Halaman Depan / Pertanian / Inilah Dia Cara Menanam Terong Hasil Buah Maksimal

Inilah Dia Cara Menanam Terong Hasil Buah Maksimal

Menanam terong dengan praktis dan menguntungkan dengan didahului mengenal tentang tanaman dan sayuran terong. Terong adalah jenis sayuran yang unik. Namanya kadang juga terkesan lucu. Terong dalam pertanian menjadi salah satu komoditi yang sering dipilih oleh para petani untuk dibudidayakan.

Tanaman terong ini awalnya berasal dari Sri Lanka dan India. Tanaman ini cocok ditanam di daerah tropis. Tanaman terong ini masih satu family dengan tanaman tomat dan kentang.

Menanam terong dilakukan oleh petani karena terong ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Terong ini banyak digunakan masyarakat sebagai lalapan atau disayur. Kandungan gizi pada terong dapat dibilang cukup tinggi. Gizi yang terkandung meliputi protein, kalsium, besi, fosfor, lemak, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C.

Terong sangat baik untuk dikonsumsi, karena memiliki kadar kalium yang tinggi sekitar 217 mg/100 gr. Kalium sendiri sangat penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot. Sedang untuk kandungan serat pada terong, sekitar 2,5 gr per 100 gram, karena itu, terong sangat baik untuk pencernaan. Baca artikel kami berikut ini tentang manfaat buah terong, klik di sini

Menanam Terong dengan baik dan benar

Anda seorang petani atau pelaku agribisnis? Pasti anda sudah berpikir bagaimana cara menanam terong yang baik dan benar sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Menanam terong dapat dilakukan dengan dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian 1-1.200 dpl dan suhu udara 22 – 30o C. Jenis tanah yang paling baik untuk tanaman terong adalah jenis lempung berpasir dengan pH antara 6,8 – 7,3, cukup subur, kaya akan berbagai bahan organik, dan memiliki saluran udara (aerasi) serta saluran air (drainase) yang baik. Menanam terong sangat cocok jika ditanam pada musim kemarau karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Untuk menanam terong ada beberapa cara menanam terong yang harus dilakukan yaitu persemaian, pembibitan, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, masa panen.

  1. Persemaian

Menanam terong diawali dengan memiih benih terong. Sebaiknya berasal dari benih hibrida. Benih tersebut disimpan dengan menggunakan kertas basah atau kain lembab selama kurang lebih satu hari satu malam. Sambil menunggu benih, media persemaian kita siapkan dengan cara mencampur tanah dan pupuk kandang. Perbandingan yang ideal tanah dan pupuk kandang adalah 2 : 1. Media tanam hasil campuran selanjutnya dimasukkan ke dalam polybag. Rata-rata polybag berukuran: tinggi ± 8 cm dan diameter 5 cm.

  1. Pembibitan

Tahap menanam terong selanjutnya adalah pembibitan. Pembibitan  dilakukan dengan merendam benih terong yang sudah terpilih ke dalam air hangat selama 10 -15 menit. Selanjutnya benih dibungkus dengan kain basah basah atau kertas basah untuk disimpan selama sehari semalam.

Setelah itu benir ditebar dipersemaian. Begitu benih mulai terlihat berkecambah, buka penutupnya, dan siram persemaian setiap pagi dan sore hari. Jika dibutuhkan, pada saat pembibitan tersebut dapat pula dilakukan penyemprotan pestisida. Benih siap untuk dipindah tanamkan jika sudah memiliki daun empat helai dengan umur sekitar 1 sampai dengan 1,5 bulan.

  1. Persiapan lahan

Setelah melakukan persemaian dan pembibitan langkah menanam terong selanjutnya adalah persiapan lahan. Persiapan lahan terdiri dari beberapa hal teknis diantaranya :

  1. Membalik tanah, membalik tanah agar terjadi pergantian tanah dari tanah bagian atas dengan tanah bagian bawah. Membalik tanah dapat dengan bajak atau cangkul. Selain biar tanah berganti membalik tanah dengan bajak dan cangkul ini dapat menggemburkan tanah.
  2. Selain lapisan tanah dibalik dan digemburkan, lahan yang akan ditanami dialiri dengan air. Aliran air dibiarkan tergenang secara merata selama 3-5 jam. Selanjutnya,agar pembuatan bedenga lebih mudah maka perlu dilakukan pembajakan lagi untuk yang kedua
  3. Setelah dilakukan pembajakan, selanjutnya tanah diberi pupuk. Komposisi pupuk terdiri dari pupuk organik dan pupuk kimia. Ada pupuk kandang,urea,SP maupun KCl.
  4. Sesudah dicampur antara tanah dengan pupuk,langkah selanjutnya dibuat bedengan-bedengan berbentuk satu baris (satu baris satu tanaman) dengan jarak tanam 75 cm
  5. Penanaman

