Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar

Cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang menjanjikan keuntungan besar apabila dapat dibudidayakan dengan baik. Tentunya tepat dengan kondisi pasar atau harga yang pas. Sehingga keuntungan dari cabe akan berlipat ganda. Tidak sedikit para petani cabe yang sukses dan menjadi OKB (Orang Kaya Baru) berasal dari budidaya cabe serta mendapat keuntungan banyak dari penjualannya.
Untuk mendapatkan cabe yang bagus hasil dan harganya kita harus tah terlebih dahulu cara menanam cabe yang baik dan benar. Di Indonesia, cabe sangat diminati untuk bumbu masakan. Kadang ada yang kurang lengkap apabia ada sajian makanan tanpa dilengkapi dengan cabe. Cabe dapat menggugah selera makan kita.
Cara menanam cabe yang baik dan benar secara sederhana perlu diketahui oleh para petani pemula atau petani yang akan memulai menanam cabe. Beberapa langkah menanam cabe yaitu pemilihan bibit cabe,membuat persemaian cabe,persiapan lahan,masa penanaman,pemupukan,perawatan dan pemetikan hasil panen cabe.

Cabe- merupakan- salah- satu -komoditas -pertanian- yang -menjanjikan- keuntungan- besar- apabila- dapat- dibudidayakan- dengan- baik-
gambar menanam cabe yang baik dan benar

Langkah-langkah cara menanam cabe yang baik dan benar :
1. Pemilihan bibit cabe
Pemilhan bibit cabe merupakan awal yang harus dilakukan dalam cara menanam cabe yang baik dan benar. Dalam pemilihan ini :
• Tentukan jenis cabe yang akan ditanam atau dibudidayakan. Missal : cabe rawit,cabe merah,cabe panjang
• Memilih bibit cabe yang kondisinya segar
• Cabe dikupas dan diambil bijinya. Setelah itu dijemur sampai kering dibawah terik matahari
2. Membuat persemaian cabe
Dalam membuat persemaian cabe ini lazimnya mempunyai 2 media yaitu media polybag dan media bedengan persemaian. Kedua media ini hampir mirip,akan tetapi kebanyakan petani menggunakan persemaian dengan media bedengan.

gambar bibit cabe dengan polybag
gambar bibit cabe dengan polybag

• Media polybag
Persemaian dengan polybag pertama dilakukan adalah memilih polybag berukuran diatas 30 cm supaya media tanam cukup kuat menopang pertumbuhan tanaman yang cukup rimbun. Media tanam dibuat sehalus mungkin dengan cara pengayakan. Setelah itu dicampur 3 sendok NPK dalam setiap polybag. Setelah diaduk dan campuran merata maka dimasukkan ke dalam polybag. Jangan lupa didalam polybag diberi sabut kelapa,pecahan styrofom atau pecahan genteng agar air tidak menggenang di daerah perakaran tanaman.

 

 

 

