Halaman Depan / Pertanian / Abon Ikan Tuna, Ternyata Lebih Lezat dan Tahan Lama

Abon Ikan Tuna, Ternyata Lebih Lezat dan Tahan Lama

gambar  abon ikan tuna image
gambar abon ikan tuna

Bosen dengan lauk itu-itu saja? Ingin suasana baru dengan menu baru agar nafsu makan kembali menggelora? Cobalah Abon Ikan Tuna. Eh tapi kalo sekali nyoba abon ikan tuna ini, Kami tidak menanggung resiko kalo Anda mengidap efek ketagihan akut lho ya hahaha…

Abon adalah jenis makanan yang berbentuk serat daging, umumnya berwarna coklat muda sampai coklat tua. Jika anda sudah pernah nyoba Abon Sapi di pasaran, cobalah sekali-kali untuk mencicipi Abon yang terbuat dari Ikan.

Disamping rasanya yang lezat, Ikan merupakan sumber protein yang sangat tinggi dan bebas dari kolesterol, tidak seperti Sapi sebagai bahan baku Abon lainnya.

Ikan yang biasa dijadikan bahan baku untuk abon ikan umumnya adalah jenis ikan lele, Gabus, Tongkol, Cakalang, Tengiri, Bandeng, juga Ikan Tuna. Nah jenis ikan yang terakhir ini belakangan menjadi favorit para pecinta wisata kuliner. Kali ini kami akan menngajak Anda bagaimana cara membuat resep abon ikan tuna.

Rasanya yang gurih dan khas, membuat abon ikan tuna mendapat tempat tersendiri bagi kalangan pecinta makanan. Disamping rasa, kandungan gizi Abon Ikan tuna juga sangat berguna bagi tubuh Anda.

A. Kandungan Dan Manfaat Abon Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Banyak sekali kandungan protein yang terdapat dalam Ikan, terutama ikan Tuna. Beberapa Mineral yang terkandung pun sangat berguna bagi perkembangan putra putri Anda. Dari Kalsium, Kalium, Fosfor, Omega 3 , Omega 6, sampai Omega 12 lengkap diborong semua oleh abon ikan tuna.

Mineral seperti Kalsium , Kalium, juga Fosfor yang terkandung dalam Ikan Tuna sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi putra putri Anda

Sedangkan Omega 3, Omega 6, hingga Omega 12 yang ada dalam Abon Ikan sangat berguna bagi kecerdasan Otak anak Anda. Itulah beberapa keutamaan kandungan protein yang terdapat dalam Abon Ikan Tuna.

Penasaran dengan abon ikan tuna? Anda bisa membelinya di warung-warung terdekat. Atau agar lebih higienis dan rasanya sesuai keinginan Anda, bikin sendiri saja abon ikan tuna ini dirumah. Caranya gampang koq, tinggal beli Ikan Tuna dipasar, dan ikuti step by step Cara Membuat Abon Ikan Tuna yang akan Kami bahas kali ini untuk Anda.

B. Resep Abon Ikan Tuna

Inilah rahasia Resep Abon Ikan Tuna yang akan Kami bahas, simak baik-baik dan jangan lupa dipraktekkan dirumah Anda ya.

Bahan Utama Membuat Abon Ikan Tuna

  1. Karena Anda hendak membuat Abon Ikan Tuna, tentunya bahan utamanya adalah Ikan Tuna segar. Belilah 1kg Ikan Tuna yang sudah berbentuk fillet, hal ini jauh lebih praktis daripada Anda membeli Ikan Tuna utuh dan harus repot-repot untuk meraciknya menjadi bentuk fillet bukan?
  2. Berikutnya memarkan jahe secukupnya, kurang lebih 1cm Jahe
  3. Juga siapkan 2 batang serai, jangan lupa untuk dimemarkan juga agar citarasa serai lebih keluar.
  4. Persiapkan juga setengah butir kelapa segar untuk membuat santan, kurang lebih dari setengah butir kelapa tersebut akan dihasilkan kra-kira 150 ml santan segar.
  5. Siapkan juga 300 ml minyak goring untuk menumis.

Bumbu Halus untuk Abon Ikan Tuna

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit
  4. 1 sendok the ketumbar
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. Garam secukupnya

Cara Membuat Abon Ikan Tuna

  1. Pertama, kukus fillet Ikan Tuna yang sudah kita dapatkan di pasar tadi hingga lunak. Hati-hati dalam tahap ini jangan sampai Ikan Tuna terlalu matang dan hancur.
  2. Setelah dikukus dan daging Ikan Tuna sudah lunak, angkat dan tiriskan serta tunggulah sampai dingin.
  3. Setelah dingin, parutlah Ikan Tuna tersebut, atau bisa juga dengan cara disuwir-suwir sesuai selera.
  4. Tahap berikutnya panaskan 2 sendok makan minyak goring, lalu tumislah bahan-bahan bumbu halus diatas yang sebelumnya sudah dihaluskan.
  5. Tambahkan juga serai dan jahe dalam tumisan bumbu tadi, oseng-oseng sampai beraroma harum.
  6. Kemudian segera masukkan 150 mg santan dan suwiran atau parutan ikan tuna tadi, aduk rata dan masak diatas api yang kecil agar jangan sampai gosong, terus diaduk aduk hingga kering.
  7. Setelah itu, tahap berikutnya adalah panaskan sisa minyak goring yang ada untuk menggoreng adonan Ikan Tuna tadi, gorenglah dalam api kecil hingga kering
  8. Setelah mengering, segera angkat dan tiriskan
  9. Peras atau pres hingga minyaknya tiris, Abon Ikan Tuna siap untuk disajikan.

Nah mudah bukan untuk membuat abon ikan tuna Anda sendiri dirumah, nikmati dengan nasi panas atau lauk lainnya tergantung selera Anda.

Jangan lupa untuk berbagi dengan tetangga sekitar agar ikut mencicipi hasil racikan Abon Ikan Tuna buatan Anda, siapa tau para tetangga nantinya justru minta dibikinkan abon ikan tuna oleh Anda, dan tentunya hal itu adalah peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Jika ada pertanyakan atau saran, silahkan berikan komentar Anda.

Baca Selengkapnya: Ampuh!!! Khasiat Lidah Buaya Untuk Rambut

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

manfaat buah ciplukan

10 Manfaat Buah Ciplukan Yang Berguna Bagi Tubuh

Manfaat buah ciplukan – Ciplukan atau yang biasa juga disebut ceplukan adalah jenis tanaman liar …

Satu komentar

  1. mudah juga buatnya ternyata, silahkan dicoba temen-temen semua

Abon Ikan Tuna, Ternyata Lebih Lezat dan Tahan Lama


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Abon Ikan Tuna, Ternyata Lebih Lezat dan Tahan Lama