Menanam terong hamper mirip dengan diawali dengan penanaman setelah media tanam siap. Buat lubang tanam pada bedengan yang sudah disiapkan. Dalam lubang tanam sedalam 10-15 cm. lubang tanam untuk menanam bibit tanaman terong yang sudah disiapkan sekitar 25 hari. Lakukan penanaman bibit terong pada sore hari setelang dilakukan penggenangan. Penggenangan ini dimaksudkan agar tanaman mudah adaptasi setelah pemindahan. Bibit tanaman terong setelah dimasukkan dalam luban ditekan dengan perlahan-lahan ke bawah sambil ditimbun dengan tanah yang ada disekitar tanaman.  Siram tanaman sehingga lembab dan basah.

  1. Pemasangan lanjar/ajir

Lanjar atau ajir adalah sebuah batang kayu atau bamboo dengan tinggi 80-100 cm dan lebar 2-4 cm yang ditancapkan disamping tanaman yang ditanam dekat batang. Batang tanaman diikat dengan lanjar tersebut agar ada kekuatan penopang untuk tanaman apabila sudah tumbuh daun dan buah terongnya ketika mulai berat. Pemasangan lanjar sebaiknya dipasang lebih awal agar tidak menganggu pertumbuhan akar tanaman terong.

  1. Pemeliharan

Pemeliharaan dalam menanam terong meliputi bebeapa hal yaitu penyiraman,penyulaman,penyiangan,pemupukan dan perawatan lainnya.

  1. Penyiraman : pada awal menanam terong apabila cuaca kemarau atau kering maka penyiraman dilakukan setiap hari. Penyiraman dapat dilakukan dengan menyiram satu persatu tanaman atau dengan penggenangan. Semua tergantung juga struktur tanah dan respon tanah kepada air.
  2. Penyulaman : penyulaman dalam menanam terong dilakukan untuk mengganti tanaman yang mati atau tidak sehat dan terserang hama atau penyakit. Untuk penyulaman dapat dilakukan sebelum tanaman terong berumur 15 hari.
  3. Penyiangan : Untuk membersihkan tanaman dari gulma dan rumput liar yang dapat jadi pesaing dari tanaman terong maka perlu dilakukan penyiangan. Penyiangan ini dengan mencabut gulma atau rumput liar tersebut. Penyiangan dilakukan minimal dua kali dalam masa tanam yaitu ketika tanaman berumur 15 hari dan 60-75 hari setelah tanam
  4. Pemupukan : Pemberian pupuk cukup penting untuk pertumbuhan dan hasil dari tanaman terong. Pemberian pupuk dalam menanam terong dilakukan pada saat tanaman berumur 21 hari setelah tanam. Komposisi pupuk ZA 2,5-3 gram,SP-36 2,5-3 gram, KCl 1-1,5 gram untuk masing-masing tanaman. Pupuk ditaruh dipinggir batang tanaman dengan jarak sekitar 10 cm. pemberian pupuk selanjutnya setelah tanaman berumur 50 hari setelah tanam. Komposisi pupuk adalah NPK Grand S-15 dosis 8-10 gram masing-masing tanaman. Sesudah panen yang kedua dilakukan pemupukan kembali dengan dosis NPK Grand S-15 dosis 10 gram masing-masing tanaman.
  5. Perawatan : Selain hal-hal di atas,selama masa tanam terong ada perawatan atau pemeliharaan lain seperti pemangkasan tunas-tunas liar yang tumbuh di ketiak daun pertama sampai bunga pertama untuk merangsang tumbuhnya tunas dan bunga-bunga baru.
  6. Masa panen

Terong dipanen pertama kali ketika tanaman berumur 30 hari setelah tanam atau 15-18 hari setelahmuncul bunga. Cirri-ciri terong yang siap dipanen adalah :

  1. Memiliki warna buah yang mengkilap
  2. Daging buah belum terlalu keras
  3. Ukuran buah terong sedang (tidak terlalu besar atau teralu kecil)

Terong bisa dipanen dua kali dalam seminggu. Dalam satu musin tanam jumlah panen dapat dilakukan 8 kali. Setiap tanaman biasanya dapat menghasilkan sekitar 21 buah terong. Setelah dipanen 8 kali biasanya masih ada juga terong yang dapat dipanen walaupun akan menurun baik kualitas mauon kuantitas terong

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam sawi putih

Cara Menanam Sawi Putih Ini Hasilnya Bikin Untung Besar

Cara menanam sawi putih – Sawi putih atau dikenal dengan nama lain petsai adalah tanaman …

Inilah Dia Cara Menanam Terong Hasil Buah Maksimal


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Dia Cara Menanam Terong Hasil Buah Maksimal