Halaman Depan / Peternakan / Beternak Bebek Sebagai Usaha Bagi Pemula

Beternak Bebek Sebagai Usaha Bagi Pemula

gambar beternak bebek image

gambar beternak bebek

Beternak bebek adalah sebuah prospek bisnis yang bagus. Apalagi bagi seseorang yang tinggal di pedesaan atau perkampungan. Beternak atau budidaya bebek ini dapat diusahakan dalam beberapa skala usaha baik kecil, menengah dan besar.

Bagi para pemula tentunya skala usaha kecil menjadi pilihan awal. Lambat laut apabila dikelola secara baik tidak menutup kemungkinan beternak bebek dalam skala kecil akan berembang menjadi skala menengah atau bahkan skala besar. Dalam betrnak bebek dapat dibagi menjadi 2 kategori, apakah beternak bebek petelur atau pedaging.

Masing-masing jenis bebek mempunyai manajemen yang hamper mirip tetapi mempunyai resiko dan prospek yang berbeda dari segi bisnis dan analisa ekonominya. Sebagai peternak bebek pemula, perlu dipahami skala produksi yangsudah di atur oleh pemerintah. Skala budidaya ternak seperti bebek,ayam,kambing,sapi   dan lain sebagainya termasuk dalam sebuah perencanaan bisnis.

Perlu di ketahui bahwa beternak bebek dalam skala tertentu peru perijinan dari pihak pemerintah yang berwenang. Izin usaha pemerintah yang mengatur masala ternak bebek dan hewan-hewan lainnya yang wajib izin di atur dalam keputusan menteri pertanian yang dikeluarkan dengan nomor 404/kpts/OT.210/6/2002. 

  1. Ayam pedaging dengan jumlahs lebih dari 15.000 ekor/ siklus produksi
  2. Ayam petelur lebih dari 10.000 ekor ayam produktif
  3. Bebek, angsa lebih dari15.000 ekor
  4. Ayam kalkun lebih dari 10.000 ekor
  5. Burung puyuh lebih dari 25.000 ekor
  6. Burung dara lebih dari 25.000 ekor
  7. Kambing lebih dari 300 ekor
  8. Sapi potong lebih dari 100 ekor
  9. Sapi perah lebih dari 20 ekor

Apabila Anda beternak bebek di bawah kapasitas 15.000 ekor maka usaha Anda tidak wajib mempunyai izin usaha. Akan tetapi setiap daerah biasanya ada peraturan-peraturan daerah atau perda yang bisa berbeda-beda juga. Setelah menentukan skala usahanya, maka cara beternak bebek yang akan dilakukan, maka langkah-langkah selanjunya adalah :

  • Persiapan
  • Pembuatan kandang
  • Pemilihan bibit
  • Manajemen ternak
  • Pengelolaan kesehatan ternak
  • Panen

Terkait semua proses baik mulai perencanaan, persiapan, pengelolaan sampai dengan panen harus dikelola secara baik, serius dan professional. Apabila semua di manajemen dengan baik maka usaha beternak bebek anda pasti akan berhasil dan menghasilkan.

Sebagai tambahan pengetahuan. Perlu di ketahui bahwa untuk beternak bebek ada ukuran kandang ideal untuk memaksimalkan hasil. Kandang bebek yang ideal adalah 1 meter persegi maksimal di isi dengan 7 ekor bebe. Jika kurang dari 7 lebih baik.

Selain hal tersebut perlu diperhatikan kualitas bibit (DOD), jika anda akan beternak bebek petelur maka perbandingan bibit jantan dan betina yang baik adalah 2 : 1 (2 ekor betina dengan 1 ekor jantan). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi yang optimal. Untuk panduan teknis dan praktis tatacara beternak bebek akan kita bahas dalam pembahasan yang lain.

gambar bibit ternak bebek image
gambar bibit ternak bebek

Hal penting dari manajemen budidaya adalah kebiasaan peternak atau pengelola kandang. Hal lain yang perlu di ingat adalah  tidak ada peternakan yang tidak memiliki resiko kesehatan, setiap usaha ternak termasuk beternak bebek pasti akan bertemu dengan penyakit,maka dari itu vasinasi secara lengkap perlu dilakukan.

Kunci dari beternak bebek adalah kesehatan, bila ternak kita sehat maka hal itu akan mendekatkan kita dengan keuntungan.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jamu ayam tradisional

Membuat Jamu Ayam Tradisional Untuk Kesehatan Ternak

Bagaimana sih cara melakukan budidaya ayam yang aman, ramah bagi lingkungan dan juga menyehatkan bagi …

Beternak Bebek Sebagai Usaha Bagi Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beternak Bebek Sebagai Usaha Bagi Pemula