan teknik penyambungan jaringan pembuluh tanaman akan menyatu, sehingga Asupan nutrisi pada batang akan tercukupi dengan baik.

Salah satu kunci sukses teknik penyambungan batang buah naga adalah dengan memperhatikan fisiologis kedua tanaman. Contohnya Anda bisa menyabung varietas buah naga red hibrida sebagai batang bawah, karena lebih tahan terhadap busuk batang, sedangkan batang atas mengunakan batang buah naga kuning yang lebih prioduktif.

Dengan menggabungkan kedua sifat tersebut, maka dapat mendorong pertumbuhan tanaman, dan produksi budidaya buah naga semakin baik.”kata Retno Mastuti”.

Berikut ini manfaat yang dapat Anda peroleh dari menyambung batang dalam budidaya buah naga yaitu :

  1. Tanaman menjadi tahan terhadap serangan penyakit, terutama serangan jamur/cendawa.
  2. Pertumbuhan tanaman buah naga menjadi semakin pesat, karena memiliki batang dan perakaran yang kuat.
  3. Mempercepat pembungaan, dengan ditandai pertumbuhan sulur.
  4. Panen buah lebih cepat, dalam waktu 1 tahun tanaman buah naga sudah berbuah.
  5. Dengan menyambung batang, jumlah buah yang dihasilkan lebih banyak ketimbang budidaya buah naga dengan cara biasa.
gambar bibit buah naga sambungan image
gambar bibit buah naga sambungan

C. Cara Sambung Batang Dalam Budidaya Buah Naga

Diatas sudah kami sampaikan  keuntungan budidaya buah naga dengan mengunakan teknik sambungan batang. Anda pasti penasaran bagaima cara menyambungnya, simak berikut ini tahapan menyambung batang buah naga.

  1. Anda harus menyiapkan dua buah batang buah naga, (buah naga merah dan kuning) potong menjadi ukuran 50 cm untuk batang buah naga merah dan buah naga kuning 25 cm.
  2. Agar hasilnya lebih maksimal sebaiknya Anda gunakan batang buah naga merah yang sudah tumbuh pada polybak.
  3. Sayat batang menjadi bentuk V, untuk batang buah naga merah bentuk V dari atas, sendangkan batang buah naga kuning V dari bawah. Supaya saat digabungkan tidak ada rongga udara (ukuran V 7 cm).
  4. Kemudian sambungkan kedua batang, hingga bertemu antar urat.
  5. Agar sambungan menjadi kuat, ikat dengan tali palstik.
  6. Upayakan bibit sambung jangan terkana sinar matahari secara langsung, ditaruh ditempat teduh.
  7. Setelah 2 bulan, atau dengan ciri batang atas sudah mulai tumbuh tunas, bibit buah naga sambung bisa Anda tanam ke media tanah.

Menggunakan bibit sambung dalam budidaya buah naga seperti ibarat kata: Sekali mendayung dua-tiga pulau terlampui. Dengan cara tersebut hasil panen buah naga semakin cepat dan belipat ganda. Demikanlah pengalaman budidaya buah naga ala Usroful dari Jember. Selamat mencoba..

Sumber : diolah dari trubus dan Berbagai sumber

Dapatkan Info Budidaya lainya hanya di www.infoagribisnis.com

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tabulampot jambu air

Tabulampot Jambu Air Susah? Baca Dulu Tipsnya Di Sini

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tabulampot jambu air. Jika Anda seorang penghobi …

Budidaya Buah Naga: Efek Sambung Produksi Meningkat 250%


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Budidaya Buah Naga: Efek Sambung Produksi Meningkat 250%