gambar menanam cabe dengan bedengan
gambar menanam cabe dengan bedengan

• Media bedengan
Cara menanam cabe yang baik dan benar benar-benar harus diperhatikan untuk mendapat keuntungan maksimal. Selain media tanam polybag ada media tanam bedengan. Tahap membuat bedengan untuk persemaian adalah :
a. Membuat bedengan persemaian
b. Memberi pupuk baik pupuk kandang atau pupuk kimia seperti TSP secukupnya. Hal ini akan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan bibit cabe
c. Taburkan bibit cab eke dalam bedengan persemaian
d. Tutup bagian atas permukaan tanah dengan gulma kering. Hal ini bertujuan untuk menghalani sinar matahari masuk secara langsung ke persemaian bibit cabe
e. Menjaga kelembaban bedengan yang optimal. Hal ini dapat dilakukan dengan penyiraman setiap hari di atas penutup gulma agar tidak langsung mengenai persemaian bibit cabe.
f. Tunggu sampai bibit tumbuh daunnya untuk selanjutnya dipindah ke lahan. Jumlah daun yang ideal adalah minimal 4 helai daun
3. Persiapan lahan
Cara menanam cabe yang baik dan benar berikutnya adalah persiapan lahan. Sambil menunggu bibit cabe tumbuh sesuai ukuran yang ideal dan siap dipindahkan maka perlu disiapkan lahan tanamnya. Hal yang dilakukan adalah
• Menggemburkan tanah serta buang gulma yang ada di lahan.
• Membuat bedengan dengan ukuran lebarnya 1-1,5 meter. Ketinggian bedengan sekitar 30 cm. Jarak antar bedengan sekitar 30-40 cm
• Membuat lubang tanam dengan jarak 40-60 cm
4. Penanaman cabe
Setelah bibit cabe dan lahan tanam siap langkah selanjutnya adalah menanam bibit cabe ditempat yang sudah disediakan. Cara menanam cabe yang baik dan benar adalah :
• Waktu penanaman cabe yang tepat adalah ketika curah hujan tidak terlalu
banyak
• Pilih bibit cabe yang ideal dan sehat dari persemaian. Minimal sudah memiliki 4 helai daun.
• Masukkan bibit cab eke lubang yang sudah disiapkan sebelumnya
• Tutup lubang dengan tanah dan sebelumnya sebaiknya disiram terlebih dahulu apabila tidak ada hujan
• Apabila ditanam pada musim kemarau,sebaiknya ditutup dengan jerami atau media lainnya yang cocok. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelembaban dn menekan kekeringan
5. Pemupukan dan perawatan cabe
Setelah dilakukan penanaman cabe dengan baik dan benar. Langkah selanjutnya adalah pemupukan dan perawatan tanaman cabe. Pemupukan dalam tanaman cabe dapat dilakukan dengan pupuk organic atau anorganik. Pupuk organic yang biasa digunakan adalah pupuk kandang. Pupuk kandang paling sering digunakan untuk menanam cabe seperti kotoran ayam,ada juga kotoran hewan lainnya sebagai kompos. Untuk pupuk anorganik dapat digunakan TSP serta urea secukupnya di setiap batang tanaman cabe di bedengan.
Selain pemupukan,perawatan tanaman cabe yang dapat dilakukan adalah :
• Penyiraman dilakukan setiap hari
• Membersihkan setiap gulma penggangu sampai bersih
• Penyemprotan pestisida sesuai anjuran secara rutin
• Memetik daun yang sudah menguning agar pertumbuhan cabe semakin produktif dan maksimal
6. Pemetikan hasil panen cabe
Dengan semua tahap dan cara menanam cabe yang baik dan benar,tiba saatnya untuk memetik hasil dari jerih payah mulai dari pembibitan sampai dengan perawatan. Tanaman cabe dikenal dengan tanaman yang harganya fluktuatif. Permintaan cabe akan meningkat pada waktu-waktu tertentu seperti hari-hari besar,hari raya dan lain sebagainya. Apabila waktu panen cabe dapat pas dengan momentum-momentum tersebut serta ketersediaan cabe di pasar terbatas maka dapat dipastikan harga cabe pasti mahal dan petani akan mendapatkan untung yang berlipat ganda.

gambar panen cabe
gambar panen cabe

Secara teknis pemanenan cabe dilakukan dengan pemetikan buah cabe yang kondisi buahnya sudah masak dan segar. Setelah dipetik masukkan cabe ke dalam tempat atau wadah yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi udara yang baik maka cabe tidak akan cepat busuk dan siap dijual atau di kirim ke pasar atau minimarket.
Selamat mencoba dan salam sukses.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tabulampot jambu air

Tabulampot Jambu Air Susah? Baca Dulu Tipsnya Di Sini

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tabulampot jambu air. Jika Anda seorang penghobi …

10 komentar

  1. Info ini sangat membantu saya, terimakasih

  2. informasinya sangat bagus..

    • admin-infoagribisnis

      Terima Kasih Atas Antensinya, Jika ada yang ingin ditanyakan tentang cara memanam cabe silahkan berikan komentar Anda kembali.

      • Obat paling bagus untuk hama cabe itu apa?

        • admin-infoagribisnis

          Untuk obat bagi tanaman cabe ada berbagai macam pak. Namun baiknya pengunaan obat harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman pak.
          Jadi kodisi yang terjadi pada tanaman cabe yang bapak budidayakan bagaimana? sehingga kami bisa memberikan rekomendasi yang tepat. Terima kasih

    • admin-infoagribisnis

      Terimakasih pak, Jika ada hal yang ingin ditanyakan mengenahi cara memenanam cabe
      Anda dapat berikan komentar kembali. Selamat bertani,…

  3. kalo cabe nya ada bintik – bintik hitam nya obatnya pake apa ya gan?

  4. terima kasih atas informasi yang bermanfaatnya dari artikel ini.

cara menanam cabe yang baik dan benar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara menanam cabe yang baik dan benar